Brilio.net - Masker bahan alami kini menjadi salah satu yang paling banyak diburu. Tidak heran memang, selain mudah ditemui dan murah, bahan-bahan alami ini sangat aman digunakan. Terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Salah satu bahan alami yang sedang tren sekarang ini adalah kopi. Yap, tidak hanya untuk diminum, bubuk kopi bisa digunakan untuk merawat kulit, baik itu kulit kusam, komedo, jerawat dan sebagainya.

Kopi memiliki kandungan fenol yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas jika tak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan kulit.

Cara membuat masker kopi dan teh freepik.com

Loading...

foto: freepik.com

Faktanya, American Chemical Society telah menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan paling populer di Amerika Serikat. Bahkan lebih dari minuman kaya antioksidan lainnya, seperti teh dan anggur.

Tak hanya itu saja, penggunaan lulur kopi secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan bersih. Dilansir dari healthline dan Style Craze, menurut American Academy of Dermatology, eksfoliasi dapat membuat kulit tampak lebih cerah karena menghilangkan lapisan atas sel kulit mati. Hal ini juga dapat merangsang produksi kolagen, yang dapat membantu kulit agar tetap kencang dan bercahaya.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa memadukan kopi dengan bahan alami lainnya. Salah satunya adalah teh. Seperti yang diketahui, teh memiliki manfaat yang cukup baik pula untuk menjaga kesehatan kulit.

Cara membuat masker kopi dan teh freepik.com

foto: freepik.com

Ada berbagai macam jenis teh populer di dunia, misalnya teh hitam, teh putih, dan teh oolong. Salah satu yang menarik adalah teh hijau. Di Jepang, meminum teh hijau sudah menjadi budaya dan bagian dari upacara bernama Sadao. Biasanya mereka menyajikan teh hijau untuk para tamu yang berkunjung ke rumahnya.

Ternyata khasiat dari teh hijau sendiri sangat banyak untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan, melindungi jantung, hingga meningkatkan pencernaan dan fungsi otak. Kamu bisa memadukan kopi dengan teh hijau atau jenis teh lainnya.

Salah satu manfaat dari penggunaan teh untuk kecantikan adalah dapat mengatasi masalah jerawat. Yuk coba buat masker kopi dan teh di rumah. Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (23/1).

1. Siapkan air teh yang baru diseduh dan bubuk kopi secukupnya.
2. Campurkan bubuk kopi dengan air teh.
3. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.
3. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan

1. Membantu mengatasi jerawat.

Jerawat merupakan masalah umum di kalangan remaja dan orang dewasa. Jerawat terjadi karena pori-pori yang tersumbat, ketidakseimbangan hormon, produksi sebum yang berlebihan, infeksi bakteri, dan peradangan di sekitar folikel kelenjar sebaceous.

Mengaplikasikan masker teh hijau selama dua minggu efektif dalam mengurangi produksi sebum dan peradangan pada folikel. Mengonsumsi teh hijau tanpa kafein juga menunjukkan hasil yang menjanjikan dengan penurunan jumlah lesi jerawat.

2. Melindungi kulit dari sinar UV.

Paparan sinar UV matahari yang berbahaya secara berulang dan berkepanjangan menyebabkan photoaging. EGCG, polifenol teh hijau, dapat membantu melindungi kulit dari sinar UVB dan menghambat oksidasi protein yang diinduksi oleh UVB. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah penuaan kulit.

Mengaplikasikan masker atau pelembap yang mengandung teh hijau dapat membantu mencegah radikal oksigen bebas berbahaya yang dihasilkan dari paparan UV. Teh hijau juga dapat membantu mengurangi pigmentasi kulit, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal ini.

3. Mengurangi risiko kanker kulit.

Menurut American Academy of Dermatology, sekitar 9.500 orang di AS didiagnosis menderita kanker kulit setiap hari. Sinar UV yang berbahaya, bahan kimia, dan racun yang mempengaruhi DNA bertanggung jawab atas meningkatnya jumlah penderita kanker kulit.

Polifenol dalam teh hijau menawarkan efek pencegahan kanker dan dapat membantu menekan pertumbuhan tumor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa polifenol dalam teh hijau dapat digunakan sebagai agen farmakologis untuk mencegah gangguan kulit akibat sinar UVB matahari seperti melanoma dan kanker kulit nonmelanoma dan photoaging.

4. Mengurangi tanda penuaan.

Kulit kita mulai keriput seiring bertambahnya usia. Serat kolagen dan elastin di kulit membuatnya terlihat montok dan halus. Tapi seiring bertambahnya usia, serat tersebut akan rusak dan menyebabkan kulit terlipat serta terkulai. Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak air teh hijau mengurangi kerusakan kulit, mendorong proses anti-kerutan, dan menunda penuaan kolagen pada tikus.

5. Melindungi kulit di sekitar mata.

Kulit di sekitar mata memiliki tekstur tipis dan sangat halus. Hal tersebut bisa memburuk karena keriput, menua, dan menjadi berpigmen karena paparan sinar UV, stres, gaya hidup yang buruk, genetika, dan kurang tidur.

Sifat antioksidan, anti-inflamasi, pelindung UV, dan anti-kerut pada teh hijau dapat membantu melindungi kulit di sekitar mata dari pigmentasi, kerutan, dan kendur.

6. Mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

Teh hijau juga memiliki sifat anti-inflamasi. Ini karena kandungan polifenol yang tinggi pada teh. Sifat anti-inflamasi teh hijau dapat membantu mengurangi iritasi kulit, kemerahan pada kulit, dan pembengkakan.

7. Melembapkan kulit.

Teh hijau mengandung beberapa vitamin, di antaranya vitamin E yang dikenal dengan kemampuannya menutrisi dan melembapkan kulit. Dalam satu studi, peserta menerapkan formulasi eksperimental ekstrak teh hijau ke lengan bawah mereka selama 15 dan 30 hari. Di akhir penelitian, para peneliti menemukan bahwa para partisipan mengalami peningkatan kelembapan kulit dan pengurangan kekasaran kulit.

Dengan mengaplikasikan masker teh hijau pada wajah, maka sangat berguna dalam menutrisi kulit. Selain itu, masker teh hijau dengan kandungan vitamin E tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.

8. Mengurangi minyak pada wajah.

Masker dari teh hijau dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. Selain lebih aman digunakan karena berasal dari sumber alami, menggunakan masker teh hijau ini juga tidak memberi efek samping yang berbahaya bagi kulit wajah.

Efektifnya masker teh hijau bagi kecantikan wajah ini tidak lain karena kandungan tanin yang ada di dalam teh hijau. Tanin tersebut berfungsi sebagai zat yang dapat mengecilkan pori pada kulit wajah dan mengurangi sebum.

9. Mengatasi mata panda.

Kantung mata atau yang lebih sering dikenal mata panda sering membuat seseorang kurang percaya diri. Namun ternyata teh hijau bisa mengatasi masalah tersebut. Teh ini mengandung zat tanin dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menemukan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit wajah dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit wajah.

10. Mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.

Memaksimalkan manfaat kandungan vitamin C dari teh hijau untuk mencerahkan wajah. Caranya, memanfaatkan teh hijau sebagai toner kulit. Sebagai toner, maka teh hijau akan bekerja untuk menarik kotoran, sisa make up, dan bakteri yang tertinggal di kulit wajah. Tidak hanya itu, sebagai toner teh hijau juga mampu memperkecil pori-pori dan menghidrasi kulit wajah.



Related News