Brilio.net - Ada banyak cara mengatasi kulit wajah kering. Mulai dari perawatan kecantikan, hingga menggunakan perawatan alami yang dapat membuat wajah lembap dan sehat kembali.

Ya, permasalahan kulit wajah yang kering memang sering dialami oleh banyak orang. Kulit kering disebabkan karena banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, penggunaan skincare yang tidak cocok, dan masih banyak lagi.

Kulit kering biasa disebut juga dengan xerosis. Dilansir dari Healthline, xerosis merupakan masalah di mana kulit mengalami kekurangan kelembapan pada cairan terluarnya. Kulit yang kering pastinya rentang dengan wajah kusam, mudah iritasi, dan tidak menarik dalam berpenampilan.

Seseorang yang mengalami masalah xerosis atau kulit kering pada wajahnya dapat melakukan berbagai cara untuk kembali menutrisi kulit. Menurut Direktur Program Residensi dan Wakil Ketua Departemen Dermatologi di Klinik Cleveland di Ohio, dr Christine Poblete-Lopez, kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung bahan aktif untuk kembali menutrisi kulit. Namun, saat memilih pelembap dengan bahan kimia perlu diperhatikan juga keamanannya agar tidak membuat kulit mudah iritasi.

Loading...

"Sekarang ini banyak produk skincare yang mengandung alkohol dan wewangian yang menyebabkan wajah semakin kering dan iritasi. Jadi sebaiknya pilih produk yang tepat agar tidak menambah masalah lain di kulit kamu," ucap Poblete.

Namun, saat ini ada cara mengatasi kulit wajah kering dengan bahan alami yang pastinya aman untuk kulit. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/1).

1. Minyak Kelapa

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/moho01

Menurut sebuah studi tahun 2014, minyak kelapa efektif sebagai cara mengatasi kulit wajah kering. Secara signifikan kelapa dapat meningkatkan hidrasi kulit dan meningkatkan jumlah lipid (lemak) pada permukaan kulit.

Selain itu, menurut penelitian tahun 2016, minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien. Emolien adalah lemak atau minyak yang bertindak sebagai pelembap dengan mengisi celah di kulit kering dan mampu menghaluskan kulit.

Kamu bisa mengaplikasikan minyak kelapa atau virgin oil saat malam hari. Jadikan minyak kelapa sebagai pelembap malam. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari untuk dapatkan hasil yang optimal.

2. Alpukat

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/coyot

Kamu juga bisa menggunakan buah alpukat sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kulit kering. Caranya kamu bisa menghaluskan alpukat dan mencampurkannya dengan satu sendok teh minyak zaitun. Setelah itu tambahkan satu sendok makan madu.

Aplikasikan pada wajah seperti masker wajah, diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air biasa. Kandungan alami dari ramuan masker itu dipercaya mampu menghidrasi kulit.

3. Minyak Zaitun

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/stevepb

Selain itu kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun untuk melembapkan kulit. Caranya campurkan secangkir kecil gula dan dua sendok makan minyak zaitun. Setelah tercampur rata, oleskan pada wajah sebagai scrub alami. Scrub ini tak hanya dapat melembapkan kulit tapi juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah.

4. Oatmeal

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/martin_hetto

Dilansir dari Women's Health, oatmeal mengandung antiperadangan dan senyawa antioksidan seperti vitamin E, asam ferulic, dan avenanthramide. Kandungan tersebut dapat mengatasi permasalahan kulit, salah satunya kulit kering.

Kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai eksfoliator alami. Caranya campurkan dua sendok makan oatmeal, satu sendok makan madu, dan sedikit air. Campur hingga merata, kemudian oleskan ke wajah secara merata sambil diberi pijatan halus. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa. Lakukan perawatan itu satu kali dalam seminggu.

5. Lidah Buaya

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/mozo190

Menurut sebuah studi tahun 2003, gel lidah buata dapat membantu meredakan kulit kering dan menghidrasi kulitsecara alami.

Caranya sangat mudah, kamu bisa oleskan gel lidah buaya secara merata rutin pada malam hari. Kemudian diamkan hingga mengering. Kamu bisa jadikan gel lidah buaya ini sebagai alas sebelum menggunakan night cream.

6. Apel

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/lumix2004

Selain dikenal sebagai buah yang mampu meremajakan kulit, apel juga memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit. Di dalam buah apel mengandung zat kalium dan tannin yang bermanfaat untuk mejaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan dapat membuat kulit lebih glowing.

Kamu bisa mendapatkan manfaat buah apel dengan cara parut satu buah apel kemudian ampas dari parutan buah apel itu oleskan ke wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air biasa.

7. Minyak Almond

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/silviarita

Minyak almond salah satu bahan alami dan terbaik yang ampuh mengatasi masalah kulit kering dan pecah-pecah. Caranya mudah sekali, cukup oleskan minyak almond secukupnya pada wajah dan daerah kulit kering lainnya. Agar lebih optimal, gunakanlah sebelum mandi.

8. Kuning Telur

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/stevepb

Telur kuning salah satu makanan favorit yang selalu jadi rebutan. Kuning telur mengandung protein tinggi yang bagus untuk kesehatan. Selain itu, kuning telur juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa mengatasi masalah kulit kering dengan kuning telur.

Caranya, campurkan satu sendok kuning telur dengan satu sendok teh madu dan dua sendok teh susu bubuk. Aduk sampai merata hingga menjadi pasta, setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Mentimun

Cara mengatasi kulit wajah kering ©

foto: Pixabay.com/monika1607

Mentimun mengandung air yang sangat tinggi yang dapat membantu menghidrasi kulit wajah. Cara menggunakannya kamu bisa membuat masker mentimun. Parut satu buah mentimun kemudian oleskan pada wajah secara merata. Setelah itu diamkan selama 15 menit hingga meresap, dan bilas dengan air biasa.

Related News