Brilio.net - Hingga saat ini penggunaan produk sunblock wajah sebelum melakukan aktivitas sangat dianjurkan. Penggunaan sunblock wajah dapat menghindari paparan sinar matahari.

Dilansir dari Eliteclubs.com, awalnya sunblock berasal dari Mesir kuno, terbuat dari ekstrak dedak padi dan melati yang digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Seorang ahli kimia menemukan sunblock komersial pertama tahun 1963. Saat ini sunblock masuk dalam perawatan skincare dan kecantikan yang tak kalah penting.

Meskipun banyak penelitian yang mengungkapkan pentingnya penggunaan sunblock, ada saja orang yang masih tak memakai sunblock. Bagi yang memiliki aktivitas di luar ruangan, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin menggunakan sunblock. Di antaranya melindungi kulit dari paparan sinar UV, mencegah timbulnya flek hitam, memperlambat munculnya penuaan dini, mencegah munculnya perubahan warna kulit, dan masih banyak lagi.

Menurut American Academy of Dermatology, untuk memilih sunblock kamu bisa menggunakan SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 dan wajib digunakan setiap hari. Selain itu juga pastikan sunblock menawarkan perlindungan spektrum luas, untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB matahari. Sebaiknya pilih sunblock yang tahan air, agar kualitas sunblock di wajah saat terkena keringat atau air tak berkurang manfaatnya.

Loading...

Sementara itu, menurut The Skin Cancer Foundation Trusted Source, penggunaan sunblock juga harus tepat untuk mengurangi risiko kerusakan kulit wajah akibat paparan sinar matahari. Penggunaan sunblock yang benar adalah dengan mengeluarkan sunblock sebanyak dua ruas jari tangan.

Kemudian aplikasikan ke wajah secara merata. Penting juga menggunakan sunblock ke area mata dan bibir, sebab area itu bagian kulit paling tipis dan rentan terhadap paparan sinar matahari. Ulangi penggunaan sunblock dua atau tiga jam sekali saat beraktivitas di luar ruangan. Namun jika beraktivitas di dalam ruangan, reapply sunblock tak perlu dilakukan.

Melihat banyaknya manfaat sunblock wajah, brilio.net merangkum rekomendasi sunblock yang bagus. Apa saja ya? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/1).

1. NIVEA Sun Face Protection Serum SPF 50+ PA+++ Instant Aura.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/nivea.official.store

Rekomendasi sunblock wajah yang pertama adalah NIVEA Sun Face Protection Serum SPF 50+ PA+++ Instant Aura. Sunblock ini cocok digunakan untuk semua tipe kulit. Produk ini memiliki tekstur yang ringan sehingga cocok digunakan setiap hari untuk melindungi kulit wajah dari efek negatif sinar matahari. Dengan formula khusus dan kandungan vitamin E, sunblock ini juga dapat menjaga kelembapan kulit. Harga sunblock ini adalah Rp 50 ribu.

2. Bioderma Photoderm AKN Mat.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/Bioderma Official Shop

Produk ini memiliki kandungan SPF 30 yang dapat mencegah timbulnya noda pada kulit, melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB, mampu mengaktifkan sistem perlindungan alami kulit, menghambat risiko kerusakan sel dan mencegah penuaan dini pada kulit, serta membuat kulit glowing.

Menariknya, sunblock ini cocok untuk semua jenis kulit. Bahkan untuk kamu yang memiliki masalah jerawat dan kulit berminyak juga bisa menggunakan sunblock ini. Harga sunblock ini dibanderol Rp 255 ribu.

3. Cetaphil UVA/UVB Defence SPF 50+.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/Cetaphil Indonesia

Cetaphil UVA/UVB Defense SPF 50+/UVA 28 merupakan produk sunblock sekaligus digunakan sebagai pelembap. Kamu bisa menggunakan sunblock ini tak hanya ke wajah tapi juga ke area tubuh. Sunblock ini juga dapat menutrisi dan menjaga kelembapan kulit.

Produk ini menggunakan teknologi Mexoryl SX yang memberikan photoprotection tinggi dan sistem perlindungan UVA dan UVB yang luas. Produk ini teruji klinis cepat diserap, tidak meninggalkan bekas putih atau lengket di kulit. Krim pelembap ini ringan dan tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic) dan hypoallergenic. Selain itu juga sudah teruji secara dermatologi sehingga baik digunakan untuk segala jenis kulit termasuk kulit sensitif atau kulit dengan fungsi kulit yang terganggu. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp 398.200.

4. Nature Republic California Aloe Daily Sun Block Spf50+Pa++++.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/Nature Republic Official

Produk ini mengandung ekstrak daun lidah buaya 2.75ppm yang dapat melembapkan dan menenangkan kulit dengan efek pemutihan dan memperbaiki masalah kerutan di wajah. Krim sunblock ini dapat membuat wajah menjadi yang lembap dan lembut. Harga sunblock ini dibanderol Rp 285 ribu.

5. Biore UV Tone Up Clear Skin Make Up Sunscreen SPF 50 PA++++.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/kaoofficial

Produk ini merupakan salah satu varian Biore UV Series dengan formulasi gabungan warna pure lavender dan prism powder yang membuat kulit tampak lebih cerah bercahaya seketika. Produk ini dapat digunakan sebagai base make up dan mudah bercampur dengan foundation. Sunblock ini juga mudah menyerap dan tahan air sehingga aman digunakan. Ada kandungan hyaluronic acid dan bahan pelembap yang dapat menjaga kelembapan kulit. Harga produk ini adalah Rp 112.500.

6. Nivea Men Extra White Anti-Dark Spot Serum.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/nivea.official.store

Ada juga produk sunblock untuk pria dari Nivea Men Extra White Anti-Dark Spot Serum. Sunblock ini memiliki tekstur ringan, cepat meresap, tidak lengket, dan tidak membuat wajah berminyak.

Dengan kandungan SPF 50, produk ini mempunyai SPF tertinggi untuk perawatan wajah pria. Memiliki kandungan vitamin C yang aktif, produk ini dapat digunakan sebagai perawatan untuk mencerahkan wajah. Harga produk ini dibanderol Rp 27.400.

7. Biore UV Aqua Rich Watery Essence Sunscreen Skin Care SPF 50 PA++++.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/kaoofficial

Produk ini memiliki formula micro defense yang memberikan perlindungan UVA UVB secara maksimal. Biore's Unique Outer Skin Technology memberikan perlindungan terhadap UV yang terasa nyaman dan ringan seperti air. Ada pula water capsule yang dapat melembapkan kulit namun tetap terasa ringan sekaligus melindungi kulitmu setiap hari. Kandungan hyaluronic acid, royal jelly extract dan bahan pelembap dapat memberikan kelembapan kulit.

Sunblock ini dapat digunakan untuk wajah dan tubuh, bisa sebagai makeup base dan cocok untuk semua jenis kulit. Harga sunblock ini adalah Rp 40 ribu.

8. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA +++.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/Wardah Official Shop

Sunblock ini dapat memberi perlindungan aktivitas sehari-hari di luar rumah. Penggunaan produk ini membantu mengurangi kulit kusam dari paparan blue light, mencegah penuaan dini, menghindari munculnya bintik hitam di wajah, dan melindungi dari risiko kanker kulit.

Produk ini memiliki tekstur yang ringan, non alcohol dan comedogenic, dan cocok untuk semua jenis kulit. Harga sunblock ini adalah Rp 35 ribu.

9. Vaseline Daily Sun Cream SPF 50+ SPF/PA+++.

Rekomendasi produk sunblock wajah ©

foto: Shopee/Unilever Indonesia

Rekomendasi produk sunblock wajah selanjutnya adalah Vaseline Daily Sun Cream. Produk ini memiliki teknologi water holding yang mampu memberikan sensasi segar sekaligus melembapkan kulit. Memiliki tekstur yang ringan, cocok untuk digunakan setiap hari. Ada juga formula baseline pet jelly membentuk lapisan yang melembapkan sekaligus melindungi kulit dari panas sinar UV. Untuk mendapatkan produk ini kamu perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 129 ribu.

Related News