9 Rahasia wajah glowing dengan bahan alami, mudah dibuat

9 Rahasia wajah glowing dengan bahan alami, mudah dibuat

Brilio.net - Memiliki wajah glowing, sehat, lembap, tentu keinginan banyak orang. Banyak dari mereka yang rutin melakukan perawatan hingga merogoh kocek dalam untuk membeli skincare demi menjaga kesehatan kulit. Sebab wajah bagian yang paling terlihat dan bila ada masalah pada wajah dapat membuat seseorang tidak percaya diri.

Namun permasalahan pasti juga dialami oleh mereka, seperti jerawat, flek hitam, kulit kering, berminyak dan masih banyak lagi. Banyak faktor yang membuat seseorang mengalami masalah kulit wajah. Dilansir dari Goodhousekeeping, biasanya masalah wajah timbul karena stres, kurang tidur, pola hidup yang tidak sehat, dan juga faktor usia.

Ada banyak cara untuk memiliki kulit sehat dan glowing. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami. Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan dan pastinya aman tanpa efek samping.

Penasaran apa saja bahan alami yang bisa membuat wajah glowing? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (31/12)

1. Buah lemon.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Membahas buah lemon, pasti kamu sudah paham bahwa buah ini memiliki banyak sekali manfaat. Untuk kesehatan, perasaan air jeruk lemon bisa dijadikan sebagai imun booster. Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon sangat bagus untuk tubuh. Ternyata buah lemon juga kaya manfaat untuk membuat wajah glowing. Bahkan aktif lainnya dapat mencerahkan kulit.

Kamu bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air biasa kemudian biarkan selama 10 menit. Secara otomatis, ramuan tersebut akan mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol minyak berlebih.

Namun perlu diperhatikan bagi pemilik wajah sensitif, tidak disarankan untuk menggunakan ramuan ini. Sebab zat asam pada buah lemon justru akan membuat kulit semakin iritasi.

2. Buah pepaya dan nanas.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Pepaya dan nanas merupakan buah yang sangat lezat untuk dikonsumsi. Buah pepaya mengandung vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh. Banyak konsumsi buah pepaya juga bisa melancarkan pencernaan. Sementara itu, buah nanas mengandung vitamin B, kolin, selenium, zinc, antioksidan, dan bromelain yang bermanfaat menjaga kesehatan jantung, memperbaiki kesehatan jantung, dan masih banyak lagi. Ada pula kandungan vitamin B, vitamin C, serta antioksidan berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan, misalnya akibat paparan sinar UV.

Ternyata kalau buah pepaya dan nanas dicampur kaya akan manfaat terutama untuk wajah glowing. Kamu bisa mencampur kedua bahan itu dan dijadikan seperti masker wajah. Oleskan pada wajah dan leher secara merata. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Pisang.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Pisah tak hanya lezat dimakan langsung atau diolah jadi bolu dan gorengan. Ternyata buah ini juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya bisa mencerahkan dan membuat kulit glowing lho. Kandungan provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, vitamin C dan vitamin B6 pada pisang berkhasiat untuk menjaga dan memperbaiki kondisi kulit wajah.

Caranya sangat gampang, kamu bisa mencampurkan pisang yang sudah matang dengan yogurt. Kemudian dua bahan tersebut dihancurkan. Setelah mendapat tekstur seperti masker, oleskan ke seluruh wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bisa dengan air bersih.

4. Putih telur.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Kandungan protein tinggi pada putih telur ternyata bisa membuat wajah glowing. Tak heran bila banyak wanita yang sering menggunakan masker putih telur di rumah untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah.

Untuk membuat masker dari putih telur, kamu cukup menggunakan putih telur yang sudah dikocok sampai berbusa, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Putih telur memang menimbulkan bau amis, kamu bisa menetralkannya dengan menambahkan sedikit madu atau jeruk nipis.

5. Kunyit.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Kunyit merupakan jenis rempah yang kaya akan manfaat. Tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Kandungan antioksidan pada kunyit juga mampu mencerahkan dan membuat wajah lebih glowing.

Untuk mendapatkan manfaat dari kunyit, kamu perlu menumbuk kunyit atau menggunakan bubuk kunyit dan mencampurkan dengan yogurt atau madu. Aplikasikan ke wajah selama 15 menit dan bilas hingga bersih.

6. Yogurt.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Yogurt terbuat dari susu fermentasi yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Ternyata yogurt juga bagus untuk kecantikan lho. Salah satunya untuk membuat wajah glowing secara alami.

Caranya sangat mudah, kamu bisa oleskan yogurt tanpa rasa ke wajah. Biarkan hingga mengering selama 25 menit. Atau kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun dan madu untuk hasil maksimal.

7. Susu.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Siapa yang tak suka susu? Susu minuman yang jadi favorit banyak orang. Susu ada banyak rasanya mulai dari vanila, coklat, dan strawberry. Dibalik rasanya yang lezat dan kaya manfaat untuk kesehatan, ternyata susu juga mampu membuat wajah glowing, melembapkan, mencerahkan, dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya kamu bisa mencampurkan susu dengan tepung beras hingga konsistensinya seperti pasta. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

8. Buah alpukat.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Kandungan omega 3 dan omega 6 pada buah alpukat memiliki sifat anti radang untuk mencegah jerawat. Selain itu, buah alpukat juga bisa membuat wajah lebih glowing dan lembap.

Untuk bisa mendapatkan manfaat alpukat, kamu perlu campurkan buah alpukat yang sudah halus dengan yogurt dan madu. Setelah itu oleskan pada wajah dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih.

9. Madu.

wajah glowing dengan bahan alami freepik

foto: pixabay

Segudang manfaat madu sudah diketahui oleh banyak orang, terutama untuk kesehatan. Ternyata madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan sebagai bahan alami membuat wajah glowing dan lembap. Kandungan nutrisi pada madu bisa menghasilkan kolagen pada kulit wajah sehingga wajah bisa lebih glowing.

Untuk bisa mendapatkan manfaat itu, kamu perlu mencampurkan madu murni dengan 2 sendok makan garam. Aduk sampai merata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 30 menit sampai masker mengering. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES