Brilio.net - Komedo merupakan beruntusan kecil berwarna putih atau hitam. Munculnya komedo disebabkan karena minyak yang diproduksi di wajah tersumbat lubang (folikel) yang menutupi akar rambut. Biasanya komedo muncul di beberapa area wajah, seperti dahi, pipi, hidung, dan dagu.

Beberapa komedo memang tidak terlihat jelas. Namun saat menyentuh wajah akan merasa tidak nyaman karena permukaan wajah yang tidak merata. Komedo yang berwarna hitam biasanya karena sudah teroksidasi dan akan terlihat jelas di area hidung atau pipi.

Beberapa faktor eksternal juga bisa menyebabkan munculnya komedo, seperti cara menggunakan skincare yang salah, pembersihan wajah yang tidak tuntas, konsumsi susu yang terlalu tinggi, mengonsumsi lemak dan gula yang terlalu banyak, hingga paparan polusi debu.

Untuk mengatasi masalah komedo, kamu bisa melakukan berbagai cara, selain rutin melakukan facial di klinik kecantikan, kamu juga bisa menggunakan skincare yang dapat menghilangkan komedo.

Loading...

Ada beberapa kandungan skincare yang membantu membersihkan komedo, seperti asam salisilat, benzoyl peroxide, differin (adapalene), retinoid topikal, dan asam azaleat. Perawatan komedo ini juga harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minimal 12 minggu kamu sudah bisa melihat hasilnya.

Kali ini brilio.net akan merangkum skincare untuk menghilangkan komedo dengan harga di bawah Rp 100 ribu. Berikut ulasan selengkapnya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (17/1).

1. Vienna Charcoal Blackhead Nose.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Vienna Official Shop

Skincare penghilang komedo yang pertama adalah Vienna Charcoal Blackhead Nose Pack. Produk ini merupakan masker lumpur hitam yang kaya akan komponen organik yang dapat menutrisi kulit dan membantu mengurangi sebum ginkgo biloba. Selain itu, masker ini juga memiliki sifat antioksidan yang cocok untuk perawatan kulit berminyak. Masker ini dipercaya dapat membersihkan komedo, dan mengangkat kotoran pada pori-pori,

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup aplikasikan ke seluruh area wajah, hindari bagian mata dan bibir, kemudian diamkan 10-15 menit hingga kering. Setelah itu tarik secara perlahan masker tersebut dan akan terlihat komedo yang terangkat. Harga masker ini berkisar Rp 8.800-Rp 22.000.

2. Mineral Botanica Volcanic Ash Facial Scrub.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Mineral Botanica Official Shop

Kamu juga bisa menghilangkan komedo dengan metode scrub. Produk dari brand ini mengandung Jeju Volcanic Ash yang dapat menyerap minyak berlebih dan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Dilengkapi dengan sodium hyaluronate yang dapat melembutkan dan melembapkan kulit. Scrub ini memiliki tekstur yang lembut namun bisa membersihkan komedo dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya, aplikasikan produk ke wajah, kemudian usapkan dengan gerakan memutar secara perlahan dan lembut. Setelah itu bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan ini satu sampai dua kali dalam seminggu. Harga produk ini dibanderol Rp 43 ribu.

3. Breylee Blackhead Remover Mask.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Breyleeindonesia

Produk ini mengandung air, minyak daun melaleuca alternifolia, ekstrak daun aloe vera, glycerin, dan royal jelly yang dapat mengangkat komedo dan membersihkan pori-pori. Produk masker ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

Cara menggunakannya, kamu perlu mencuci wajah dengan air hangat yang bertujuan untuk membuka pori-pori, setelah itu aplikasikan produk dengan menggunakan kuas dan tempelkan kertas pada dahi, hidung, dan pipi. Diamkan selama 5 menit. Setelah itu angkat kertas di wajah yang sudah mengering. Komedo yang terangkat pun akan terlihat. Harga produk ini dibanderol Rp 80 ribu.

4. Azarine Blackhead Remover.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/azarinecosmetics

Masker wajah ini dapat mengangkat komedo membandel dan dapat membersihkan pori-pori. Diformulasikan dengan kandungan bahan aktif herbal alami untuk merawat kulit agar tidak terjadi penumpukan sebum atau sel kulit mati pada pori yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo baru. Masker ini juga membuat kulit lebih halus setelah pemakaian.

Cara menggunakannya, oleskan Azarine Blackhead Remover pada area yang terdapat komedo, kemudian tempelkan kertas. Diamkan hingga lima menit setelah itu angkat kertas tersebut dan komedo yang terangkat pun terlihat. Harga masker ini adalah Rp 50 ribu.

5. St. Ives Face Scrub Blackhead Clearing Green Tea.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Unilever Indonesia Official Shop

Produk ini merupakan scrub yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan juga komedo di wajah. Produk ini mengandung green tea, bamboo powder, dan salicylic acid yang mampu menghempas pori-pori tersumbat dan mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Cara menggunakannya, keluarkan produk ke ujung jari, lalu aplikasikan ke wajah sambil melakukan pijatan lembut. Bilas dengan air biasa, Perawatan ini bisa kamu lakukan tiga sampai empat kali dalam seminggu. Taksiran harga produk ini Rp 69 ribu.

6. Neutrogena Deep Clean Blackhead Eliminating Daily Scrub.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Johnson & Johnson Official Shop

Produk Deep Clean Blackhead Eliminating ini mampu membersihkan kotoran dan minyak yang terjebak dalam pori-pori, mengangkat sel-sel kulit mati, dan mampu mengontrol produksi minyak. Dilengkapi dengan microbeads yang mengandung skin-conditioning cedrus atlantica bark extract, yang efektif mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah munculnya komedo.

Cara menggunakannya, tuang secukupnya pada tangan dan gosok hingga berbusa. Pijatkan perlahan pada wajah yang telah dibasahi, hindari area mata. Bilas hingga bersih. Gunakan dua kali seminggu. Produk ini dibanderol Rp 91 ribu.

7. Mustika Ratu Peel Off Mask Bamboo Charcoal.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Mustika Ratu Official Shop

Skincare untuk menghilangkan komedo selanjutnya adalah Peel Off Mask Bamboo Charcoal dari Mustika Ratu. Produk ini mengklaim dapat menyerap minyak berlebih, mengecilkan pori-pori wajah, mengangkat komedo, memperbaiki sel-sel kulit, menghilangkan jerawat, dan mendetoksifikasi kulit. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 25 ribu.

8. Wardah Acnederm Pore Blackhead Balm.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Wardah Official Shop

Produk ini diperkaya dengan tea tree oil untuk membantu mengurangi komedo di pori-pori wajah. Produk ini merupakan satu dari tujuh Dermaspecific Plan Wardah Skin Innovation yang membantu merawat dan melindungi kulit dari penyebab timbulnya jerawat.

Cara menggunakannya, cukup ambil produk secukupnya dengan telunjuk, oleskan pada area wajah yang terdapat komedo, kemudian pijat lembut, dan bilas dengan air. Untuk dapat hasil yang maksimal kamu bisa mencuci wajah dengan rangkaian Wardah Acne Derm Pure Foaming Cleanser. Harga produk ini adalah Rp 39 ribu.

9. Acnes Natural Care Face Wash Deep Pore.

Rekomendasi skincare untuk menghilangkan komedo ©

foto: Shopee/Rohto Official Shop

Skincare untuk menghilangkan komedo yang terakhir adalah Natural Care Face Wash Deep Pore. Produk ini dikombinasikan dengan bearberry, mitracarpus scaber Extract, dan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan flek serta noda jerawat, produk ini juga mampu membersihkan wajah dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat seperti komedo, dan menjaga kelembapan dan kelembutan kulit.

Cara menggunakannya, basahi wajah, keluarkan produk secukupnya kemudian usapkan ke wajah dengan lembut lalu bilas dengan air biasa. Produk ini bisa kamu gunakan setiap hari saat membersihkan wajah. Harga produk pembersih ini dibanderol Rp 27.500.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)