Brilio.net - Ada banyak cara membuat masker wajah yang alami untuk anak-anak. Kita tahu, anak-anak merupakan usia di mana mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Melihat ibu atau anggota keluarganya yang lain melakukan sesuatu, pasti mereka ingin mencoba. Salah satunya dengan menggunakan makeup atau skincare.


Namun, memberikan anak-anak skincare atau makeup orang dewasa pastinya tidak dianjurkan. Sebab saat usia masih anak-anak mereka memiliki kulit yang sangat sensitif. Bila terkena bahan kimia, akan mengalami masalah serius seperti alergi atau iritasi.

Oleh sebab itu, kalaupun kamu yang ingin mengajak anak, adik, atau ponakan menggunakan skincare, ada lho bahan-bahan alami yang bisa mereka gunakan. Salah satunya adalah masker wajah menggunakan bahan alami.

Loading...


Masker wajah untuk anak-anak ini pembuatannya sangat mudah. Bahkan bahan-bahan yang digunakan pun hampir semua bisa ditemukan di warung dan supermarket. Melakukan aktivitas dengan membuat masker sendiri di rumah juga bisa sebagai bentuk bonding antara orang tua dengan anak-anak.


Nah kali ini brilio.net akan merangkum bahan-bahan apa saja yang bisa digunakan untuk membuat masker anak-anak. Yuk simak bahan dan cara membuatnya seperti dilansir dari Boldsky.com, Stylesatlife.com, Selasa (18/1).

1. Masker stroberi

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Masker wajah yang aman untuk anak-anak yang pertama dengan masker stroberi. Tak hanya rasanya yang lezat, bentuk dan warnanya yang cantik juga jadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak.


Selain itu stroberi juga memiliki kandungan yang bagus untuk kulit seperti asam alfa hidroksi yang dapat menghilangkan sel kulit mati, asam salisilat membantu menghilangkan minyak kulit berlebih yang dapat menyebabkan jerawat dan ada kandungan anti-inflamasi dan antimikroba yang dapat membuat kulit anak lebih sehat dan bersih.


Cara membuat masker stroberi, kamu bisa siapkan beberapa buah stroberi, kemudian blender hingga halus, campurkan dengan satu sendok teh minyak vitamin E dan madu mentah, aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah anak sambil dibimbing. Jauhi area mata dan mulut. setelah itu bilas dengan air hangat.


2. Masker madu

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Pasti kamu tahu kalau madu salah satu bahan alami yang aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Bahkan madu selalu dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah. Kamu juga bisa membuat masker madu untuk anak-anak. Kandungan antijamur, antiseptik, dan antibakteri pada jamur dapat membantu menutrisi kulit wajah anak.


Cara membuatnya, kamu bisa siapkan satu sendok madu tanpa rasa, kemudian oleskan pada wajah anak secara merata. Diamkan 5-10 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.


3. Masker pisang

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Pisang salah satu makanan yang enak disantap langsung atau diolah jadi kue. Namun ternyata buah pisang juga bisa jadi masker wajah yang aman untuk anak-anak lho. Kamu bisa mencampurkan madu dan pisang menjadi masker. Sifat antibakteri dan emolien dari madu dapat mengenyalkan kulit wajah.


Cara membuatnya kamu bisa siapkan setengah pisang dan satu sendok teh madu. Haluskan pisang dan campur dengan madu hingga
menjadi bubur setelah itu aplikasikan masker ke wajah, hindari area mata dan mulutnya. Diamkan 10-15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.


4. Masker mentimun

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com

Mentimun salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah. Mentimun juga sering dijadikan sebagai bahan alami pembuatan skincare.


Kamu juga bisa mengajak adik, keponakan, atau anak kamu untuk membuat masker wajah dari mentimun. Caranya sangat mudah, cukup iris tipis mentimun, kemudian tempelkan di wajah. Mentimun ini juga aman digunakan di area mata.


Selain itu, kamu juga bisa mengolah masker timun dengan menyiapkan setengah cangkir yogurt tanpa rasa kemudian campurkan dengan minyak vitamin E. Setelah itu, campurkan satu timun yang sudah dihaluskan. Setelah tercampur rata, aplikasikan ke wajah dan leher secara merata. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.


5. Masker pepaya

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Kandungan vitamin pada pepaya sangat bagus untuk kulit wajah, kamu juga bisa menjadikan pepaya sebagai bahan alami untuk membuat masker wajah anak. Pepaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Kandungan beta karoten pada pepaya dapat mencerahkan wajah secara alami.


Caranya sediakan dua sampai tiga potong besar pepaya matang, setelah itu siapkan setelah sendok makan madu dan enak tetes jeruk nipis. Haluskan pepaya dan campurkan semua bahan. Setelah itu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.


6. Masker alpukat

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Alpukat salah satu buah yang kaya akan vitamin seperti vitamin K, C, E, dan B, ada juga kandungan asam lemak omega-3, beta-karoten, asam pantotenat, kalium, magnesium, folat, niacin, dan riboflavin. Semua kandungan ini sangat bagus untuk kulit. Kamu bisa jadikan alpukat sebagai masker yang aman untuk anak-anak.


Caranya, Siapkan setengah buah alpukat, kemudian haluskan, campurkan satu sendok madu dan minyak vitamin E. Setelah itu oleskan pada wajah dan hindari mata dan mulut. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.


7. Masker yogurt

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan mengencangkan pori-pori. Kandungan zinc, vitamin B dan kalsium dalam yogurt juga dapat menangkal radikal bebas.


Kamu bisa menyiapkan satu sendok teh yogurt dan madu. Kemudian aduk hingga rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.


8. Masker cokelat

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Cokelat salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang termasuk anak-anak. Kamu juga bisa menjadikan cokelat sebagai masker wajah. Cokelat kaya kandungan antioksidan dan sifat regeneratif dari yang dapat meningkatkan hidrasi dan memperbaiki tekstur kasar di wajah.


Caranya kamu bisa siapkan satu sendok makan cokelat bubuk kakao dan minyak kelapa yang sudah dipanaskan dengan metode double boiler. Aduk hingga rata, setelah itu aplikasikan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air biasa.


9. Masker putih telur

Membuat masker wajah yang aman untuk anak-anak ©

foto: freepik.com


Membuat masker wajah dengan bahan alami yang aman untuk anak-anak selanjutnya dengan menggunakan putih telur. Putih telur dipercaya efektif dapat mencerahkan wajah dan mengatasi noda hitam di wajah,


Cara membuat masker ini, kamu bisa siapkan satu butir putih telur, dua sendok teh lemon, dan setengah sendok teh madu. Setelah itu aduk hingga merata dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air dingin.

(brl/lea)

Related News

(brl/lea)