Brilio.net - Seiring berkembangnya zaman, banyak inovasi yang dilakukan pada produk kecantikan. Dari mulai menambahkan bahan alami hingga kimia.

Untuk bahan alami, salah satu jenis rempah yang saat ini tengah booming digunakan untuk merawat kecantikan yaitu saffron. Saffron adalah rempah termahal di dunia yang berasal dari tanaman saffron crocus. Rempah ini dibanderol dengan harga Rp 7 juta-70 juta setiap 500 gramnya, tergantung kualitas.

Saffron sebagian besar dibudidayakan di Iran dan beberapa negara lain termasuk Spanyol, India, dan Yunani. Selain digunakan untuk membumbui hidangan khusus, saffron juga dikenal memiliki banyak manfaat kecantikan.

Saffron mengandung lebih dari 150 senyawa kimia yang merupakan antioksidan kuat. Beberapa di antaranya, yaitu crocetin dan crocin, picrocrocin, dan safranal yang bertanggung jawab atas warna, rasa, dan bau saffron.

Loading...

Crocin dalam saffron tidak hanya membantu menangkis polusi, tetapi juga dapat membantu meningkatkan kecerahan pada kulit, mengurangi garis dan kerutan, mengangkat, mengencangkan, meningkatkan kecerahan, hidrasi, warna kulit, tekstur kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan kulit.

Berikut delapan manfaat saffron untuk kecantikan dan cara menggunakannya, brilio.net lansir dari femina.in pada Senin (16/11).

1. Mengobati jerawat.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Dengan kualitas antibakteri dan antiinflamasi yang luar biasa, saffron merupakan bahan yang ideal untuk mengobati jerawat. Saffron memiliki sifat obat yang dapat membantu membersihkan kulit yang rentan berjerawat.

Caranya, ambil 5-6 lembar daun kemangi segar dan 10 helai saffron. Rendam dalam air bersih, buat menjadi pasta dan gunakan pada jerawat untuk membersihkannya.

2. Mengurangi pigmentasi kulit.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saffron bisa menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengurangi pigmentasi, flek hitam dan noda pada kulit lainnya seperti noda bekas jerawat.

Caranya, rendam beberapa helai saffron dalam air bersih. Kemudian tambahkan 2 sdm guguk kunyit sampai membentuk pasta. Kemudian oleskan pada kulit yang mengalami pigemntasi.

3. Menyembuhkan luka.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Luka pada kulit seringkali membuat seseorang kehilangan kepercayaan dirinya. Saffron memiliki khasiat penyembuhan yang dapat mempercepat proses pemulihan kulit. Mengoleskan saffron pada luka atau kulit yang terluka akan mempercepat penyembuhannya. Saffron juga membantu meringankan bekas luka dalam jangka panjang.

Caranya, rendam 2 sdt saffron dalam air dan hancurkan hingga menjadi pasata. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan langsung pada bekas luka. Aplikasi secara teratur akan menyembuhkan bekas luka, sekaligus membantu memudarkan bekas luka.

4. Membuat kulit glowing.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saat ini, memiliki kulit glowing adalah salah satu dambaan semua wanita. Selain itu, kulit glowing atau cerah bercahaya menandakan kulit dalam kondisi sehat. Polusi, cuaca buruk dan faktor eksternal membuat kulit kusam dan tidak bernyawa.

Caranya, rendam beberapa helai saffron dalam setengah cangkir susu murni dan oleskan ke wajah sebagai toner. Penggunaan secara teratur akan menghasilkan kulit bercahaya secara alami.

5. Mengurangi noda hitam.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saffron banyak digunakan dalam produk kosmetik pencerah kulit. Sejak zaman kuno telah menjadi bahan berharga untuk menutrisi kulit. Penggunaan kunyit secara teratur akan membuat kulit menjadi sehat.

Ambil beberapa helai saffron dan hancurkan. Tambahkan 2 sdm bubuk cendana bersama dengan air mawar untuk membuat pasta. Oleskan pada wajah, kemudian bilas dengan air hangat.

6. Mengembalikan warna kulit setelah berjemur.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kualitas saffron yang menenangkan dan mencerahkan kulit membuatnya berguna untuk menghilangkan warna kecokelatan atau kulit belang.

Menerapkan untaian saffron yang direndam dalam susu murni, akan memudarkan warna belang pada wajah dan membuat kulit menjadi kencang.

7. Sebagai toner wajah.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Saffron menghasilkan toner yang sangat baik yang memberikan memberikan kesegaran pada wajah setiap habis memakainya. Tak heran jika saat ini banyak bermunculan produk toner wajah yang mengandung saffron.

Tambahkan beberapa helai safron ke dalam air mawar untuk peremajaan kulit dan memberikan kilau awet muda pada wajah.

8. Menyehatkan rambut.

Manfaat saffron untuk kecantikan © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain memiliki kulit yang sehat dan cerah, rambut juga menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang kecantikan seorang wanita. Memiliki rambut lebat, hitam, dan sehat tentu menjadi impian bagi setiap wanita. Saffron yang mengandung antioksidan dapat menutrisi rambut dan menjadikannya berkilau secara alami.

Tambahkan beberapa saffron ke dalam minyak rambutmu, atau dengan minyak kelapa. Lalui oleskan pada rambut sambil memijat kulit kepala secara teratur. Selain menghasilkan rambut yang indah, ramuan ini juga dapat membuat kulit kepala lebih sehat dan rambut lebih kuat.

Related News