1. HOME
  2. »
  3. Beauty
 

, 08 Oktober 2019 08:01

Brilio.net - Kondisi kaki dengan tumit kering dan pecah-pecah tentu tidak akan membuat kamu nyaman saat beraktivitas. Selain karena rasa perih di bagian bawah tumit, hal ini juga menurunkan rasa percaya diri saat mengenakan alas kaki terbuka.

Kondisi kaki yang pecah-pecah adalah mimpi buruk bagi sebagian wanita. Keadaan ini sebenarnya adalah masalah yang umum terjadi, terutama saat cuaca panas. Kurangnya perawatan kaki dapat menjadi salah satu faktor yang membuat kaki mudah kering serta akhirnya pecah-pecah.

Tumit pecah-pecah juga bisa disebabkan kurangnya asupan vitamin dalam tubuh. Ada beberapa cara mengobati kaki pecah-pecah dengan cepat dan alami. Cara-cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Jika kamu melakukanya secara rutin, dengan sendirinya kaki akan kembali seperti semula.

Cara berikut ini harus kamu lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Nah, berikut cara menghilangkan tumit pecah-pecah secara cepat dan alami dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (8/10).

1. Madu.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Madu memang merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk kesehatan, madu juga berfungsi untuk kecantikan. Madu sangat efektif untuk mengobati dan mencegah kaki pecah-pecah.

Caranya sangat mudah! Kamu hanya perlu mengoleskan madu pada bagian kaki yang pecah-pecah untuk membuatnya sehat kembali. Madu juga akan melembapkan kulit kaki yang kering.

2. Garam.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Garam adalah obat lain yang bisa kamu coba gunakan sebagai obat ampuh menyembuhkan kaki pecah-pecah. Bumbu dapur serbaguna ini akan menjaga kelembapan kaki dan melancarkan peredaran darah di kaki secara alami.


Caranya: campurkan garam sebanyak setengah cangkir ke air hangat di baskom. Baskom tersebut jadi tempat merendam kaki kamu nantinya. Sesudah tercampur rata, kamu dapat merendamkan kaki ke air garam hangat selama 10 menit.

Gunakan batu apung untuk menggosok-gosok bagian kaki dan rendam lagi selama 10 menit. Lalu keringkan dan gunakan pelembab untuk mengunci kelembapannya.

3. Pisang.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Pisang matang adalah salah satu bahan termurah yang bisa kamu gunakan untuk menghilankan tumit pecah-pecah. Sifat pelembap alami pada pisang mampu memberikan solusi yang alami dan cepat dalam melembutkan kaki.

Sediakan buah pisang matang, kemudian kamu hancurkan hingga menjadi adonan pasta. Setelah itu, bersihkan kaki dan oleskan pasta pisang ini langsung pada bagian yang kering dan pecah-pecah di kaki. Biarkanlah selama 10-15 menit supaya kulit kaki dapat menyerapnya dengan sempurna.

Cucilah kaki menggunakan air hangat, lalu rendamlah kaki pada air dingin selama 10 menit. Melakukan metode perawatan ini beberapa kali seminggu atau justru setiap hari akan membuat kaki kembali lembut dan mulus tanpa takut akan pecah-pecah lagi.

4. Alpukat.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Sudah bukan rahasia lagi kalau alpukat memiliki manfaat untuk kulit begitu besar. Daging buah alpukat juga baik untuk memberikan kelembapan pada kulit karena di dalamnya terdapat banyak vitamin serta mineral. Segala sel-sel kulit mati penyebab kaki kusam, kering, kasar dan pecah-pecah otomatis akan terangkat ketika menggunakan alpukat.

Pertama haluskan daging buah alpukat, lalu balurkan secukupnya pada kaki yang kering serta pecah-pecah. Jangan lupa selama mengoleskan pun kamu perlu memberikan pijatan lembut pada area kaki hingga merata. Tunggu selama beberapa menit, lalu bilas kaki dengan air biasa hingga bersih.

5. Tepung beras.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: unsplash

Tepung beras juga sangat aman untuk perawatan kaki karena memang berguna sebagai eksfoliator. Selain mengatasi kulit kaki pecah-pecah, bahan ini juga ampuh dalam mencegah kondisi tersebut. Jadikan scrub dengan menggunakan bahan satu ini untuk menjaga kesehatan kulit kaki.

Buatlah scrub dari tepung beras dengan mencampurkan segenggam tepung dengan madu serta cuka sari apel beberapa sendok teh. Aduk-aduk sampai merata dan terbentuk adonan pasta kental.

Apabila kondisi kaki kamu cukup serius, tambahkan juga minyak almond manis atau minyak zaitun sebanyak 1 sendok makan. Sebelum dioles dengan pasta tepung beras ini, pastikan kamu sudah merendam lebih dulu kaki  dalam air hangat selama 10 menit. Metode perawatan ini akan bekerja secara maksimal jika kamu melakukannya setiap hari atau setidaknya 3-4 kali dalam seminggu.

6. Jeruk nipis.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Cara menghilangkan tumit kaki yang pecah-pecah secara alami, jeruk nipis adalah bahan yang mudah dan efektif untuk kamu gunakan. Tak cuman berguna sebagai obat batuk atau dijadikan minuman, jeruk nipis merupakan bahan yang mampu menghaluskan kembali kulit kaki yang kering dan kasar.

Bagi pemilik kulit sensitif, penggunaan jeruk nipis akan memberikan sedikit efek rasa perih. Langkah penggunaan cukup mudah! Kamu cukup menyediakan 1-2 buah jeruk nipis tua kemudian belah menjadi dua bagian.

Gosokkan bagian dalam jeruk nipis secara langsung pada bagian kulit kaki kamu yang kering serta pecah-pecah. Jika kamu melakukan perawatan ini secara rutin, akan ada hasil memuaskan yang kamu dapatkan.

7. Air mawar.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Cara mengobati kaki pecah-pecah yang selanjutnya adalah dengan menggunakan campuran air mawar dan gliserin. Kedua bahan tersebut untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah. Dalam air mawar ada kandungan vitamin E, C, D, A serta B3 yang begitu tinggi, ditambah sifat antioksidan, antiseptik, dan anti-inflamasi.

Siapkan kedua bahan dalam takaran yang sama misal 1:1 dan campurkan sampai rata. Setelah itu, oleskan ke bagian kaki yang pecah-pecah beserta area lain yang kiranya kering dan kasar. Lakukan perawatan kaki ini setiap sebelum tidur agar hasil terbaik bisa kamu dapatkan.

8. Cuka putih.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Bagi kamu yang ingin memiliki kembali kaki halus dan mulus tanpa pecah-pecah, rawatlah dengan mengunakan cuka putih. Asam asetatnya akan membantu mengatasi masalah kaki pecah-pecah dan membuat pengelupasan sel kulit mati jauh lebih gampang.

Sediakan cuka putih sebanyak satu cangkir yang kemudian dicampurkan dnegan air sebanyak 2 gelas. Rendamlah kaki yang kering dan pecah-pecah ke dalam larutan ini selama 10-15 menit sampai sel-sel kulit mati terkelupas. Kemudian gosok-gosok bagian kaki dengan batu apung dan cuci.

Selanjutnya keringkan kaki yang telah digosok. Jangan lupa untuk tetap mengoleskan pelembap kaki seperti biasa supaya kelembapannya tetap terjaga dengan baik.

9. Minum air putih.

cara menghilangkan tumit pecah-pecah © 2019 brilio.net

foto: Unsplash

Kelihatannya simpel, tapi banyak orang yang lupa melakukan hal ini setiap harinya. Minum air putih sebaiknya tak hanya 3-5 gelas saja per hari, tapi 8-10 gelas untuk menghidrasi tubuh.

Ingat bahwa kaki yang pecah-pecah diawali dari kondisi tubuh yang kering. Ini bisa saja disebabkan oleh kebutuhan air putih yang tidak kamu penuhi dengan baik.

Kamu memerlukan air sebanyak 2 liter supaya kulit dapat tetap terhidrasi dengan baik sehingga kaki nantinya lama-kelamaan bakal sembuh dari pecah-pecah. Air putih merupakan salah satu cara termudah dalam mengembalikan kelembaban kulit pada tubuh kamu. Hilangnya air pada lapisan teratas kulit masih bisa dikembalikan, jadi minumlah air putih sebanyak-banyaknya setiap hari.

reporter: mgg/gusti ridani

Related News

(brl/vin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

9 Cara menghilangkan tumit pecah-pecah secara cepat dan alami.
Mudah dilakukan di rumah.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/9-cara-menghilangkan-tumit-pecah-pecah-secara-cepat-dan-alami-191007f.html
SEND


Loading...

What Do You Think

Up Next: 5 Cara menggunakan masker bibir yang benar, hasilnya optimal

Next
TOP