9 Manfaat scrub wajah, bantu samarkan noda hitam

9 Manfaat scrub wajah, bantu samarkan noda hitam

Brilio.net - Membersihkan wajah saat ini tidak hanya mengandalkan sabun cuci muka ataupun menggunakan produk pembersih wajah pada umumnya. Kini membersihkan wajah bisa dengan metode lainnya yaitu menggunakan scrub wajah. Banyak manfaat scrub wajah, yang bisa kamu dapatkan salah satunya yaitu merawat kecantikan dan meremajakan kulit. Namun dari kebanyakan orang, mereka melakukan scrub wajah agar mendapatkan wajah bersih, cerah, dan bersinar.

Perawatan wajah yang satu ini ternyata sudah ada sejak zaman dahulu lho. Orang-orang zaman dahulu telah menerapkan perawatan scrub wajah untuk menjaga kecantikan kulitnya. Pada zaman dahulu mereka menggunakan bahan seperti zat abrasif yang membantu pengelupasan sel kulit mati. Sedangkan suku Indian Amerika menggunakan bahan-bahan alami seperti jagung kering dan kerang laut yang telah dihaluskan untuk scrub.

Dilansir brilio.net dari Skinkraft, Selasa (22/3), scrub wajah merupakan perawatan kulit yang digunakan untuk membantu proses pengelupasan kulit. Pengelupasan kulit ini berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit. Permukaan kulit yang tersumbat oleh kotoran dan debu menjadi penyebab utama munculnya jerawat.

Adanya kandungan partikel pada scrub wajah membantu proses pengelupasan kulit. Scrub akan bergesekan dengan kulit sehingga bisa mengangkat kotoran dari pori-pori kulit sehingga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati yang hilang ini digantikan dengan sel kulit baru dan membuat kulit kamu tampak cerah dan halus.

Manfaat dari scrub wajah tidak hanya itu saja. Nah, lantas apa saja manfaat scrub wajah? Berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (22/3).

1. Menyamarkan noda hitam.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat scrub yang pertama yaitu menyamarkan noda hitam atau flek hitam yang disebabkan oleh luka bekas jerawat atau paparan sinar ultraviolet. Dengan melakukan eksfoliasi wajah, noda hitam dapat hilang secara perlahan. Eksfoliasi membantu mengangkat lapisan kulit yang bernoda sedikit demi sedikit. Jika kamu melakukan eksfoliasi secara rutin maka noda hitam bisa tersamarkan.

2. Mengecilkan pori-pori wajah.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kulit di dalam tubuh kita bisa memproduksi minyak secara alami yang biasa disebut dengan sebum. Sebum memiliki tugas mengunci kelembapan kulit. Namun terkadang kondisi produksi sebum bisa mengalami kelebihan.

Produksi minyak yang berlebih inilah yang membuat pori-pori kulit membesar dan pada akhirnya tersumbat oleh berbagai kotoran dan debu. Agar pori-pori yang besar bisa mengecil, caranya yaitu dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin.

3. Mengatasi kulit kering

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat scrub wajah selanjutnya yaitu bisa mengatasi kulit kering. Kulit kering merupakan sebuah penyakit yang harus dicegah karena bisa menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya. Scrub wajah bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi kulit kering. Melakukan scrub wajah secara rutin dan teratur bisa membuat kulit kamu jadi halus dan bercahaya.

4. Memperbaiki tekstur kulit.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Kulit yang gampang terkena kerusakan adalah kulit wajah sensitif. Kulit wajah sensitif memiliki ketebalan kulit lebih tipis dari jenis kulit lainnya dan rentan mengalami kerusakan. Penggunaan perawatan kulit yang tidak cocok bisa membuat kulit wajah kamu menjadi kusam bahkan kasar. Agar hal itu tidak terjadi kamu bisa melakukan scrub wajah. Scrub wajah memberikan manfaat untuk meregenerasi sel kulit dan memperbaiki tekstur kulit.

5. Kandungan skincare mudah menyerap.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sel kulit mati yang menumpuk pada bagian permukaan kulit kamu bisa membuat kandungan skincare sulit untuk menembus ke lapisan kulit. Solusi dari permasalahan tersebut yakni rutin melakukan scrub wajah. Pengelupasan yang terjadi pada saat melakukan scrub wajah membuat sel kulit mati hilang sehingga dapat membantu penyerapan kandungan skincare dengan baik.

6. Mencegah penuaan dini.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Penuaan dini pada wajah ditandai dengan munculnya garis-garis halus dan kerutan. Hal ini bisa disebabkan karena bertambahnya usia dan adanya sel kulit mati yang menumpuk pada kulit. Perlu kamu ketahui bahwa kulit kita bisa meregenerasi kulit secara alami seiring berjalannya waktu. Namun karena pertambahan usia regenerasi kulit akan melambat untuk memaksimalkannya yaitu dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit. Salah satu perawatan kulit yang bisa mengatasi permasalahan ini yakni scrub wajah.

Scrub wajah memiliki kemampuan membantu regenerasi kulit dan membuat kulit kamu tampak awet muda lho. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan scrub dengan bahan dasar seperti cokelat.

7. Ampuh atasi jerawat.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Bagi kamu yang memiliki kulit wajah berjerawat, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan scrub wajah. Penyebab utama munculnya jerawat yaitu karena penumpukan kotoran dan minyak di permukaan kulit wajah. Agar jerawat tidak muncul kembali kamu bisa mengatasinya dengan melakukan scrub wajah.

Scrub wajah membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori dari kotoran dan debu. Dengan melakukan scrub wajah secara rutin permasalahan jerawat hilang dan membuat kulit jadi halus.

8. Mencerahkan kulit wajah.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/andreapiacquadio

Manfaat scrub wajah berikutnya yaitu dapat mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan teknik pemijatan yang dilakukan secara melingkar bisa menghilangkan sel kulit mati dan sirkulasi darah di area wajah meningkat sehingga proses ini bisa mencerahkan wajah secara alami.

9. Menghambat pertumbuhan rambut halus.

 Manfaat scrub wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Rambut halus bisa muncul di area sekitar wajah terutama pada bagian sekitar mulut. Bagi sejumlah orang pertumbuhan rambut halus di sekitar mulut bisa mengganggu penampilan. Maka dari itu untuk menghilangkan rambut halus mereka rela bercukur. Agar kamu tidak repot-repot untuk mencukur rambut halus berkali-kali, kamu bisa melakukan scrub secara rutin.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES