Brilio.net - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan minyak di wajah, misalnya melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan skincare, atau menggunakan bahan alami untuk menghilangkan minyak di wajah.

Munculnya minyak di wajah disebabkan karena kelenjar sebaceous memproduksi sebum secara berlebihan. Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak di bawah kulit. Sebenarnya, sebum memiliki manfaat untuk melembapkan kulit wajah. Namun, jika berlebihan sebum akan menyebabkan penyumbatan pori-pori hingga muncul di jerawat.

Selain karena meningkatnya produksi sebum, wajah berminyak juga disebabkan oleh perubahan hormon dan stres. Untuk itu perlu di perawatan dan cara menghilangkan minyak di wajah.

Untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak bisa menggunakan perawatan alami yang mudah didapatkan di rumah. Bagaimana dan apa saja yah bahannya? Berikut ulasannya seperti dilansir dari Healthline.co, Rabu (12/1).

Loading...

1. Oatmeal

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/martin_hetto

Cara menghilangkan minyak di wajah yang pertama kamu bisa menggunakan oatmeal. Oatmeal biasanya digunakan sebagai bahan makanan pengganti karbohidrat yang memiliki kandungan vitamin yang bagus. Namun, oatmeal juga bisa digunakan untuk eksfoliasi.

Caranya kamu bisa siapkan setengah cangkir oatmeal yang dicampur dengan air kemudian campurkan satu sendok madu dan aplikasikan ke wajah. Beri pijatan lembut pada wajah selama tiga menit kemudian diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air dan keringkan.

2. Putih telur dan lemon

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/peggychourcair

Seperti diketahui, putih telur dan lemon salah satu bahan alami yang dapat mengatasi permasalahan kulit wajah termasuk wajah berminyak. Kedua bahan itu dianggap bisa mengencangkan pori-pori.

Kandungan asam pada lemon dapat menyerap minyak. Menurut studi tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri

Cara membuatnya kamu bisa campurkan satu sendok putih telur dan satu sendok teh jus lemon. Aduk rata kemudian oleskan ke wajah hingga mengering, setelah itu bilas dengan air biasa.

3. Tomat

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/loggawiggler

Tomat merupakan buah yang enak dinikmati langsung atau sebagai campuran untuk salad. Namun, tomat juga memiliki manfaat lain, yakni dapat mengatasi masalah minyak di wajah.

Kandungan asam salisilat pada tomat dapat membantu menyerap minyak berlebih pada kulit dan membuka pori-pori.

Cara membuatnya, kamu bisa siapkan tomat yang sudah diblender halus, kemudian ambil satu sendok bubur tomat dan campurkan dengan satu sendok teh gula. Oleskan ke kulit dengan gerakan melingkar. Biarkan masker selama lima menit, kemudian bilas dengan air hangat.

4. Witch hazel

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/manfredrichter

Dari namanya, bahan ini memang asing di telinga. Witch hazel merupakan ekstrak daun semak yang bagus untuk kesehatan. Tak hanya untuk kesehatan witch hazel jua bagus untuk kecantikan. Kandungan tanin pada ekstrak itu memiliki sifat astringent dan antioksidan sehingga membantu mengecilkab pori-pori.

Kamu bisa menjadikan witch hazel sebagai toner wajah yang mudah diaplikasikan dan menyerap di kulit.

5. Lidah buaya

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/marcegalar

Lidah buaya salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Dari uji klinis sendiri, lidah buaya memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, dan penyembuhan luka. Selain itu lidah buaya juga bagus untuk kulit berminyak. Kamu bisa oleskan gel lidah buaya ke wajah setiap hari dan diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air biasa.

6. Kopi

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/christoph

Selain enak dinikmati saat waktu kapanpun, kopi ternyata juga bagus untuk kecantikan. Kopi mengandung antioksidan dan merangsang sintesis elastin dan kolagen, sehingga membantu meningkatkan kekencangan kulit. Antioksidan yang ada dalam kopi membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Menerapkan kopi langsung ke wajah dapat membantu mengurangi munculnya bintik matahari, kemerahan, dan garis-garis halus.

Sifat anti-inflamasi kopi membantu mengurangi hiperpigmentasi dan peradangan. Kopi juga memiliki sifat antibakteri yang membantu memerangi jerawat. Baik sifat anti-inflamasi dan antibakteri kopi dapat dikaitkan dengan adanya asam klorogenat.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok kopi dengan madu. Setelah jadi pasta, oleskan ke wajah secara merata dan jadikan campuran itu sebagai scrub. Setelah itu cuci dengan air hangat.

7. Mentimun

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/krzys16

Mentimun tak hanya enak dinikmati langsung atau menjadi salad, tapi juga kaya manfaat untuk wajah. Mentimun diklaim sebagai obat alami untuk menyembuhkan kulit berminyak. Kandungan astringent pada mentimun dapat menghidrasi dan membantu mengencangkan pori-pori.

Mentimun mengandung sekitar 90 persen air, yang membantu menjaga kulit terhidrasi dan lembap, tanpa membuatnya berminyak.

Sifat astringen pada mentimun juga membantu menghilangkan kelebihan sebum, kotoran, dan sel kulit mati dari permukaan kulit. Mentimun kaya akan vitamin C, yang membantu mengurangi sekresi minyak dan mencerahkan kulit.

Caranya kamu bisa membuat masker wajah, blender halus mentimun kemudian campurkan dengan satu putih telur. Setelah tercampur, tambahkan satu sendok teh jus lemon. Oleskan pada wajah dan diamkan 15-30 menit. Setelah itu bilas dengan air biasa.

8. Buttermilk

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/markusspike

Buttermilk memiliki kandungan asam laktat yang dapat digunakan dalam semua jenis perawatan kulit karena membantu memperbaiki tekstur kulit. Selain itu, secara alami buttermilk juga dapat mengurangi produksi sebum berlebih.

Caranya kamu bisa campurkan secukupnya buttermilk dan oatmeal, kemudian aplikasikan ke wajah sebagai scrub. Lakukan perawatan ini satu minggu sekali.

9. Kacang almond

Cara menghilangkan minyak di wajah ©

foto: Pixabay.com/stevepb

Cara menghilangkan minyak di wajah selanjutnya adalah dengan kacang almond. Kamu bisa membuat scrub dari kacang almond. Caranya haluskan almond mentah, tambahkan dua sendok makan madu, kemudian oleskan ke wajah secara lembut sambil diberi pijatan dengan gerakan memutar. Setelah itu bilas dengan air biasa.

Related News