Brilio.net - Memiliki wajah yang beruntusan membuat tekstur wajah menjadi tidak rata sehingga akan mengganggu penampilan. Beruntusan adalah masalah kulit yang ditemui dengan jerawat-jerawat kecil kemerahan. Beruntusan akan menimbulkan sensasi gatal dan perih saat berkeringat. Oleh karena itu, kulit yang beruntusan berpotensi mengalami iritasi.

Dilansir dari ahli dermatologi, dr. Richard Lee, MARS dalam Channel YouTube-nya, beruntusan yang memiliki nama ilmiah papula pada dasarnya terjadi akibat adanya sumbatan pada kelenjar sebum. Beruntusan bisa muncul di bagian kulit mana saja, tapi paling sering muncul di bagian kening. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya beruntusan. Mulai dari asupan nutrisi sehari-hari yang kurang terkontrol, pola hidup yang kurang sehat, kondisi cuaca dan lingkungan, serta perawatan kulit yang kurang sesuai dengan kondisi kulit kamu sendiri. Selain itu, beruntusan terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar wajah. Jerawat kecil ini juga bisa terjadi akibat kedinginan atau iritasi kulit.

Beruntusan ini juga juga terbagi dalam tiga jenis, ringan, sedang dan berat. Kalau ringan dan sedang bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami atau pengobatan biasa. Tapi kalau beruntusan berat kamu harus mengatasinya dengan eksfoliasi. Umumnya, beruntusan bisa terjadi akibat alergi, cuaca, polusi udara, infeksi, gigitan serangga, terpapar bahan kimia, tidak cocok dengan kandungan di kosmetik atau skincare atau karena sedang melakukan pengobatan tertentu. Selain menyebabkan gatal, kemerahan dan iritasi, bekas beruntusan juga terkadang tidak mudah hilang.

Tapi tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan sheet mask yang diformulasikan untuk beruntusan. Sheet mask tidak jauh berbeda dengan produk masker lainnya. Namun, jenis masker yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya yaitu adanya formula serum atau essence di dalamnya. Selain itu, lembaran pada sheet mask berfungsi untuk mencegah penguapan dan mempercepat proses penyerapan serum atau essence. Kelebihan yang satu ini sudah pasti tidak dimiliki oleh jenis masker lainnya.

Berikut sembilan rekomendasi sheet mask untuk atasi beruntusan berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (8/5).

(brl/lin)

Related News