9 Manfaat serum vitamin C, bantu cerahkan wajah kusam

9 Manfaat serum vitamin C, bantu cerahkan wajah kusam

Brilio.net - Ada banyak manfaat serum vitamin C yang bisa kamu dapatkan bila diaplikasikan secara rutin ke wajah. Ya, serum salah satu jenis skincare yang memiliki banyak manfaat untuk kulit terutama wajah. Serum mengandung banyak bahan aktif yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit mulai dari kulit kering, kulit kusam, jerawat, dan masih banyak lagi.

Serum diformulasi dengan konsentrasi cair agar mudah meresap ke dalam kulit. Mengaplikasikan serum ke wajah juga dapat membantu mengunci kelembapan kulit sehingga hasil dari rutin menggunakan skincare akan terlihat.

Salah satu kandungan dalam serum adalah vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang dapat memiliki sifat fotoprotektif yang dapat mencegah stres oksidatif dari radikal bebas yang kita temui sepanjang hari, seperti paparan sinar matahari, debu, serta polusi.

Vitamin C yang dikemas dalam serum ini menjadi salah satu rangkaian skincare yang tak boleh dilewatkan. Sebab manfaat serum vitamin C untuk wajah sangat banyak, mulai dari sebagai anti penuaan, mencerahkan, melembapkan, dan masih banyak lagi.

Lantas apa saja yah manfaat serum vitamin C untuk wajah? Yuk simak ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat(4/2).

1. Mengatasi iritasi

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Shiny Diamond

Iritasi kulit juga dialami oleh sebagian orang, biasanya karena jerawat, kulit sensitif, dan masalah kulit lainnya. Kamu bisa menggunakan manfaat serum vitamin C untuk mengatasi masalah iritasi pada kulit. Biasanya dalam vitamin C terdapat bahan aktif seperti asam alfa hidroksi, retinol, dan SPF.

2. Menghidrasi kulit

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Shiny Diamond

Dilansir dari Healthline, menurut penelitian tahun 2017, sebagian besar kulit dan organ yang sehat mengandung vitamin C konsentrasi tinggi, hal itu menunjukkan bahwa vitamin C terakumulasi dalam tubuh dari sirkulasi. Namun tak jarang, seseorang kekurangan vitamin C yang disebabkan faktor eksternal, efeknya membuat kulit kering dan kusam.

Vitamin C ini mengandung magnesium ascorbyl phosphate, turunan vitamin C lain yang digunakan dalam perawatan kulit. Kandungan ini telah terbukti memiliki efek menghidrasi pada kuli

3. Mencerahkan wajah

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Shiny Diamond

Vitamin C sering jadi bahan aktif yang selalu ada dalam skincare, biasanya ada dalam skincare-skincare yang memiliki manfaat untuk mencerahkan wajah. Sebab bahan aktif dalam vitamin C ini dapat membantu memudarkan pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kulit kusam.

Vitamin C juga telah terbukti menghambat produksi melanin, pigmen yang bertanggung jawab untuk warna kulit. Hal itu dapat membantu memudarkan bintik-bintik gelap dan kusam.

4. Meratakan warna kulit

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/cottonbro

Seringkali kamu melihat orang lain memiliki warna kulit yang berbeda pada wajah mereka. Hal itu biasanya disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi, salah menggunakan skincare, dan lain-lain.

Manfaat serum vitamin C mampu meratakan warna kulit. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu menenangkan kulit Anda dan mengurangi bengkak, membiarkan wajah Anda bersinar.

Selain itu sifat anti-inflamasi vitamin C juga dapat membantu mengurangi kemerahan, yang pada gilirannya dapat membuat kulit lebih merata. Kombinasi pengurangan bintik hitam, kemerahan, dan iritasi menghasilkan warna kulit yang bersih dan halus.

5. Membantu memudarkan hiperpigmentasi

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Munculnya hiperpigmentasi disebabkan oleh paparan sinar matahari, hormon , hingga noda bekas jerawat. Rutin menggunakan vitamin C yang mengandung vitamin C dapat mengatasi masalah tersebut. Sebab Vitamin C juga dapat menghambat produksi melanin yang dapat membantu memudarkan hiperpigmentasi.

6. Mengurangi munculnya lingkaran di bawah mata

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Karolina Grabowska

Manfaat serum vitamin C dapat membantu menghaluskan garis-garis halus dengan mengenyalkan dan menghidrasi area bawah mata. Meskipun vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan secara keseluruhan, namun vitamin C dapat membantu mengurangi perubahan warna yang terkait dengan lingkaran di bawah mata.

Menurut sebuah studi kecil tahun 2009, vitamin C dalam bentuk 10 persen natrium askorbat untuk memperbaiki lingkaran hitam kelopak mata bawah setelah 6 bulan penggunaan dengan menebalkan dermis kelopak mata dan menyembunyikan warna gelap karena darah yang tersumbat.

7. Meningkatkan produksi kolagen

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Anna Shvets

Kolagen adalah protein alami yang habis seiring waktu. Tingkat kolagen yang lebih rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Vitamin C terkenal untuk meningkatkan produksi kolagen melalui proses sintesis kolagen. Faktanya, sintesis kolagen tidak dapat terjadi tanpa vitamin C.

8. Mencegah kulit kendur

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/Ron Lach

Produksi kolagen terkait dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen mulai turun, kulit mengalami kendur. Menerapkan serum vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, yang dapat memberi efek mengencangkan secara keseluruhan.

9. Melindungi kulit dari kerusakan sinar UVA dan UVB

Manfaat serum vitamin C

foto: Pexels/KoolShooters

Paparan berlebihan terhadap stres oksidan melalui sinar UVA dan UVB dikaitkan dengan penurunan kadar vitamin C di kulit. Tingkat vitamin C juga lebih rendah pada kulit yang sudah mengalami penuaan dan akibat faktor eksternal.

Vitamin C kaya akan antioksidan. Antioksidan melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan memberikan elektron kepada radikal bebas sehingga tidak berbahaya.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES