Brilio.net - Rambut sehat, lembut, dan mudah diatur merupakan impian hampir semua orang. Karena pada dasarnya, rambut adalah aset yang dapat menunjang penampilan. Oleh karena itu, rambut perlu dirawat agar keindahan dan kesehatannya tetap terjaga. Namun, rambut rentan terkena berbagai masalah seperti rambut rontok, patah, bercabang, hingga berketombe. Salah satu penyebab dari berbagai masalah tersebut adalah rambut kering.

Menurut laman Healthline, rambut terdiri atas tiga lapisan. Dalam kondisi normal, minyak alami di lapisan luar rambut akan membantu melindungi lapisan dalam rambut. Minyak tersebut dapat memantulkan cahaya, sehingga rambut sehat akan tampak berkilau. Rambut kering terjadi ketika rambut tidak mendapatkan atau mempertahankan kelembapan yang cukup. Kondisi rambut kering mengurangi kilaunya dan membuat rambut tampak kusut dan kusam. Penyebab rambut kering utamanya berasal dari kurangnya minyak pelembap alami, atau kelembapan rambut yang tidak terjaga.

Rambut kering disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pengaruh usia, perawatan rambut yang salah, masalah kesehatan, dan sebagainya. Tak hanya itu, rambut kering juga disebabkan karena produksi minyak di bawah rata-rata yang disebabkan karena beberapa hal seperti terlalu sering melakukan styling rambut dengan temperatur tinggi, terlalu banyak terpapar sinar matahari berlebih, hingga penggunaan produk-produk bahan kimia yang justru merusak rambut.

Namun kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa memanfaatkan buah-buahan untuk menjadikannya masker rambut. Masker buah-buahan ini diklaim mampu menutrisi rambut dan menyehatkannya sekaligus membuatnya lembap dan lembut. Seperti sembilan cara lembapkan rambut pakai masker buah-buahan berikut ini, yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/6).

(brl/lin)

Related News