Brilio.net - Saat ini, sudah banyak produk kecantikan yang mengeluarkan serum untuk kulit kering. Sebab, permasalahan kulit kering kerap dialami oleh siapa saja. Penyebab seseorang memiliki kulit kering disebabkan banyak faktor, ada orang yang memiliki tipe kulit kering sejak lahir, ada juga yang memang karena faktor eksternal.

Dilansir dari Medical News Today, secara alami kulit menghasilkan minyak atau yang biasa disebut sebum. Sebum sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi. Kulit yang produksi sebumnya kurang, akan mengalami kulit kering dan wajah terlihat kusam.

Selain itu, penyebab lain kulit kering adalah paparan sinar matahari, tinggal di iklim tropis, kondisi air yang tidak cocok, dan masih banyak lagi. Permasalahan kulit kering harus segera diatasi, karena kalau dibiarkan akan membuat seseorang yang mengalaminya tidak nyaman. Kulit juga akan terlihat lebih kusam dan mudah iritasi.

Dilansir dari Healthline, kamu bisa mengatasi masalah kulit kering dengan berbagai cara, misalnya kurangi mandi dengan air panas. Sebab air panas bisa menghilangkan sebum dalam kulit. Kamu juga bisa mulai untuk menggunakan produk skincare yang tidak memiliki kandungan alkohol, retinoid, atau asam alfa hidroksi. Pasalnya bahan-bahan tersebut dapat membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi atau peradangan.

Loading...

Kamu juga bisa menggunakan sabun cuci muka tanpa pewangi dan deterjen berlebih. Beberapa kandungan yang bagus untuk kulit kering seperti polietilen glikol, akil-poliglikosida, surfaktan, parafin dan syndets atau bahan pembersih sintetis. Bahan-bahan tersebut mengandung bahan kimia seperti sulfur trioksida, asam sulfat, dan etilen oksida, yang lembut dan bagus untuk kulit sensitif.

Selain itu kamu juga wajib menggunakan pelembap untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Gunakan produk dengan bahan petrolatum yang bagus untuk kulit kering. Hal yang juga tak kalah penting adalah penggunaan serum untuk kulit kering. Kandungan bahan aktif dalam serum sangat bagus untuk menghidrasi kulit wajah.

Kali ini brilio.net merangkum rekomendasi serum untuk kulit kering. Apa saja ya? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin (10/1).

1. Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/wardahofficial

Rekomendasi skincare untuk kulit kering yang pertama adalah Wardah Hydra Rose Micro Gel Serum. Serum ini memiliki efek antioksidan yang bekerja dengan membantu mengembalikan skin barrier yang rusak dan menjaga kelembapan kulit hingga 72 jam.

Serum ini juga dapat melindungi kulit dari external aggressors, yaitu faktor lingkungan penyebab kulit stres akibat cuaca ekstrem, sinar UV, polusi, dll. Harga satu serum ini dibanderol Rp 130 ribu.

2. Innisfree The Green Tea Seed Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/Innisfreeofficialshop

Serum ini diformulasikan dengan bahan Green Tea Tri-biotics, untuk membantu merawat kulit yang dehidrasi dan kadar pH yang tidak seimbang akibat hilangnya hidrasi setiap hari. Dengan kandungan bahan aktif tersebut, kulit akan terasa lebih lembap, menyejukkan, dan ternutrisi hingga kulit tampak lebih sehat. Kamu bisa memiliki serum ini dengan harga Rp 370 ribu.

3. The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/theordinaryofficialstore.id

Serum selanjutnya adalah The Ordinary Hyaluronic Acid 2% + B5. Serum ini berbasis air dengan asam hialuronat dan vitamin B5. Serum ini menggunakan bahan utama asam hialuronat mengandung molekul yang dapat menarik air hingga 1000x beratnya. Formula ini juga menggabungkan asam hialuronat dari berbagai berat molekul dengan polimer silang asam hialuronat canggih untuk menghidrasi berbagai tingkat kulit.

Selain itu ada juga kandungan vitamin B5 yang dikenal sebagai panthenol, vitamin ini meningkatkan hidrasi permukaan untuk agar lebih halus dan kenyal. Harga serum ini dibanderol Rp 140 ribu.

4. Sensatia Botanicals Unscented Sensitive Facial C-Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/sensatialbotanicals

Serum ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif karena akan memberi sensasi menenangkan dan dapat memberi nutrisi pada kulit. Serum ini mengandung ekstrak pepaya murni dan teh hijau juga menutrisi dengan vitamin dan antioksidan yang terkandung serta membantu menenangkan dan melindungi kulit.

Ada juga kandungan kakadu plum organik merupakan salah satu sumber vitamin C tertinggi di dunia. Lidah buaya membantu memulihkan dan mengurangi peradangan pada kulit. Teh hijau kaya akan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Harga serum ini adalah Rp 180 ribu.

5. Bioderma Hydrabio Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/biodermaofficialstore

Hydrabio Serum ini membantu melembapkan wajah dan mampu menghasilkan hidrasi secara instan dan tahan lama. Menggabungkan paten aquagenium dan bahan aktif hidrasi kuat seperti hyaluronic acid, xylitol dan glycerin.

Penggabungan komposisi yang dipatenkan ini membantu menstimulasi sintesis lipid kulit serta fungsi kerja aquaporin atau saluran-saluran air yang dapat secara alami ditemukan di kulit dan berfungsi mengangkut dan mensirkulasi air ke sel-sel epidermis.

Serum ini mampu menstimulasi tiga mekanisme hidrasi yang dapat membawa air ke kulit, mempertahankan kedalamannya, dan membuatnya bersirkulasi dengan menstimulasi produksi saluran air di kulit yang disebut aquaporins.

Manfaat yang bisa didapatkan dari serum ini adalah untuk melembapkan secara instan dan tahan lama, menghaluskan dan mencerahkan kulit, dan sudah teruji dapat menghidrasi kulit selama 24 jam penuh. Untuk mendapatkan hasilnya, kamu bisa mendapatkan serum ini dengan harga Rp 358 ribu.

6. Wardah Hydrating Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/wardahofficial

Bagi kamu yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan hydrating serum dari produk Wardah. Serum ini memiliki kandungan konsentrat ekstrak lidah buaya sebagai smoothing agent di kombinasikan dengan hyaluronic acid yang dapat membentuk sumber kelembapan untuk membantu proses hidrasi kulit agar dapat berjalan optimal.

Ada juga kandungan Vitamin E yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Kulit menjadi lebih kenyal dan terjaga kelembapannya. Harga produk ini adalah Rp 51 ribu.

7. Implora Hydrating Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/Implora Official Shop

Serum ini kaya akan kandungan hyaluronic acid, aloe vera extract, chenopodium quinoa seed extract yang dapat membantu proses regenerasi kulit, meningkatkan fungsi skin barrier, dan mencegah tanda-tanda penuaan. Harga satu botol serum ini adalah Rp 35 ribu.

8. The Body Shop New Drops Of Youth Youth Concentrate Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/thebodyshopofficial

Serum wajah ini memiliki tifa plant stem cells yaitu edelweiss, criste marine, dan sea holly dan community trade moringa seed oil. Banyak manfaat yang didapatkan dari serum tersebut seperti menyamarkan tanda-tanda penuaan dini serta membantu membuat kulit terasa halus dan lembut. Harga serum ini memang terbilang mahal, yakni Rp 779 ribu. Namun kalau kamu ingin mengetahui hasilnya, serum untuk kulit kering bisa jadi pilihan.

9. Somethinc Hyaluronic B5 Serum.

Rekomendasi serum untuk kulit kering ©

foto: Shopee/Somethinc Official Store

Serum untuk kulit kering selanjutnya adalah dari produk Somethinc. Serum ini mengandung onsen sui water yang dapat menenangkan kulit dan membersihkan pori-pori. Ada sembilan jenis hyaluronic yang dapat melembapkan kulit mulai dari lapisan terluar hingga lapisan epidermis terdalam yang berfungsi sebagai moisture barrier.

Selain itu ada juga kandungan vitamin B5 atau panthenol yang memiliki sifat anti-inflammatory sehingga cocok untuk kulit eczema, jerawat, iritasi, serta memberikan efek lembut dan melembabkan pada kulit. Kandungan chlorella vulgaris extract dalam serum itu juga dapat menstimulasi terbentuknya kolagen untuk meremajakan kulit dan membantu memperlambat tanda penuaan dini. Harga serum ini adalah Rp 115 ribu.

Related News