Brilio.net - Kamu memiliki wajah dengan bekas jerawat? Jerawat yang meninggalkan bekas seperti bintik hitam pada wajah membuat penampilan kita tidak percaya diri pastinya.

Walaupun mengganggu penampilan kamu jangan khawatir, luka bekas jerawat yang menghitam ini bisa lho kamu atasi dengan melakukan perawatan wajah. Kamu bisa menggunakan perawatan rumahan seperti menggunakan masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat.

Luka bekas jerawat yang muncul pada wajah merupakan permasalahan wajah yang umum terjadi dan bisa dialami oleh setiap orang. Dilansir brilio.net dari Cleveland Clinic, Rabu (4/5)  menjelaskan bahwa jerawat ini umum terjadi dengan persentase sebanyak 80 persen pada usia 11 sampai 30 tahun dan satu dari lima orang ini memiliki luka bekas jerawat.

Munculnya jerawat pada setiap orang memiliki penyebab yang berbeda-beda. Pada usia remaja sekitar 11 tahun, penyebab utamanya adalah perubahan hormon. Sedangkan pada usia 30 tahun penyebab utamanya adalah stres, lingkungan, penggunaan makeup, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Sementara itu penyebab munculnya bekas jerawat disebabkan oleh peradangan noda jerawat. Perlu kamu ketahui bahwa kulit memiliki tiga lapisan utama yakni lapisan terluar, epidermis, dermis, dan hipodermis.

Saat wajah dalam kondisi berjerawat, lapisan kulit luar cukup rapuh dan tidak bisa melindungi kulit dari bahaya luar seperti paparan sinar UV. Maka dari itu setiap area yang memiliki kelenjar sebaceous mudah terkena serangan jerawat.

Sementara itu penyebab utama dari munculnya bekas jerawat di wajah dikarenakan terjadinya peradangan pada noda jerawat. Hal ini bisa terjadi karena pori-pori jerawat mengalami pembengkakan dan dinding pori-pori mengalami kerusakan.

Cleveland Clinic menjelaskan bahwa adanya cairan noda pada jerawat bisa menyebar ke berbagai jaringan sehingga dapat menyebabkan bekas luka yang lebih dalam pada kulit wajah. Nah, agar bekas luka jerawat ini bisa hilang, kulit harus bisa memproduksi kolagen baru. Produksi kolagen dalam kulit bisa dirangsang dengan cepat dengan menggunakan perawatan seperti masker wajah yang diformulasikan menghilangkan bekas luka jerawat.

Saat ini sudah banyak masker wajah yang diformulasikan untuk menghilangkan bekas jerawat dengan harga yang cukup terjangkau yakni di bawah Rp 100.000. Lantas apa saja masker wajah untuk menghilangkan bekas jerawat? Yuk, simak rekomendasi brilio.net, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/5).

(brl/lea)

Related News