Brilio.net - Menggunakan bahan-bahan alami untuk mempercantik diri memang menjadi pilihan yang tepat. Selain mudah dijumpai dan murah, bahan-bahan alami tidak memberikan efek samping, sehingga sangat aman untuk jenis kulit apapun. Berbeda dengan produk kosmetik berbahan kimia, kulit bisa saja mengalami iritasi dan masalah wajah lainnya.

Salah satu bahan alami untuk mempercantik diri yang sangat populer sekarang ini adalah kopi. Tak heran memang, kopi memiliki banyak manfaat untuk menjaga kecantikan kulit seseorang.

Biji kopi yang berwarna cokelat ini dikenal sebagai obat melawan kantuk karena kandungan kafein yang tinggi. Namun beberapa tahun belakangan kopi dimanfaatkan untuk produk kecantikan atau kosmetik. Kopi dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan hadir dalam berbagai bentuk produk kecantikan seperti krim, masker hingga lotion.

Kopi juga menyimpan nutrisi lainnya seperti karbohidrat, glikosida, mineral, asam amino, protein, kafein, asam karboksilat, trigoneline dan asam klorogenat. Kandungan inilah yang bekerja dengan baik dalam menjaga kesehatan kulit.

Loading...

Cara membuat masker kopi campur susu freepik.com

foto: freepik.com

Nah ada yang menarik nih, kamu bisa mencampurkan kopi dengan susu. Seperti diketahui, senyawa laktosa yang terkandung pada susu dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, menghilangkan bekas jerawat, menyehatkan rambut, hingga mencerahkan kulit.

Cara membuat masker kopi campur susu freepik.com

foto: freepik.com

Nah buat kamu yang memiliki masalah dengan kulit kering, pori-pori membesar, maka sangat dianjurkan untuk memanfaatkan susu sebagai bahan alami untuk kesehatan kulit.

Berikut ini cara membuat masker wajah dari kopi dan susu, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/1).

Bahan:
- 2 sdm bubuk kopi halus
- 1 sdm susu cair murni

Cara membuat:
1. Campurkan kedua bahan menjadi satu
2. Cuci wajah hingga bersih sebelum mengaplikasikannya
3. Keringkan menggunakan handuk bersih, lalu aplikasikan secara merata ke waja
4. Diamkan selama 10-15 menit
5. Bilas hingga bersih menggunakan air dingin.

Cara membuat masker kopi untuk wajah di rumah

1. Cara membuat masker kopi untuk atasi jerawat.

Jerawat merupakan masalah wajah yang paling umum dialami banyak orang. Ada banyak penyebabnya, mulai dari pola makan yang tak sehat, tidak menjaga kebersihan kulit, polusi, dan masih banyak lainnya lagi. Jika kamu mengalaminya, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mengatasinya.

Cara membuat:
- Campur 2 sendok makan bubuk kopi, 3 sendok makan yogurt (atau susu murni), 1 sendok makan madu
- Oleskan campuran di wajah
- Diamkan selama 10 menit atau hingga kering
- Bilas dengan air bersih dan keringkan

2. Cara membuat masker kopi untuk mata panda.

Lingkaran hitam di bawah mata memang dapat merusak penampilan. Penyebab dari mata panda sendiri beragam, mulai dari pola tidur yang tak sehat, dehidrasi, alergi, dan juga genetika.

Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata. Sifat anti-inflamasi pada kopi membuatnya bermanfaat dalam mengurangi bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam.

Cara membuat:
- Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 2 sendok makan minyak kelapa
- Oleskan campuran kopi dan minyak kelapa di bawah mata
- Diamkan selama 15 menit
- Pijat bagian bawah mata dengan jari manis dengan lembut selama sekitar 3 hingga 4 menit dan kemudian bersihkan minyaknya
- Bilas dengan air dan keringkan dengan handuk bersih

3. Cara membuat masker kopi untuk mencerahkan kulit.

Buat kamu yang memiliki wajah kusam, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk mencerahkannya sekaligus menghaluskan kulit. Kebaikan kafein yang dikombinasikan dengan asam laktat pada susu murni dapat mencerahkan wajah secara alami.

Cara membuat:
- Campur 1 sendok makan bubuk kopi dan 1 1/2 sendok makan susu murni dalam mangkuk
- Oleskan masker wajah pada wajah dan leher yang telah dibersihkan
- Diamkan selama 10-15 menit
- Bilas dengan air bersih dingin dan keringkan.

4. Cara membuat masker kopi untuk kulit kering.

Kerap beraktivitas di luar rumah, dan sering terpapar sinar matahari akan membuat kulit menjadi kering. Bahkan bisa menyebabkan kemerahan dan iritasi. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan masker kopi secara rutin.

Cara membuat:
- Campurkan 1 sendok makan bubuk kopi dengan 1 sendok makan gel lidah buaya
- Oleskan merata pada pada wajah
- Diamkan selama 10 menit
- Bilas dengan air bersih dan keringkan

5. Cara membuat masker kopi untuk mencegah penuaan dini.

Asam caffeic dan antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini sel. Kopi juga dapat membantu melindungi kulit dari beberapa tanda penuaan yang terkait dengan paparan sinar matahari.

Cara membuat:
- Campur bubuk kopi, bubuk cokelat, yogurt dan madu sampai mengental dengan rata
- Aplikasikan ke wajah sebagai masker secara merata
- Diamkan hingga kering
- Bilas dengan air bersih dan keringkan
- Terapkan 1-2 kali dalam seminggu


Related News