Brilio.net - Lidah buaya tidak hanya memberikan dampak cantik pada rambut. Lidah buaya juga bisa membuat wajah berseri cantik karena terdapat ekstrak tumbuhan sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Nggak heran jika gel lidah buaya banyak terjual bebas dan digunakan untuk mengobati jerawat.


Dikutip dari medicalnewstoday, lidah buaya bisa bekerja berdampingan dengan obat jerawat tradisional. Kombinasi krim obat jerawat (tretinoin) dan krim lidah buaya secara efektif mengurangi lesi jerawat pada orang dengan jerawat ringan hingga sedang.


Kamu pun tak perlu cemas untuk mengoleskan lidah buaya ke lesi jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya. Ini bisa digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan produk alami lainnya, dengan jeruk nipis misalnya.


Bagaimana cara membuat masker dari lidah buaya dan jeruk nipis? Simak ulasan lengkapnya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Selasa (1/12).

Loading...

Cara membuat masker dari lidah buaya dan jeruk nipis. 

Mencampur lidah buaya dengan jus jeruk nipis juga membantu merawat wajah. Lakukan cara ini dengan perbandingan 8: 1 (8 bagian lidah buaya dengan 1 bagian air jeruk nipis).

Bahan yang dibutuhkan:

- sendok

- 1 sendok makan jus jeruk nipis (perasan jeruk nipis)

- 8 sendok makan lidah buaya

Cara membuat masker:

- Campur gel lidah buaya dengan perasan jeruk nipis.

- Bersihkan wajah terlebih dulu.

- Keringkan wajah dengan handuk lembut.

- Oleskan adonan masker lidah buaya dan jeruk nipis secara menyeluruh pada wajah.

- Diamkan setidaknya 10 menit supaya masker bisa meresap.

- Bilas wajah pakai air dingin sampai bersih.

- Keringkan lagi dengan handuk lembut.

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan. 

Dilansir dari stylecraze, bagian bermanfaat dari lidah buaya adalah daunnya. Daun yang panjang dan berisi gel putih yang mengandung banyak mineral, vitamin, dan senyawa aktif. Banyak produk kosmetik yang terbuat dari gel lidah buaya.

Dikutip dari boldsky, lidah buaya akan membuat wajah lebih cerah, menyamarkan flek hingga, mengecilkan pori-pori, mengurangi kerutan wajah, mengontrol minyak berlebih pada wajah, serta membuat bibir tambah sehat.

Sedangkan jeruk nipis juga berperan penting pada kecantikan. Menurut stylecraze, jeruk nipis jadi salah satu bagian 'buah' jeruk yang paling favorit. Baik dimakan sebagai buah, digunakan dalam berbagai hidangan, maupun dikonsumsi sebagai jus, semua orang menikmati buah ini.

Terdapat beberapa jenis buah jeruk nipis yang bisa dipilih, mulai dari warna hijau sedang hingga kuning. Dilansir dari healthline, buah ini kaya kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, dan magnesium.

Namun demikian banyak yang takut jika jeruk nipis bisa menyebabkan wajah terbakar atau perih saat dijadikan masker. Sebab itu, jeruk nipis memerlukan campuran bahan lain ketika dipakai buat masker wajah alami.

1. Menghilangkan noda hitam.

Jeruk nipis dianggap sebagai zat pemutih alami karena sifat pencerah kulitnya. Menurut stylecraze, jeruk nipis dapat digunakan untuk mencerahkan bintik hitam. Ditambah dengan sifat anti-inflamasi dari gel lidah buaya, membuat wajah tampak berseri. Dua bahan ini juga bisa mempercepat menyembuhkan wajah dari luka bakar akibat matahari.

2. Toner wajah.

Manfaat lidah buaya dan jeruk nipis lainnya adalah bisa dimanfaatkan untuk toner wajah. Cara membuatnya, campurkan gel lidah buaya dan perasan jeruk nipis. Masukkan pada botol, lalu tutup dengan rapat. Simpan di tempat dingin seperti lemari es. Semprotkan pada wajah saat dibutuhkan. Atau kamu juga mengoleskan perpaduan dua bahan ini pada kulit jadi masker.

3. Obat jerawat.

Jerawat jadi masalah yang umum terjadi pada banyak orang. Bakteri yang masuk pada sel kulit mati bisa menyumbat pori-pori. Hal itu membuat wajah mengalami peradangan, kemerahan meningkat, dan rasa nyeri.

Nah manfaat lidah buaya dan jeruk nipis yang tidak boleh dilupakan lainnya adalah untuk menghilangkan jerawat. Jeruk nipis punya sifat antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri, sedangkan sarinya yang asam bisa mengontrol minyak berlebih.

4. Memperlambat proses penuaan dini.

Dilansir dari Medical News Today, lidah buaya mengandung 98 persen air yang bisa melembapkan dan menenangkan kulit wajah. Sebab itu gel lidah buaya kerap dipakai untuk membuat wajah lembap dan terlepas dari penuaan dini.

Seiring bertambahnya usia dan paparan sinar UV, melanin yang memberi warna kulit bisa menumpuk, mengakibatkan bintik hitam dan tanda penuaan lain muncul. Dikutip dari stylecraze, jeruk nipis mampu menghambat produksi melanin.

5. Melembapkan wajah.

Kulit semakin kenyal dan elastis dengan masker lidah buaya. Serta menurut medicalnewstoday, masker lidah buaya bisa mengurangi tekstur kasar pada wajah. Begitu pula dengan jeruk nipis yang mengandung astringents efektif dalam menyebabkan pengencangan otot sementara.

6. Mencerahkan wajah.

Dikutip dari tasteofhome, asam sitrat pada jeruk nipis bisa merawat kulit untuk mengupas dan menumbuhkan kulit baru. Begitu pula dengan lidah buaya. Merujuk dari situs Medical News Today, masker lidah buaya dan jeruk nipis bisa membersihkan wajah lebih optimal yang bisa dipakai kapan saja.