Brilio.net - Setiap orang pastinya memiliki pori-pori wajah. Sebanyak 20 ribu pori-pori ada di wajah. Tak hanya semata sebagai masalah, ternyata pori-pori juga memiliki manfaat lho. Pori-pori memiliki peran penting sebagai jalur bagi sebum untuk bisa sampai ke permukaan kulit. Sebum yang keluar pada kulit akan membuat wajah lebih sehat.

Namun banyak orang yang justru mengalami masalah pada pori-pori wajah. Salah satunya adalah pori-pori yang terlalu besar. Pori-pori yang terlalu besar ini dapat memicu kulit mati dan kotoran di wajah tersumbat di pori-pori, hal itu menyebabkan penumpukan minyak dan membuat wajah kusam dan berjerawat.

Membesarnya pori-pori wajah disebabkan karena produksi sebum yang berlebihan. Selain itu, penyebab pori-pori membesar lainnya karena faktor genetik, hormon, paparan sinar matahari secara berlebihan, pertambahan usia, merokok, jenis kelamin, terlalu sering cuci muka, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, pori-pori wajah membesar ini tidak memiliki risiko yang membahayakan, namun dapat mengganggu penampilan. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori wajah. Salah satunya dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Lantas apa saja ya bahan alami yang dapat mengecilkan pori-pori wajah? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari Healthshots dan Timesofindia, Senin (17/1).

1. Es batu.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/dragon77

Es batu salah satu bahan alami yang dapat membantu mengecilkan pori pori wajah. Sensasi dingin pada es batu efektif mengecilkan pori-pori. Selain itu es batu juga dapat membantu melembapkan kulit.

Untuk mendapatkan efek tersebut, kamu bisa mengoleskan es batu ke wajah yang sudah dibersihkan. Lakukan perawatan ini saat malam hari ketika ingin tidur. Kamu bisa menggunakan perawatan ini setiap malam untuk mendapatkan hasilnya.

2. Putih telur.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/peggychoucair

Putih telur memiliki banyak manfaat untuk wajah, selain mengencangkan dan melembapkan kulit, putih telur juga dapat membantu mengecilkan pori-pori. Kamu bisa menjadikan putih telur sebagai masker wajah. Untuk membuat masker ini, kamu bisa oleskan putih telur ke area wajah, kemudian tutupi wajah dengan tisu, kemudian oleskan lagi dengan putih telur. Diamkan selama 15 menit, lalu angkat tisu yang menempel di wajah secara perlahan. Kamu bisa melakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

3. Gula pasir.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/bru-nO

Mengecilkan pori-pori wajah dengan gula pasir juga bisa dilakukan. Kamu bisa menjadikan gula sebagai scrub alami. Scrub gula ini bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membantu mengecilkan pori-pori.

Cara menggunakannya, siapkan satu buah lemon yang dipotong dua, kemudian tambahkan sedikit gula pasir di permukaan lemon. Setelah itu oleskan ke wajah dengan gerakan memutar. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Cara lainnya, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan gula, kemudian usapkan ke wajah sambil dipijat perlahan. Setelah itu bilas dengan air biasa.

4. Tomat.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/kie-ker

Tomat tak hanya sebagai sayuran yang enak disantap dengan berbagai olahan. Tomat juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan, salah satunya untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan likopen dan antioksidan pada tomat dapat memperlambat proses penuaan kulit. Selain itu tomat memiliki sifat astringent yang dapat menghilangkan minyak berlebih, mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.

Kamu bisa siapkan satu buah tomat dan blender hingga halus. Setelah itu campurkan dengan tiga sampai empat teteh jus lemon. Setelah semua bahan tercampur, oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

5. Cuka apel.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/veronicatxoxo

Cuka apel memiliki sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengobati jerawat. Selain itu cuka apel juga dapat mengecilkan pori-pori dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Kamu bisa mencampurkan satu sendok cuka apel dengan satu sendok teh air. Siapkan bola kapas dan direndam ke cairan tersebut. Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan lima sampai 10 menit, lalu bilas dengan air biasa.

6. Multani mitti.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/mareefa

Bagi kamu yang masih asing dengan multani mitti, ini merupakan bahan alami untuk mengatasi masalah pori-pori wajah. Bahan ini juga biasa dikenal dengan fuller's earth atau sejenis lumpur tanah liat dengan kandungan mineral tinggi, antara lain magnesium, silika, kuarsa, kalsium, besi, kalsit, dan dolomit. Bahan ini dipercaya dapat mudah menyerap minyak pada wajah.

Untuk melihat hasilnya, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh air mawar kemudian aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta yang dihasilkan secara merata di wajah. Biarkan hingga benar-benar kering dan gosok dengan gerakan melingkar dengan sedikit air untuk menggosok semuanya. Bilas wajah dengan air dingin.

7. Kunyit.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay.com/ajale

Kunyit salah satu rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat tak hanya untuk kesehatan tapi juga kecantikan. Kunyit memiliki sifat antibakteri yang terbukti mampu pengecilan pori-pori. Kamu bisa siapkan satu sendok teh kunyit bubuk, campurkan dengan air secukupnya. Setelah tercampur dan menjadi pasta, oleskan ke wajah secara merata, biarkan selama 10 menit dan cuci dengan air dingin.

8. Oatmeal.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay.com/martin_hetto

Mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami bisa dengan oatmeal. Oatmeal dianggap sebagai eksfoliator yang bagus yang dapat menyerap minyak dan kotoran, dan bisa membantu mengecilkan pori-pori di wajah.
Untuk mengecilkan pori-pori, kamu bisa mencampurkan dua sendok makan oatmeal dengan satu sendok makan susu cair. Setelah itu aplikasikan ke wajah secara merata, setelah setengah kering gosok wajah secara lembut. Setelah itu bilas dengan air biasa.

9. Soda kue.

Cara mengecilkan pori-pori ©

foto: Pixabay/naturefriend

Soda kue memiliki efek yang sama dengan gula pasir. Selain itu, soda kue juga dapat membantu dalam menyeimbangkan tingkat pH kulit. Sifat antiinflamasi dan antibakterinya membantu mengurangi jerawat dan membantu mengecilkan pori-pori wajah.

Kamu perlu menambahkan dua sendok makan soda kue ke dalam dua sendok makan air hangat. Setelah itu oleskan campuran tersebut ke wajah sambil diberi pijatan dengan gerakan melingkar. Biarkan selama lima menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)