9 Manfaat sunscreen bagi wajah, menunda keriput

9 Manfaat sunscreen bagi wajah, menunda keriput

Brilio.net - Kulit wajah merupakan salah satu kulit yang paling sensitif di tubuh kita. Sehingga, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, cerah dan terawat tentu saja dengan menggunakan produk perawatan yang biasa disebut dengan skincare. Salah satu produk skincare yang wajib kamu miliki adalah sunscreen.

Sunscreen dinilai mampu melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UVA dan UVB, mengingat kondisi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis dengan intensitas paparan sinar matahari yang tinggi. Berikut 9 manfaat sunscreen bagi wajah yang dapat menunda keriput di wajahmu telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber Senin (7/2):

1. Melindungi wajah dari sinar UV.

 Manfaat sunscreen bagi wajah  2022 brilio.net

foto: pixabay.com

Sinar UV terdiri dari sinar UVA dan UVB yang tidak baik untuk kulit, menyebabkan penuaan dini sehingga kulit wajah akan cepat keriput. Oleh karenanya, menggunakan sunscreen 10-15 menit sebelum melakukan aktivitas di luar ruangan dengan SPF++ akan melindungi kulit wajah dari sinar UV.

2. Meminimalisir kanker kulit.

Terlalu lama terpapar sinar matahari tanpa perlindungan kulit akan meningkatkan resiko terkena kanker kulit, karena akan menyebabkan radiasi pada kulit wajah dan merusak sel kulit wajah. Penggunaan sunscreen secara rutin setiap hari akan meminimalisir kanker kulit.

3. Mencegah penuaan dini.

 Manfaat sunscreen bagi wajah  2022 brilio.net

foto: unsplash.com



Efek buruk sinar matahari yang lain adalah penuaan dini, hal tersebut terjadi karena terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menurunkan kolagen pada kulit wajah sehingga akan lebih cepat menimbulkan kerutan pada wajah. Gunakan sunscreen untuk mencegah kulitmu mengendur.

4. Meratakan warna kulit.

Tidak menggunakan sunscreen ketika beraktifitas di luar dan seringnya terkena paparan sinar matahari akan menyebabkan kulit menjadi belang. Untuk menghindari kulitmu agar tidak belang gunakan sunscreen secara rutin.

5. Mencegah terjadinya sunburn.

 Manfaat sunscreen bagi wajah  2022 brilio.net

foto: istimewa

Liburan ke pantai dan tempat-tempat dengan paparan sinar matahari yang sangat tinggi akan menyebabkan kulit mudah terkena sunburn. Sanburn akan membuat kulit terutama wajah terasa panas, perih dan mengelupas. Gunakan sunscreen dan lakukan pengulangan setiap 15 menit sekali untuk mencegah sunburn.

6. Melembabkan kulit.

Selain sebagai skin protector, sunscreen juga dapat melembabkan kulit wajahmu. Paparan sinar UV akan membuat minyak alami pada kulit wajah akan menipis. Dengan menggunakan sunscreen kelembaban kulit akan tetap terjaga.

7. Mencegah penggelapan kulit.

Beberapa wanita terkadang mengeluhkan perihal kulit wajahnya yang menggelap akibat paparan sinar matahari. Hal itu dapat diminimalisir dengan penggunaan sunscreen yang minimal memiliki SPF 30 untuk mencegah penggelapan karena sinar UVB.

8. Mencegah komedo.

 Manfaat sunscreen bagi wajah  2022 brilio.net

foto: istimewa


Komedo di wajah membuat penampilan menjadi kurang percaya diri, penyebab salah satunya karena paparan sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, gunakan sunscreenmu dengan rutin ya.

9. Menjaga kesehatan kulit.

 Manfaat sunscreen bagi wajah  2022 brilio.net

foto: istimewa


Sunscreen sangat berpengaruh pada kesehatan kulit wajah, resiko-resiko buruk yang disebabkan oleh sinar matahari akan membuat kulit wajahmu rusak. Dengan begitu, gunakanlah sunscreen secara rutin untuk menjaga kolagen serta sel kulit agar elastisitas kulit wajah tetap terjaga dan yang paling penting, menunda keriput.

Reporter: Anindya Kurnia

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES