Brilio.net - Memiliki wajah yang bersih dan sehat memang sangat diidamkan oleh banyak orang. Jika kamu menginginkan hal tersebut, cara yang perlu kamu lakukan adalah dengan eksfoliasi.

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati dari wajah. Sel kulit mati bisa membuat wajah menjadi kasar dan kurang sehat. Tak hanya itu, terkadang kulit juga terlihat lelah, dan bahkan dapat membuat kulit berhenti memproduksi minyak dengan benar.

Jangan menganggap hal ini sepele, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Selain murah dan mudah didapatkan, proses untuk membuatnya pun sangat murah. Yakni cukup menggunakan kopi dan gula pasir.

Kopi dan gula jika dipadukan tidak hanya bisa menjadi minuman yang lezat, namun juga bisa menjadi bahan alami untuk mengangkat sel kulit mati. Kopi sendiri mengandung antioksidan alami bernama quinines, yang akan menjadi semakin aktif setelah dipanggang.

Loading...

Cara membuat masker dari kopi dan gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Kandungan antioksidan kuat seperti polifenol, asam klorogenik, asam quinic dan asam ferulic yang terkandung dalam ekstrak kopi, terutama kopi arabika, disebut dapat memperbaiki garis-garis halus di wajah, keriput, hingga pigmentasi kulit.

Cara membuat masker dari kopi dan gula pasir freepik.com

foto: freepik.com

Sementara gula bisa menjadi bahan pendukung untuk membuat scrub, agar dapat mengangkat sel kulit mati dengan mudah. Kamu bisa mencampurkan tiga bahan, yakni kopi gula dan minyak zaitun.

Kopi dapat mengencangkan kulit dan merupakan exfoliant yang sangat baik. Sementara minyak zaitun membantu menjaga kulit tetap ternutrisi dan lembap. Campuran bahan ini mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan kulit dan membuatnya tetap bersinar.

Berikut cara membuat masker kopi dan gula, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (21/12).

Bahan:
- 2 sdm bubuk kopi
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdt minyak zaitun

Cara membuat:
1. Campurkan ketiga bahan dalam satu mangkuk.
2. Aduk rata hingga membentuk pasta.
3. Oleskan pada tubuh, gosok memutar dan diamkan beberapa menit.
4. Setelah kering, bilas dengan air saat mandi.


Cara II untuk dijadikan masker:
1. Campur dua sendok bubuk kopi hitam dengan minyak zaitun dan gula secukupnya sampai mengental seperti pasta.
2. Oleskan merata pada wajah.
3. Diamkan selama 15 menit.
4. Pijat wajah dengan gerakan memutar untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.
5. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Cara membuat body scrub dengan bahan alami

1. Kopi, gula dan minyak zaitun.

Kopi kaya akan antioksidan yang membantu melawan selulit sedangkan gula dalam campuran ini berfungsi sebagai exfoliator yang membantu menghilangkan kulit mati. Minyak zaitun dalam scrub ini meresap jauh ke dalam kulit untuk memberi kelembapan dan menjaga kulit agar tetap sehat.

Caranya mudah, kamu cukup mencampurkan 1/4 cangkir kopi hitam, 1/4 cangkir gula pasir dan 2 sdm minyak zaitun. Aduk rata semua bahan sampai membentuk pasta, kemudian oles dan pijatkan pada kulit tubuh selama 5-10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk menghasilkan kulit yang glowing.

2. Garam laut dan minyak zaitun.

Garam laut kaya akan kandungan mineral dan bahan eksfoliasi yang membantu menjaga kulitmu terlihat muda dan sehat. Garam laut juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi masalah seperti jaringan parut.

Cara membuat body scrub dengan garam laut yaitu dengan mencampurkan 1/2 cangkir minyak zaitun ke dalam 1 cangkir garam laut. Untuk memberikan aroma wangi, kamu dapat meneteskan 5 hingga 15 tetes minyak esensial agar membuatmu semakin rileks saat melakukan scrub tubuh.

3. Minyak kelapa dan gula pasir.

Lulur ini tidak hanya merupakan bahan eksfoliasi yang sangat baik, tetapi juga membantu membersihkan wajah, menghilangkan sisa makeup, dan melembapkan kulit. Caranya sangat mudah, cukup dengan menambahkan 1/4 hingga 1/2 cangkir gula pasir ke dalam 1/2 cangkir minyak kelapa. Kemudian oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula pasir mencair.

4. Daun mint, minyak zaitun, dan brown sugar.

Lulur dengan campuran daun mint dapat mengembalikan energi yang hilang setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Jika kamu tidak dapat menemukan daun mint, kamu dapat menggantinya dengan minyak esensial peppermint ke dalam scrub alami.

Cukup dengan mencampurkan 1/4 cangkir minyak zaitun, 1 cangkir brown sugar, dan 15 tetes minyak esensial peppermint sampai membentuk pasta kemudian balurkan ke seluruh tubuh sambil dipijat perlahan. Pijat dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.

5. Yoghurt, madu, minyak zaitun dan gula pasir.

Jika kamu memiliki jenis kulit yang kering, kamu dapat menggunakan bahan scrub yoghurt untuk membersihkan kulitmu tanpa membuatnya merasa lebih kering. Justru dengan campuran bahan yoghurt, madu, minyak zaitun dan gula ini dapat memberikan kelembapan alami untuk kulitmu.

Campurkan 1 sdm yoghurt original dengan 1/4 cangkir minyak zaitun, kemudian tambahkan 1 sdt madu dan 3 sdm gula pasir. Aduk rata hingga membentuk adonan pasta, kemudian segera oles dan pijatkan pada kulit sebelum gula yang menjadi scrub mencair.

6. Kunyit, minyak kelapa dan gula pasir.

Kunyit adalah salah satu bahan kecantikan alami paling populer yang digunakan di India. Ia memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang tinggi untuk membantu menjaga kulit tetap pada kondisi terbaiknya.

Caranya cukup campurkan 1 cangkir gula pasir dengan 1 1/2 minyak kelapa dan 2 sdt kunyit bubuk. Oles dan pijat pada kulit, jangan biarkan terlalu lama karena dikhawatirkan dapat membuat warna kulit menjadi kuning. Segera bilas dengan air dan keringkan kulit wajah.

7. Lemon, madu, dan gula.

Lemon sangat kaya vitamin C dan membantu memberi dorongan nutrisi pada kulit sekaligus juga membantu pengelupasan sel kulit mati. Lemon juga dapat membantu memulihkan tingkat pH kulit yang sedikit asam sekaligus memastikan bahwa kulitmu tetap halus, lembut, dan kenyal.

Campurkan perasan air lemon ke dalam 2 sdm gula pasir, lalu tambahkan 1 sdm madu. Gunakan jari untuk mengaduknya kemudian pijatkan pada kulit tubuh selama 5-10 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Teh hijau dan gula merah.

Teh hijau kaya akan bahan yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Selain itu, menurut study Trusted Source 2013, kosmetik yang mengandung teh hijau dapat mengurangi kerusakan kulit akibat kerusakan akibat sinar matahari.

Teh hijau dapat dengan mudah ditambahkan ke lulur buatan sendiri bersama dengan bahan alami lainnya. Caranya, campurkan 2 kantung teh celup ke dalam 1/2 gelas air panas, kemudian tambahkan 1 cangkir gula merah dan 1/4 cangkir minyak kelapa. Setelah tercampur rata, oleskan pada kulit dan pijat dengan lembut.

Related News