Mengenal serum wajah, manfaat, serta cara mengaplikasikannya

Mengenal serum wajah, manfaat, serta cara mengaplikasikannya

Brilio.net - Sejak beberapa tahun terakhir, skincare ala Korea jadi salah satu perawatan kecantikan yang digandrungi kaum hawa. Dalam tren perawatan kecantikan terdapat beberapa rangkaian skincare, mulai dari pembersih wajah, essence, toner, serum, pelembap, hingga eye serum.


Rangkaian skincare ini harus dilakukan secara rutin dan berurutan agar hasilnya maksimal. Salah satu skincare yang wajib digunakan adalah serum wajah. Serum mengandung banyak bahan aktif untuk menjaga kesehatan dan mengatasi permasalahan kulit wajah.


Bagi kamu yang belum paham mengenai serum, yuk simak penjelasan mengenai serum, manfaat dan cara menggunakannya. Seperti dilansir brilio.net dari Healthline.com, Today.com, dan Faceserum.com,Minggu (23/1).


Apa itu serum?


Untuk lebih mengenal tentang serum, perlu diketahui dulu mengenai penjelasan serum. Serum merupakan produk skincare yang diformulasi dengan kandungan bahan aktif yang memiliki konsentrasi tinggi.


Menurut Dokter Kulit dan Direktur Peneliti Kosmetik dari Department Dermatologi Rumah Sakit Mount Sinai, dr Joshua Zeichner serum dibuat dengan beberapa jenis yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah.


Saat ini banyak serum dengan manfaat yang berbeda. Mulai dari menghidrasi hingga mencerahkan kulit wajah," kata Joshua Zeichner seperti dilansir dari Today.com.


Serum biasanya memiliki warna yang bening dan tekstur yang cair. Tekstur cair ini justru yang dapat membuat serum lebih mudah meresap ke kulit dibanding jenis skincare yang lainnya. Serum juga dapat membantu mengunci kelembapan kulit wajah.


Hal itu pun disampaikan Ahli Kecantikan Karee Hays, molekul dalam serum dianggap dapat meresap ke tingkat terdalam lapisan kulit, sehingga mampu mengatasi masalah kulit di wajah.


Tapi perlu diingat, meskipun memiliki kadar melembapkan yang tinggi, serum tidak bisa menggantikan posisi pelembap. Penggunaan serum dan pelembap harus dibarengi agar tetap dapat meningkatkan efek hidrasi dari pelembap yang kamu gunakan, kata Karee Hays.


Kandungan dalam serum


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, serum mengandung banyak bahan aktif dan alami yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah. Hampir semua kandungan dalam serum itu sangat penting untuk menutrisi kulit agar tetap sehat. Berikut beberapa kandungan dalam serum seperti dilansir dari Faceserum.com.


1. Asam hyaluronic


Zat aktif ini secara khusus dapat memberi kelembapan lebih pada kulit kering. Pasalnya kulit kering sering membuat wajah menjadi lebih kusam dan tidak menarik.


Bila menggunakan serum dengan kandungan ini, kulit akan lebih kenyal dan sehat. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengatasi masalah kerutan dan garis halus di wajah.


2. Vitamin C


Kita tahu kalau vitamin C salah satu kandungan yang selalu ada dalam serum. Vitamin C memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas dan faktor lingkungan lainnya.


Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih kenyal dan dapat merangsang pertumbuhan sel kulit di wajah. Selain itu juga bisa mencerahkan dan melembapkan wajah.


3. Retinol


Retinol biasa digunakan dalam serum sebagai bahan anti penuaan pada serum. Kandungan ini dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit lebih kencang dan kenyal. Retinol juga memiliki sifat eksfoliasi sehingga dapat membantu pertumbuhan sel kulit yang baru.


Selain itu, retinol juga dapat mengencangkan pori-pori dan menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar UVA dan UVB.


4. Kandungan ekstrak dan minyak alami


Serum juga biasanya mengandung ekstrak dan minyak alami untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Minyak dan ekstrak tumbuhan ini mampu menutrisi kulit wajah. Kandungan tersebut dikemas dalam asam lemak, sama amino, antioksidan, vitamin essensial, dan fitonutrien yang dapat mengurangi kerutan dan garis halus di wajah, mencerahkan wajah, memudarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, melawan radikal bebas, hingga memperbaiki tekstur kulit wajah.


5. Asam Alfa Hidroksi (AHA)


Asam Alfa Hidroksi (AHA) adalah kandungan alami yang berasal dari buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan grapefruits. Zat azam ini merupakan eksfoliator kimia yang dapat membuat wajah lebih bersih dan cerah karena dapat menghilangkan sel kulit mati di wajah. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengecilkan pori-pori wajah


6. Vitamin E


Vitamin E merupakan antioksidan tinggi yang dapat menutrisi kulit dan meminimalisir paparan radikal bebas ke kulit wajah. Selain itu vitamin E juga dapat melembapkan kulit, mengatasi masalah tanda-tanda penuaan, mencerahkan kulit dan memperbaiki warna dan tekstur kulit wajah.


7. Peptida


Kandungan peptida dan serum dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit lebih lembap, kenyal, dan kencang. Tak hanya itu, peptida juga dapat mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.


Manfaat serum


Menurut Dokter Kulit Bersertifikat dan Profesor Icahn School of Medicine di departemen dermatologi Mount Sinai, dr Angela J. Lamb, secara umum serum mengandung antioksidan topikal seperti vitamin A, C, dan E yang dapat mencerahkan dan melembapkan wajah.


Ketika dilapisi dibawah pelembab, serum bertindak sebagai pengobatan yang ditargetkan untuk kerutan, pigmentasi dan kemerahan, kata Dr. Angela J. Lamb.


Karena bahan dalam serum bisa sangat kuat, pertimbangkan potensi sensitivitas kulit sebelum mencoba produk baru. Sebab menurut Dokter Kulit dan Ahli Bedah Kosmetik di New York City, dr Fran Cook-Bolden, bahan aktif dalam serum cenderung lebih terkonsentrasi dan kadang-kadang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada mereka yang memiliki kulit sensitif.


Jadi sebaiknya gunakan pelembap setelah menggunakan serum untuk kamu yang memiliki kulit kering atau sensitif agar kulit tetap terhidrasi.


Cara menggunakan serum


Cara menggunakan serum sangat mudah. Serum biasanya digunakan sebagai dasar skincare sebelum menggunakan pelembap, sunscreen, dan makeup.


Serum wajah digunakan saat pagi dan malam hari setelah wajah dalam keadaan bersih dan setelah menggunakan toner. Caranya cukup mudah, kamu bisa ambil beberapa tetes serum, kemudian aplikasikan ke wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar, setelah itu tepuk-tepuk perlahan agar serum meresap sempurna. Setelah itu kamu bisa melanjutkan dengan perawatan skincare selanjutnya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES