9 Manfaat centella asiatica untuk wajah, cegah tanda penuaan dini

9 Manfaat centella asiatica untuk wajah, cegah tanda penuaan dini

Brilio.net - Centella asiatica atau cica adalah tanaman tradisonal yang digunakan selama berabad-abad oleh masyarakat tradisional Asia untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satu manfaat Centella Asiatica adalah untuk perawatan kulit terutama bagi mereka yang rentan memiliki jerawat.

Centella asiatica biasa tumbuh di perkebunan, tepi jalan, ladang. Tanaman ini jarang dilirik banyak orang karena dianggap tanaman liar biasa. Tanaman ini tersebar di Asia Tenggara, seperti Tiongkok, Jepang, India, Indonesia, dan menyebar ke beberapa negara lainnya seperti Australia.

Tanaman dengan daun berwarna hijau ini berasal dari keluarga apiaceae. Banyak kandungan senyawa yang terkandung dalam daun ini dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Centella asiatica mengandung antimikroba, antioksidan, dan antivirus. Selain itu, ada juga vitamin dan mineral di dalamnya, seperti kalsium, zat besi, magnesium, kalium, vitamin A dan C, zinc, serta beta karoten.

Untuk kesehatan sendiri, manfaat centella asiatica sering dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat India dan Tiongkok yang dapat menurunkan kadar gula darah, meningkatkan mood, dan menambah daya ingat.

Sementara itu, untuk kecantikan sendiri manfaat centella asiatica untuk wajah adalah dapat membantu dalam penyembuhan luka, mencegah penuaan dini, meningkatkan produksi kolagen, dan masih banyak lagi.

Kalau zaman dahulu, centella asiatica bisa kamu dapatkan langsung dengan mengolah daun cica. Namun kini manfaat centella asiatica untuk wajah bisa kamu temukan dalam skincare.

Saat ini skincare jadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dapat penggunaan skincare, seperti mengatasi masalah kulit dan memberi nutrisi pada kulit wajah. Saat memilih skincare, pastinya kamu memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya, salah satu kandungan yang dicari masyarakat adalah centella asiatica.

Lantas apa saja sih manfaat centella asiatica untuk wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/4).

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES