Brilio.net - Cantik alami merupakan dambaan bagi kaum hawa. Tanpa perlu perawatan mahal hingga operasi, wajah cantik alami akan memberikan rasa percaya diri. Untuk mendapatkan kecantikan tersebut kamu bisa menggunakan banyak cara. Salah satunya adalah melakukan perawatan secara alami pula.


Nah, perawatan kecantikan bisa kamu dapatkan dengan memanfaatkan jambu biji. Kamu pasti sudah tahu bukan kalau buah jambu bergizi tinggi dan punya banyak manfaat. Sayangnya tidak semua orang tahu kalau ternyata daunnya juga bisa menjadi obat kesehatan hingga kecantikan. Daun jambu biji mengandung antioksidan, sifat antibakteri, anti-inflamasi, dan tanin. Semua kandungan itu dianggap sebagai pereda nyeri alami.


Dilansir dari boldsky.com, daun jambu biji dapat memberikan beberapa manfaat luar biasa. Kaya akan vitamin C, likopen, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kulit. Selain dengan cara dikonsumsi, daun jambu biji ini juga bisa dijadikan scrub dan masker wajah alami. Tapi buat kamu yang punya wajah sensitif, bisa mencampurnya dengan madu atau minyak zaitun.


Apa saja manfaat daun jambu biji untuk kecantikan dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (3/9).

Loading...


1. Menurunkan berat badan.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Punya badan yang ideal membuat lebih percaya diri. Daun jambu biji membantu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula, sehingga dapat mempercepat penurunan berat badan. Caranya, minumlah seduhan seperti teh atau jus daun jambu biji. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah secara rutin untuk meraup manfaatnya.


2. Mengobati jerawat dan flek hitam.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Jerawat dan bintik atau flek hitam bisa jadi sangat mengganggu dan bisa berdampak buruk pada penampilan kulit kamu. Kamu bisa menghilangkan jerawat dan flek hitam dengan daun jambu biji. Daun jambu biji efektif menghilangkan jerawat dan flek hitam dari kulit karena mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya mudah, hancurkan beberapa daun jambu biji, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan flek hitam. Diamkan selama beberapa waktu dan bilas dengan air. Untuk hasil yang maksimal, lakukan langkah ini setiap hari sampai kulit bersih.


3. Menghilangkan komedo.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Daun jambu biji bisa bekerja menghilangkan komedo dengan cepat. Caranya, haluskan daun jambu biji bersama sedikit air. Kemudian gunakan sebagai scrub di hidung untuk menghilangkan komedo yang membandel. Gosok secara perlahan. Cuci bersih dengan air. Lakukan cara ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


4. Anti penuaan.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Daun jambu biji mengandung antioksidan. Daun jambu dapat membantu menghilangkan radikal bebas yang merusak kulit dan melindunginya dari penuaan dini. Selain itu, daun jambu juga bisa membantu meningkatkan warna dan tekstur kulit. Caranya, rebus beberapa lembar daun jambu biji sampai matang, tunggu sampai hangat. Kemudian minum secara teratur.


5. Mengurangi gatal.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Gatal pada kulit hingga ruam bisa mengganggu kecantikan tubuh. Gatal pada kulit ternyata bisa menyebabkan masalah serius jika tidak segera ditangani. Apalagi jika gatal itu terjadi pada bagian wajah. Nah, daun jambu biji menjadi salah satu obat alami yang bisa mengatasi gatal karena mengandung senyawa penghambat alergi.

Caranya, bersihkan beberapa lembar daun jambu biji, tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian kulit yang gatal atau ruam.


6. Mencegah rambut rontok.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Daun jambu biji mampu meningkatkan pertumbuhan rambut karena kaya akan berbagai nutrisi dan antioksidan. Bisa juga untuk mencegah rambut rontok. Caranya, rebus segenggam daun jambu biji di satu liter air selama kurang lebih 20 menit. Tunggu sampai dingin, kemudian oleskan pada kulit kepala sembari dipijat.


7. Mencerahkan kulit.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Daun jambu biji mengandung antioksidan dan zat lain yang dapat mengeluarkan sel kulit mati. Kandungan daun jambu ini dapat membunuh bakteri, mencerahkan kulit, menjaga kehalusan kulit, serta mencerahkan kulit secara alami.

Cara pemakaiannya, campur beberapa lembar daun jambu biji dengan sejumput kunyit, dan beberapa tetes air mawar. Oleskan ke bagian kulit, diamkan selama 15 menit. Sesekali pijat secara perlahan.


8. Menyembuhkan infeksi kulit kepala.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Tidak hanya mencegah rambut rontok, daun jambu biji juga bisa menyembuhkan infeksi pada kulit kepala. Caranya, rebus beberapa lembar daun jambu, tunggu sampai hangat, oleskan pada kulit kepala, pijat secara perlahan. Diamkan selama 30 menit. Bersihkan kulit kepala menggunakan air dingin. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.


9. Menjaga kesehatan mulut dan menguatkan gigi.

daun jambu kecantikan freepik

foto: freepik.com

Daun jambu biji bersifat anti inflamasi, dapat membantu menjaga kesehatan mulut dengan baik. Daun jambu bisa dipakai untuk membersihkan mulut, mengatasi masalah sakit gigi, menguatkan gigi, gusi bengkak, bisul.

Cara memakainya, buat teh dari daun jambu biji lalu pakai untuk cuci mulut atau kumur-kumur. Kamu juga bisa menggiling daunnya menjadi pasta dan mengoleskannya ke gusi dan gigi untuk mengatasi masalah ini.

Related News