Brilio.net - Mempunyai wajah sehat, cantik alami, dan berseri merupakan dambaan semua wanita. Memiliki wajah kusam, tidak halus, dan tidak berseri membuat wanita tidak percaya diri. Untuk memiliki wajah cantik natural alami, kamu tidak harus mengeluarkan budget banyak. Banyak cara yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan alam sekitar. Salah satunya yaitu dengan menggunakan masker wajah alami.

Wajah cantik tidak harus menggunakan perawatan mahal dengan harga ratusan atau bahkan jutaan rupiah. Namun hanya dengan menggunakan masker dari bahan alami, kamu sudah bisa memiliki wajah natural dan sehat. Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, kamu hanya mengeluarkan budget lebih murah dan tentunya tidak berbahaya untuk kesehatan kulit kamu.

Dilansir brilio.net dari Elle, salah satu manfaat yang akan didapat dari menggunakan masker dari bahan alami yaitu untuk mengecilkan pori-pori dan menghilangkan noda di wajah. Namun yang membuat menarik dari masker alami berguna untuk menghilangkan stres karena pengaruh dari lingkungan sekitar.

Agar tidak bingung mengenai bahan yang bisa digunakan untuk membuat masker alami, berikut ini brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/02).

1. Alpukat.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/tookapic

Bahan alami pertama yang bisa digunakan yaitu alpukat. Alpukat memiliki kandungan bahan-bahan bergizi yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan yang ada di dalam alpukat adalah nutrisi, lemak sehat, kalium, dan vitamin B. Semua kandungan tersebut membuat alpukat bermanfaat untuk melembapkan dan dapat mengeksfoliasi kulit.

Cara membuat alpukat untuk dijadikan sebagai masker wajah, sebagai berikut :

- Campurkan 1/2 buah alpukat matang
- Lalu campurkan 2 sendok makan. oatmeal, 1 butir putih telur, dan 1 sendok teh perasan lemon.
- Aduk secara merata bahan-bahan tersebut.

Jika bahan sudah siap semua, langkah selanjutnya yaitu oleskan ke wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Dan jika sudah mengering bilaslah dengan air hangat.

2. Jeruk nipis.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan yang ada di dalam jeruk nipis ini akan membantu untuk mengatasi jerawat yang muncul secara tiba-tiba. Selain untuk membantu mencegah jerawat, masker dengan bahan jeruk nipis berguna untuk mencerahkan wajah, dan mengontrol produksi minyak berlebihan.

Tidak hanya itu saja, jeruk nipis berguna untuk mengangkat sel kulit mati. Jika jeruk nipis menjadi bahan utama yang kamu pilih. Kamu harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Karena penggunaan jeruk nipis bisa mengakibatkan iritasi. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis dengan pemakaian 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Cara membuat masker dari jeruk nipis :

- Sediakan satu buah jeruk nipis, lalu potong menjadi dua bagian.
- Jika sudah, oleskan secara merata ke wajah.
- Diamkan hingga mengering kurang lebih selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Lemon.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/stevebuissinne

Sama halnya seperti jeruk nipis, lemon memiliki kandungan dan vitamin C. Selain kedua kandungan tersebut, terdapat kandungan lain seperti asam alpha hidroksi. Kandungan ini yang membuat lemon dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas. Dengan menggunakan masker lemon, wajah kamu akan kembali menjadi lebih segar, glowing. Yang perlu kamu ketahui dari lemon, berguna untuk alat bleaching secara alami.

Cara membuat masker lemon:

- Perasaan air lemon dioleskan secara merata ke area wajah
- Lalu diamkan sebentar kurang lebih selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat.

4. Oatmeal.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/xiaoji

Oatmeal ternyata tidak hanya untuk dikonsumsi saja, tapi bisa berguna untuk perawatan wajah. Oatmeal memiliki kinerja untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Dengan begitu wajah akan menjadi cerah. Tidak hanya cerah yang kamu dapat, kamu juga akan mendapatkan wajah halus dengan menggunakan masker oatmeal. Selain itu oatmeal mengatasi terjadinya penyumbatan pori-pori.

Cara membuat masker oatmeal :

- Campurkan oatmeal dengan air hangat.
- Aduk hingga rata, hingga terlihat seperti krim.
- Kemudian diamkan sebentar hingga mencapai suhu ruangan.
- Jika sudah, tinggal oleskan saja ke wajah dan diamkan kurang lebih 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air biasa.

5. Kopi.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/martinagiuffrida

Kopi tidak hanya untuk mengatasi rasa kantuk. Tetapi kopi memiliki manfaat untuk perawatan wajah. Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan masker kopi. Kopi yang digunakan untuk perawatan wajah berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, mengobati jerawat, mengatasi hiperpigmentasi, dan mengencangkan kulit.

Cara membuat masker kopi:

- Sediakan minyak zaitun dan kopi bubuk.
- Campurkan minyak zaitun dengan kopi bubuk.
- Kemudian campurkan kedua bahan.
- Oleskan masker kopi dan minyak zaitun dengan gerakan melingkar.
- Diamkan kurang lebih selama 15 hingga 60 menit dan bila sudah kering, bilas dengan air hangat.

6. Tomat.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/kie-ker

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat masker yaitu tomat. Tomat memiliki khasiat untuk memutihkan wajah. Kandungan dalam tomat seperti vitamin C, membuat tomat memiliki kinerja lebih cepat untuk membantu produksi kolagen dalam kulit. Kebutuhan kolagen dalam kulit yang tercukupi akan memberikan manfaat seperti kulit menjadi kencang, produksi melanin terkontrol, dan membuat kulit tetap kenyal.

Cara membuat masker tomat:

- Haluskan satu buah tomat segar.
- Jika sudah halus, lalu campurkan dengan 1 sdm madu, aduk hingga rata.
- Oleskan secara merata ke wajah, diamkan hingga 15 menit.
- Langkah terakhir bersihkan muka dengan menggunakan air dingin.

7. Pisang.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/toshiharuwatanabe

Buah pisang ternyata bisa digunakan sebagai masker. Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Dengan adanya kandungan vitamin C ini lah yang akan membuat wajah kamu menjadi lebih cerah alami. Kamu bisa menggunakan semua jenis buah pisang. Cara membuatnya pun cukup mudah.

- Haluskan buah pisang.
- Kemudian tambahkan 1 sdm madu, aduk hingga rata.
- Dan oleskan ke wajah, jika sudah diamkan hingga beberapa saat. Kurang lebih selama 20 menit. Dan bilas dengan air biasa.

8. Jeruk.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/S.Hermann&F.richter

Selain jeruk nipis dan lemon, jeruk juga bisa digunakan sebagai masker alami. Kandungan air jeruk yang melimpah dan kaya akann vitamin C berguna untuk kecantikan wajah. Jika rutin menggunakannya, wajah kamu akan terlihat lebih bersih, segar, dan cerah. Jika kamu ingin membuat masker dari jeruk, langkahnya sebagai berikut :

- Pertama-tama, peras terlebih dahulu air jeruk.
- Kemudian oleskan pada wajah secara merata.
- Diamkan hingga beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

9. Kentang.

Cara membuat masker wajah alami Berbagai sumber

foto: Pixabay/Couleur

Kentang memiliki kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini lah yang bermanfaat untuk kecantikan, yakni menyamarkan flek hitam di wajah dan bisa untuk meregenerasi kulit.

Caranya, antara lain:

- Haluskan satu buah kentang yang sudah direbus.
- Lalu haluskan dengan 2 sdm susu.
- Setelah itu, kamu hanya perlu mengoleskan ke wajah.
- Biarkan hingga kering, kurang lebih 34 menit dan bilas dengan air bersih.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)