9 Penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya

9 Penyebab flek hitam di wajah dan cara mengatasinya

Brilio.net - Ada banyak penyebab flek hitam di wajah. Flek hitam atau hiperpigmentasi merupakan masalah kulit yang terjadi di beberapa area tubuh yang memberi warna gelap berupa bintik-bintik di kulit. Flek hitam muncul di area kulit karena kulit memproduksi lebih banyak melanin dari biasanya.

Melanin merupakan senyawa yang memberi warna pada mata, kulit, dan rambut. Ketika seseorang dalam keadaan sehat, melanin akan bekerja aktif dan terlihat normal. Namun, ketika memiliki kelainan pada kulit, melanin akan berubah warna dan menyebabkan timbulnya bintik atau bercak hitam pada area kulit.

Biasanya, flek hitam atau bintik hitam di kulit memiliki warna cokelat tua atau cokelat muda. Flek hitam tidak menimbulkan efek sakit pada kulit, namun kehadirannya tak jarang mengganggu penampilan, apalagi bila di area wajah. Selain di wajah, flek hitam juga bisa muncul di tangan, bahu, dan punggung.

Flek hitam memiliki kriteria, bila seseorang memiliki kulit gelap, flek hitam akan memudar dalam waktu 6-12 bulan. Namun, bila kamu memiliki flek hitam dengan warna yang lebih gelap dan dalam, bisa memakan waktu bertahun-tahun hingga akhirnya bisa memudar.

Lantas apa saja ya penyebab flek hitam di wajah? Berikut ulasannya seperti dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/2).

1. Paparan sinar matahari.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik/ /user18526052

Sinar matahari disebut sebagai penyebab paling signifikan penyebab munculnya flek hitam. Saat wajah terkena langsung paparan sinar matahari, membuat kulit memproduksi melanin lebih banyak, hal itu yang membuat munculnya flek hitam di wajah. Efek buruk lainnya dari paparan sinar matahari adalah kulit bisa mengalami penyakit kanker kulit.

Saat melakukan aktivitas di luar ruangan, dianjurkan untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen. Sunscreen ini berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Gunakan sunscreen dengan kandungan SPF di atas 35+++ sebanyak dua ruas jari. Oleskan ke wajah secara merata hingga mata dan bibir. Aplikasikan kembali setelah tiga sampai empat jam bila intensitas di luar ruangan cukup banyak.

2. Perubahan hormonal.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik/master1305

Perubahan hormonal penyebab flek hitam di di wajah dan area tubuh lainnya biasanya terjadi saat kehamilan. Dilansir dari Healthlinec menurut Menurut American Academy of Dermatology, hormon dapat memicu melasma yang menyebabkan munculnya melasma atau flek hitam.

Biasanya, bila disebabkan oleh hormonal, flek hitam atau melasma akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Namun, kamu tetap perlu melakukan perawatan, salah satunya dengan rutin mengoleskan bio oil setiap pagi dan malam hari. Kandungan bio oil di tubuh bagus untuk kesehatan dan juga dapat mengatasi flek hitam dan melasma.

3. Efek samping obat.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik/cookie_studio

Penyebab flek hitam di wajah selanjutnya adalah karena efek samping obat. Biasanya orang-orang yang mengalami ini, pasien yang mengonsumsi obat dengan dosis tinggi, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Untuk mengatasinya, kamu cukup mengoleskan bio oil atau menggunakan bahan yang aman untuk kulit.

4. Peradangan.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik.com

Masalah kulit seperti eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat tak jarang membuat kulit mengalami peradangan. Bekas peradangan itu juga membuat kulit mengalami flek hitam di beberapa area tubuh termasuk di wajah. Flek hitam bekas peradangan ini juga harus diatasi agar flek hitamnya tidak semakin menyebar dan melebar.

Khusus untuk flek hitam bekas jerawat, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan skincare khusus menghilangkan flek hitam dan pencerah wajah. Jangan lupa untuk rutin untuk melakukan eksfoliasi dan masker untuk pembersihan wajah dari flek hitam lebih optimal.

5. Salah menggunakan skincare.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik.com

Penyebab flek hitam di wajah juga bisa karena salah menggunakan skincare. Skincare yang tidak cocok membuat wajah mengalami iritasi. Wajah pun akan memerah dan menyebabkan peradangan. Bekas peradangan tersebut biasanya berubah jadi bintik hitam di area wajah yang sangat mengganggu.

Oleh sebab itu, sebaiknya saat memilih skincare perhatikan produk yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu juga perhatikan kandungan dalam skincare agar penggunaannya lebih aman. Pilih merk skincare terpercaya, sebab banyak produk skincare di pasaran yang menggunakan bahan kimia berbahaya.

Bila mengalami masalah flek hitam, kamu bisa melakukan perawatan dengan menggunakan bahan alami yang mampu mengatasi masalah flek hitam. Selain itu, bisa juga konsultasi ke dokter kecantikan untuk mendapat perawatan intensif. Biasanya saat di klinik kecantikan akan diberi perawatan laser untuk menghilangkan flek hitam.

6. Bekas jerawat.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik.com

Munculnya jerawat memang sangat mengganggu penampilan. Tak hanya saat jerawat saja, tapi bekas jerawat pun tak jarang meninggalkan bekas di wajah. Bekas jerawat seringkali meninggalkan bercak hitam yang bila dibiarkan akan menjadi flek hitam.

Flek hitam yang disebab jerawat bisa hilang namun dalam kurun waktu yang cukup lama. Dan jika kamu membiarkan flek hitam tanpa memberi perawatan, akan melebar atau muncul flek hitam baru di wajah.

Kamu bisa mengatasi masalah flek hitam akibat jerawat dengan menggunakan skincare. Pilih skincare yang memiliki kandungan untuk menghilangkan flek hitam dan mencerahkan wajah. Jangan lupa rutin melakukan eksfoliasi demi mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah.

7. Faktor genetik.

penyebab flek hitam di wajah

foto: Freepik/gpointstudio

Rupanya penyebab flek hitam di wajah tak melulu karena faktor luar. Biasa juga disebabkan oleh faktor genetik. Seseorang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Selain itu, penyebab flek hitam di wajah karena faktor genetik juga banyak dialami oleh orang-orang yang memiliki kulit cenderung putih dan cerah dengan memiliki warna rambut merah, pirang atau coklat. Biasanya sering terjadi pada orang-orang yang tinggal wilayah Eropa, Amerika, dan masih banyak lagi.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya melakukan konsultasi ke dokter. Perawatan laser jadi alternatif yang cukup ampuh untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES