Brilio.net - Kulit halus tanpa noda adalah keinginan setiap orang. Mendapat berkah kecantikan kulit alami, tanpa membutuhkan riasan atau hiasan untuk meningkatkan kecantikan dapat menambah poin penting untuk tampil alami tanpa rasa malu.


Sayangnya tidak semua orang memiliki kulit mulus. Namun alam yang baik bisa memberikan solusi mudah untuk perawatan kecantikan. Kamu bisa membuat masker sendiri di rumah dari bahan alami untuk mendapatkan hasil kulit berkilau cerah.


Salah satu bahan yang mudah didapat dan bisa menghasilkan keajaiban untuk kulit adalah bubuk kopi. Kafein yang terdapat pada kopi adalah eksfoliator yang sangat baik dan membantu menstimulasi aliran darah, mengurangi jerawat dan bahkan selulit dan stretch mark.


Untuk hasil yang lebih efektif, campur dengan minyak zaitun. Minyak yang terbuat dari bunga zaitun ini kaya nutrisi dan punya antioksidan tinggi. Baik dipakai untuk perawatan wajah, mengandung senyawa baik bagi kulit, yaitu vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi.

Loading...


Tunggu apalagi, buat masker alami sendiri dari campuran kopi dan minyak zaitun. Berikut brilio.net himpun dari berbagai sumber cara mudah membuat masker sendiri pada Senin (7/12).


1. Masker kopi, minyak zaitun, dan susu.

Pastikan sediakan bubuk kopi alami. Jangan gunakan bubuk kopi sintetis karena biasanya sudah mengandung bahan pengawet. Masker ini bisa dipakai setiap hari karena akan mengurangi kebutuhan akan pembersih wajah yang dapat menyebabkan iritasi dan bercak kering. Berikut cara membuat masker dari kopi menurut theglowpink.


Bahan yang dibutuhkan:
- 3 sendok makan biji kopi bubuk
- 2 sendok makan susu mentah
- 2 sendok makan minyak zaitun virgin


Cara membuat:
- Ambil mangkuk dan tambahkan bubuk biji kopi.
- Tambahkan susu mentah segar dan aduk.
- Tambahkan 2 sendok makan minyak zaitun dan aduk rata sampai membentuk pasta halus.
- Aplikasikan masker dengan jari pada wajah atau area yang terkena.
- Gunakan gerakan memutar dengan tekanan ringan agar bahan masker meresap ke dalam kulit.
- Biarkan masker mengering selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.
- Saat membilas, gerakkan jari dengan cara menggosok untuk mengelupaskan pori-pori.
- Agar hasil lebih maksimal, kompres wajah dengan es batu. Beri pijatan ringan.
- Atau kamu bisa memakai sedikit percikan air dingin untuk menyempitkan pori-pori yang terbuka dan dibersihkan.


2. Masker dari kopi dan minyak zaitun.

Ada banyak cara berbeda untuk membuat masker wajah kopi di rumah. Cara terbaik adalah mencampurkan bubuk kopi dengan bahan nonkomedogenik (bahan yang tidak akan menyumbat pori-pori). Berikut satu resep dari healthline yang bisa kamu coba.


Bahan yang dibutuhkan:
- satu sendok bubuk kopi
- satu sendok minyak zaitun


Cara membuat masker:
- Campurkan minyak zaitun dan bubuk kopi dengan perbandingan yang sama. (kamu bisa memakai lebih dari satu sendok makan)
- Oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.
- Biarkan masker selama 15 hingga 60 menit.
- Bilas wajah dengan air hangat.
- Kamu bisa memakai masker ini setidaknya tiga kali seminggu.


3. Masker kopi, minyak zaitun, dan madu.

Dihimpun dari bebeautiful.in, masker dari bahan ini bisa membuat rambut berkilau terhidrasi. Minyak zaitun dan madu sama-sama memiliki sifat melembabkan. Di sisi lain, kopi yang dikombinasikan dengan keduanya, bisa membawa dampak positif terutama buat kamu yang punya rambut kering.


Bahan yang dibutuhkan:
- satu sendok makan bubuk kopi.
- satu sendok makan madu.
- satu sendok makan minyak zaitun.


Cara membuat masker:
- Ambil dan campur bubuk kopi, minyak zaitun, dan madu.
- Campur bahan dengan baik hingga jadi bentuk pasta halus.
- Oleskan pada rambut dari akar hingga ke ujung.
- Biarkan selama setidaknya setengah jam.
- Bilas dan cuci dengan sampo ringan.


Manfaat masker kopi dan minyak zaitun.


1. Anti penuaan dini.

Dikutip dari timesofindia, dua bahan ini bisa melawan penuaan dini secara efektif. Kandungan antioksidan kopi bisa membuat wajah lebih rileks. Manfaat lain adalah untuk menangkal radikal bebas yang biasa memicu tanda-tanda penuaan muncul. Begitu pula dengan minyak zaitun yang dipercaya bisa membuat kulit makin kencang.


2. Membantu menghilangkan mata panda.

Selain membantu kerusakan wajah, kopi dan minyak zaitun bisa menghilangkan mata panda. Dikutip dari bebeautiful.in, dua bahan ini cukup efektif untuk melebarkan pembuluh darah membandel di lingkaran di bawah mata.


3. Mencegah jerawat.

Dilansir dari healthline, kopi bisa mengurangi peradangan wajah. Kandungan senyawa chlorogenic acid (CGA) serta melanoidin pada kopi dapat mengurangi hiperpigmentasi atau kulit yang gelap akibat peradangan jerawat.


Sedangkan minyak zaitun berperan penting untuk membuat wajah lebih kenyal. Kelembaban wajah akan terjaga secara alami dengan mengaplikasikannya secara teratur.

Related News