Brilio.net - Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak yang diproduksi dari buah zaitun. Minyak ini memiliki beragam manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Minyak zaitun pun banyak hadir di kalangan masyarakat dalam bentuk minyak murni, makanan, kosmetik, pelembap, hingga sabun. Beragam manfaat yang dimiliki oleh minyak zaitun ini tak terlepas dari kandungan zat yang dimilikinya.

Beberapa kandungan zat yang terdapat dalam minyak zaitun, di antaranya antioksidan, vitamin A, D, K, dan E. Nah, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Senin (21/6), manfaat minyak zaitun untuk kecantikan kulit.

1. Mengobati jerawat.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

Loading...

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, minyak zaitun memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Untuk cara penggunaannya, dapat langsung mengaplikasikan minyak zaitun murni atau menggunakan sabun cuci muka yang mengandung minyak zaitun.

2. Melembapkan kulit.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dilansir dari healthline.com, minyak zaitun dikenal dengan kemampuannya melembapkan dan menghidrasi kulit bagi pemilik kulit kering. Untuk digunakan sebagai pelembap, minyak zaitun dapat langsung diaplikasikan pada kulit, tunggu beberapa saat, dan bilas hingga bersih.

Meskipun terbilang sederhana, seseorang seringkali merasa tidak nyaman harus menghilangkan rasa lengket pada minyak zaitun. Maka dari itu, dapat pula menggunakan produk kecantikan berbahan minyak zaitun maupun mencampurkan lotion dengan minyak zaitun.

3. Mengangkat sel kulit mati.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dengan sel kulit mati yang terangkat, maka akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih sehat dan cerah. Dikutip dari Medical News Today, untuk mengangkat sel kulit mati, maka dapat menjadikan minyak zaitun sebagai eksfoliator. Caranya adalah mencampurkan minyak zaitun dengan garam untuk dijadikan scrub.

Eksfoliasi garam dan zaitun dapat mengangkat sel kulit mati tanpa terjadi iritasi, sekaligus mampu melembapkan kulit dengan baik.

4. Mencegah terjadinya penuaan.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mengutip Medical News Today, minyak zaitun kaya akan kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah terjadinya penuaan seperti kerutan atau garis halus. Cara terbaik untuk mencegah tanda-tanda penuaan dengan minyak zaitun adalah mengoleskan minyak di sekitar area mata yang mudah terjadi penuaan pada saat malam hari. Selain itu, mengoleskan minyak zaitun pada sekitar area mata juga dapat dilakukan setelah terkena paparan sinar matahari.

5. Memudarkan bekas luka.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pixabay.com

Kandungan antiokasidan, serta vitamin A dan E dalam minyak zaitun dapat bermanfaat untuk memudarkan bekas luka, serta membantu sel kulit untuk beregenerasi. Mengutip Medical News Today, cara untuk memudarkan bekas luka dengan minyak zaitun adalah memijatkan minyak zaitun murni ke bagian kulit yang memiliki bekas luka. Selain itu, dapat pula mencampurkan minyak zaitun dengan perasan lemon untuk mengatasi area kulit yang menggelap karena terjadi hiperpigmentasi akibat luka.

6. Menyamarkan stretch mark.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Stretch mark merupakan guratan warna putih yang terdapat di kulit. Stretch mark terjadi ketika kulit meregang atau melebar karena mengalami kehamilan, kenaikan berat badan, obesitas, pertumbuhan yang cepat, peningkatan massa otot yang cepat, maupun efek samping penggunaan obat tertentu. Meskipun tidak berbahaya, stretch mark seringkali terlihat kurang estetik, sehingga banyak dilakukan cara untuk memudarkannya.

Melansir Medical News Today, minyak zaitun dapat menyamarkan tampilan stretch mark dengan cara memijatkan minyak pada bagian kulit yang terdapat stretch mark.

7. Mencegah iritasi setelah cukur.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Minyak zaitun yang baik untuk melembapkan kulit ini cocok pula digunakan para pria yang biasanya mencukur jenggot atau kumis. Ketika mencukur, seringkali kulit terluka atau iritasi setelah terkena pisau cukur. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat digunakan minyak zaitun yang berfungsi seperti halnya krim cukur, sekaligus melembapkan kulit dan mengurangi potensi iritasi pada kulit.

8. Mengatasi kaki pecah-pecah.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Kaki atau tumit yang pecah-pecah berawal dari kulit kaki yang kering, terjadi penumpukan sel kulit mati, hingga kulit yang menebal. Untuk mengatasi kaki pecah-pecah, salah satu caranya adalah melakukan eksfoliasi pada bagian yang pecah-pecah. Caranya adalah mencampurkan minyak zaitun dengan air lemon, kemudian oleskan pada kaki yang pecah-pecah.

9. Menjadi lip scrub.

minyak zaitun untuk kulit © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Selain mengeksfoliasi wajah, minyak zaitun juga dapat berfungsi sebagai lip scrub atau scrub bibir. Sel-sel kulit mati pada bibir juga harus diangkat untuk menghindari bibir kering atau bibir yang pecah-pecah.

Dikutip dari thehealthy.com, cara membuat lip scrub dari minyak zaitun, yakni mencampurkan minyak tersebut dengan gula pasir, gula merah, dan madu. Dengan komposisi tersebut, sel kulit mati pada bibir tak hanya terangkat, tetapi juga dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit bibir.

Related News