Brilio.net - Ada banyak manfaat mentimun untuk wajah. Kandungan vitamin dalam mentimun sangat bagus untuk mengatasi permasalahan kulit di wajah. Mentimun memiliki sifat anti-inflamasi, ditambah dengan antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat. Tak heran bila mentimun sering dijadikan sebagai bahan baku dalam produk kecantikan.


Mentimun juga biasa disebut khira atau kheera. Di India sendiri mentimun salah satu tanaman budaya tertua yang diyakini berasal dari benua India. Tanaman merambat tersebut yang termasuk dalam famili cucurbitaceous.


Seperti diketahui, mentimun memiliki warna hijau, kulit tipis, dan memiliki biji kecil yang bisa dimakan. Biasanya mentimun paling enak disantap menjadi salad, sandwich, atau bisa juga dijadikan sebagai jus.


Kandungan kalori yang rendah pada mentimun sangat cocok untuk kamu yang ingin diet. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam mentimun dapat membantu menghidrasi kulit.

Loading...


Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat mentimun untuk wajah. Berikut rangkumannya seperti brilio.net lansir dari Healthline.com, Stycraze.com dan India.com, Selasa (18/1).


1. Mengatasi mata bengkak

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com

Mata salah satu bagian di wajah yang memiliki peran penting dan paling dilihat oleh banyak orang. Oleh sebab itu, bila ada masalah pada mata pastinya sangat mengganggu penampilan.


Masalah mata yang biasa dialami adalah mata bengkak. Penyebab munculnya mata bengkak karena jam tidur yang kurang dan mata yang lelah akibat terpapar cahaya gadget.


Kamu bisa mengatasi mata bengkak dengan menggunakan mentimun. Kandungan vitamin C dan asam folat pada timun dapat meredakan mata bengkak. Caranya, kamu bisa memotong tipis mentimun, kemudian tempelkan di area mata. Diamkan beberapa menit. Perawatan ini bisa kamu lakukan secara rutin saat malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Mengatasi flek hitam

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Flek hitam terjadi biasanya karena paparan sinar matahari yang berlebih, salah menggunakan skincare, hingga usia. Kamu bisa mengatasi masalah flek hitam dengan menggunakan masker mentimun lho.


Caranya ambil satu buah mentimun, kemudian blender hingga menjadi jus, saring mentimun dan ambil ampasnya, kemudian tambahkan satu sendok oatmeal. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit, setelah kering bilas dengan air. Kandungan anti inflamasi pada mentimun dan oatmeal sangat bagus untuk menyamarkan flek hitam.


3. Mengatasi masalah pori-pori

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Pori-pori sebenarnya memiliki manfaat yang bagus untuk kulit khususnya di wajah. Pori-pori merupakan jalur keluarnya sebum atau kelenjar minyak di wajah yang berfungsi untuk melembapkan wajah.


Pori-pori yang normal berukuran kecil, namun bila pori-pori besar justru akan menjadi masalah. Sebab pori-pori besar rentan menyumbat keluarnya kelenjar minyak di wajah, hal itu menyebabkan timbulnya jerawat.


Kamu bisa mengatasi masalah pori-pori besar dengan menggunakan mentimun. Caranya siapkan mentimun dan jadikan jus. Setelah itu campurkan secukupnya cuka sari apel, gel lidah buaya, dan bubur tomat.


Setelah itu aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air bersih. Jus mentimun ini dianggap dapat menyerap panas sehingga memberi sensasi sejuk dan dapat menutup pori-pori wajah.


4. Mengurangi keriput di area mata

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Seperti diketahui, area mata memiliki kulit tertipis di tubuh. Hal itu membuat bagian mata rentan mengalami masalah. Salah satu yang paling terlihat adalah muncul kerutan dan garis halus di area mata.

Selain sebagai tanda penuaan, munculnya garis halus dan kerutan juga disebabkan oleh faktor eksternal seperti paparan sinar matahari. Namun kini kamu bisa lho mengatasi keriput di area mata.


Caranya dengan menempelkan irisan mentimun kemudian diaplikasikan ke wajah. Kandungan air yang tinggi pada mentimun mampu menghidrasi kulit di area mata. Lakukan perawatan ini rutin setiap malam untuk hasil yang maksimal.


5. Dapat merangsang sel-sel kulit yang baru

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Manfaat mentimun untuk wajah selanjutnya adalah dapat merangsang sel-sel kulit yang baru. Kulit yang baru ini akan membuat wajah kamu tampak lebih sehat dan kenyal. Kamu bisa menggunakan mentimun untuk mendapatkan kulit kenyal kembali.


Caranya, siapkan dua irisan mentimun, satu setengah sendok makan yogurt, satu sendok teh gel lidah buaya, satu sendok teh madu dan setengah sendok teh air lemon. Haluskan mentimun kemudian campurkan bahan-bahan yang lainnya.


Setelah itu aplikasikan ke wajah secara merata, hindari bagian bibir dan mata. Diamkan 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.


6. Mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Bagi kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan pasti sering terpapar sinar matahari. Tak jarang kulit terbakar saat cuaca panas dan terik. Kulit terbakar itu akan menyebabkan kemerahan dan mengelupas.


Masalah kulit terbakar akibat paparan sinar matahari bisa diatasi dengan mentimun. Kandungan air yang tinggi pada mentimun dapat membantu kulit kamu lebih merasa tenang dan sejuk.


Kamu bisa siapkan satu mentimun yang sudah diblender, setelah itu, oleskan mentimun ke area kulit yang terbakar. Diamkan beberapa menit dan ulangi hingga kulit terasa lebih adem.


7. Meratakan warna kulit

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com

Bahan aktif dalam mentimun juga bermanfaat untuk meratakan warna kulit. Warna kulit yang tidak merata salah satu faktornya karena paparan sinar matahari. Kulit yang belang pastinya sangat mengganggu penampilan.


Kamu bisa menggunakan mentimun untuk meratakan kembali warna kulit kamu. Sebab mentimun ternyata juga memiliki kandungan whitening yang dapat memutihkan kulit dan membuat lebih glowing.


Caranya kamu bisa siapkan satu mentimun kemudian haluskan hingga mengeluarkan air, Setelah itu peras mentimun dan ambil sarinya, Oleskan pada wajah secara merata kemudian bilas dengan air bersih.


8. Mengatasi mata panda

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Mata panda atau lingkar mata yang hitam sering dialami oleh banyak orang baik pria maupun wanita. Munculnya mata panda disebabkan oleh jam tidur yang berantakan, stres, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengatasi mata panda dengan mentimun.


Kandungan antioksidan dan silika yang melimpah dalam mentimun dapat membantu memudarkan lingkaran hitam secara perlahan. Selain itu, mentimun juga dapat menenangkan pembuluh darah di sekitar mata.


Kamu bisa siapkan mentimun dan iris tipis, irisan mentimun tersebut bisa ditempelkan ke mata, tunggu sampai lima menit setelah itu lakukan seperti itu lagi.


Tak cuma itu caranya, kamu juga bisa membuat jus mentimun, kemudian ambil dua kapas dan celupkan ke jus tersebut, setelah itu tempelkan ke area bawah mata. Perawatan ini bisa dilakukan saat malam dan pagi hari.


9. Menyegarkan wajah

Manfaat mentimun pada wajah ©

foto: freepik.com


Kandungan mineral yang tinggi serta zat aktif dan vitamin dalam mentimun membuat sayuran satu ini jadi favorit masyarakat untuk mengatasi masalah kulit wajah. Mentimun juga memiliki manfaat untuk menyegarkan. Kamu bisa membuat toner mist dari mentimun.


Caranya siapkan satu mentimun yang sudah dikupas kulitnya, kemudian potong kecil-kecil, dan rebus dengan air. Setelah itu, kamu bisa blender mentimun yang sudah direbut tadi hingga halus.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)