Brilio.net - Rambut sehat, lembut, dan bebas dari kerontokan adalah harapan bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, rambut harus dirawat dengan baik agar tetap terlihat indah. Tak hanya dengan sampo saja, rambut membutuhkan nutrisi dari bahan-bahan alami yang mampu mengatasi berbagai permasalahan rambut hingga membuatnya menjadi lebih sehat.

Menurut laman Healthline, rambut terdiri atas tiga lapisan. Dalam kondisi normal, minyak alami di lapisan luar rambut akan membantu melindungi lapisan dalam rambut. Minyak tersebut dapat memantulkan cahaya, sehingga rambut sehat akan tampak berkilau.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan adalah santan kelapa. Pasalnya santan dapat mengembalikan kelembapan serta kekuatan rambut. Manfaat santan untuk rambut masih berkaitan dengan kelapa yang memiliki kandungan minyak sehat. Minyak kelapa juga telah banyak disebut-sebut sebagai sumber lemak bernutrisi.

Selain itu, santan memiliki kandungan vitamin C, E, B1, B3, B5, dan B6 serta zat besi, selenium, natrium, kalsium, magnesium, dan fosfor. Perawatan santan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan meremajakan rambut kering dan rusak.

Santan juga mengandung vitamin B 12 dan seng yang membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Vitamin E-nya juga melawan kerusakan akibat radikal bebas yang bisa merusak rambut.

Manfaat minyak santan kelapa bisa didapat dari penggunaan sampo atau kondisioner yang mengandung bahan ini. Santan kelapa juga bisa dijadikan masker rambut rumahan untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Berikut beberapa cara memanfaatkan santan kelapa untuk kecantikan rambut, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (17/6).

(brl/ola)

Related News