Brilio.net - Bunga mawar merupakan jenis bunga yang menjadi favorit banyak orang terutama kaum hawa. Bahkan keindahan mawar telah menjadi simbol cinta yang universal. Tidak hanya wujudnya saja, aroma bunga mawar juga seringkali digunakan sebagai alat untuk relaksasi yang menghipnotis karena ada nuansa sensual dan menenangkan di saat yang bersamaan.

Tak hanya cantik dan wangi, bunga mawar telah menjadi unsur penting dalam kecantikan sejak peradaban kuno. Orang Mesir kuno merebus mawar untuk membuat balsem yang berkhasiat untuk membersihkan dan melindungi kulit dari angin gurun yang kering dan keras, penyembuhan kulit, dan juga untuk menjaga kecantikan kulit.

Dalam penelitian modern, diketahui ternyata kelopak mawar bermanfaat untuk semua jenis kulit, terutama untuk kulit dewasa. Kandungan minyak alami dalam bunga mawar terbukti dapat meningkatkan hidrasi kulit, anti-inflamasi atau anti-radang sehingga memiliki efek menyembuhkan, dan antioksidan yang penting sebagai anti-penuaan (anti-aging).

Melihat banyaknya manfaat bunga mawar untuk kecantikan, membuat beberapa perusahaan skincare menggunakan bunga mawar sebagai bahan utama dalam kandungan skincare.

Loading...

Salah satunya adalah Herborist telah memanfaatkan kebaikan bunga mawar untuk memformulasikan perawatan dasar wajah Rose Series yang terdiri dari susu pembersih Rose Cleansing Milk dan penyegar wajah Rose Water. Kini, rangkaian perawatan dasar wajah Rose Series semakin lengkap dengan kehadiran produk Rose Facial Wash Gel dan Rose Sleeping Mask.

Dokter sekaligus skincare enthusiast, dr Danar Wicaksono mengatakan kandungan minyak dan zat aktif lainnya dalam bunga mawar dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. "Saat ini juga memang lagi tren skincare yang menggunakan bahan aktif dari alam, salah satunya yang terbukti punya banyak manfaat adalah bunga mawar,” ucap Danar.

Nah penasaran dengan manfaat bunga mawar untuk kecantikan? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari konferensi pers virtual Peluncuran Rangkaian Perawatan Wajah Rose Series, Kamis (28/10).

1. Mengatasi Peradangan pada Kulit

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Selain mengandung zat antioksidan dan antibakteri, bunga mawar juga memiliki sifat anti-inflamasi. Karena itulah bunga mawar aman untuk digunakan semua jenis kulit termasuk kulit yang sensitif dan mudah terkena jerawat. Bahkan bunga ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah inflamasi di kulit akibat faktor lain seperti eksim.

2. Menghambat Penuaan Dini

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Beberapa penelitian mengungkap bahwa salah satu khasiat bunga mawar adalah menghambat penuaan dini. Dengan diambil airnya saja, bunga mawar dapat mengurangi garis halus atau kerutan di wajah.

Air mawar mengandung zat pelembap sekaligus antioksidan. Kandungan antioksidan sendiri diketahui mampu menangkal radikal bebas serta mengatasi masalah kerusakan kulit yang membuat kulit tampak lebih tua dan berkeriput.

3. Mencerahkan Warna Bibir

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Terlalu sering menggunakan lipstik yang mengandung banyak bahan kimia rupanya berdampak buruk pada bibir. Salah satunya bisa membuat bibir menghitam.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa membuat pasta dari kelopak bunga mawar segar yang dicampur dengan beberapa tetes madu dan satu sendok susu krim. Setelah pasta jadi, oleskan di bibirmu dan diamkan selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Selain membuat mencerahkan pasta bunga mawar juga bisa membuat bibir kamu lebih lembap.

4. Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Kandungan antioksidan pada bunga mawar juga dapat mengatasi kulit kering. Untuk menghindari masalah kulit ini, kamu bisa mengaplikasikan air mawar sebagai pembersih atau toner wajah secara rutin. Kamu juga bisa menjadikan air mawar sebagai face mist

5. Obat Jerawat Alami

Manfaat bunga mawar untuk kecantikan © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Jerawat jadi masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan air mawar. Kandungan antibakteri pada bunga mawar bisa menyembuhkan jerawat dengan cepat. Selain itu, terdapat etanol fenil atau senyawa antiseptik yang mampu mencegah jerawat untuk tumbuh di kulit.

Related News