Brilio.net - Banyak orang kurang memperhatikan kesehatan kuku, hal ini sering dianggap sepele. Padahal, kondisi kuku bisa menjadi penanda beberapa penyakit yang sedang dialami. Makanya, menjaga kuku tetap sehat, sebenarnya sangatlah penting.

Seperti yang diketahui kuku adalah salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan agar tampak sehat dan berkilau. Tak heran kini telah banyak salon kecantikan yang menyediakan serangkaian perawatan kuku. Namun, kebanyakan orang bahkan melakukan perawatan di salon dan klinik kecantikan karena kukunya tampak kuning dan kusam.

Selain tak enak dipandang, kuku yang menguning ternyata bisa menjadi pertanda dari masalah kesehatan tertentu. Salah satu penyebab kuku berubah warna menjadi kuning yaitu penggunaan cat kuku. Karena dapat menyebabkan kuku menjadi kering, rapuh, mudah patah, atau menguning. Hal itu karena cat kuku dapat menutupi pori-pori kuku sehingga kuku tidak bisa bernapas dan berakhir kekurangan oksigen.

Selain itu, kuku berubah warna menjadi kuning disebabkan infeksi jamur. Jamur pada kuku bisa muncul kapan saja karena penggunaan cat kuku atau kuku palsu yang secara rutin. Cara menghilangkan jamur pada kuku cukup mudah, kamu hanya membutuhkan produk yang mengandung obat khusus. Jamur kuku juga bisa kamu atasi dengan menggunakan vitamin kuku.

Loading...

Vitamin untuk kuku sebenarnya bisa didapat dari asupan makanan harian yang dikonsumsi. Tapi terkadang asupan makanan tidak mencukup kebutuhan vitamin untuk kuku, sehingga membutuhkan produk vitamin yang diformulasikan khusus untuk kuku.

Dilansir dari jurnal Vitamins and Minerals: Their Role in Nail Health and Disease, kuku membutuhkan beberapa vitamin seperti vitamin A, C, E, B12, B9, zat besi, protein, hingga asam lemak omega.

Vitamin kuku tak hanya bisa membuat kuku menjadi sehat, tapi juga bisa mengatasi berbagai penyakit kuku, mulai dari infeksi karena bakteri dan jamur, kuku yang kusam, garis hitam pada kuku, dan masalah lainnya. Seperti sembilan rekomendasi vitamin kuku berikut ini yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (15/5).

(brl/ola)

Related News