Brilio.net - Jeruk merupakan buah yang begitu digemari masyarakat. Tanaman jeruk dapat dijumpai di seluruh dunia. Jeruk memiliki banyak spesies dari enam genus, yakni Citrus, Microcitrus, Fortunella, Poncirus, Cymedia, dan Eremocirus.

Salah satu jeruk yang terkenal banyak manfaat yakni jeruk nipis atau yang biasa di sebut lemon. Jeruk ini tidak dapat dikupas dan termasuk jeruk yang kerap digunakan untuk minuman.

Dari karakteristiknya, buah hijau ini memiliki rasa yang asam. Umumnya jeruk nipis ini juga digunakan sebagai tambahan pelengkap pada makanan atau masakan.

Tidak hanya itu jeruk nipis juga sering digunakan untuk perawatan kulit wajah. Hal ini karena jeruk nipis dikenal mengandung vitamin C, A, B, dan E serta antioksidan yang baik untuk kecantikan wajah.

Loading...

Tak hanya itu ada pula kandungan zat besi, kalsium, mineral, asam sitrat, asam amino yang terkandung dalam jeruk nipis. Air perasan jeruk nipis mengandung kaya khasiat, jadi bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis perawatan.

Kamu hanya perlu menggunakan air perasan jeruk nipis untuk merawat wajah. Cukup dengan mengoleskannya ke wajah dan membiarkannya beberapa menit, kemudian membilasnya dengan air bersih.

Namun tentunya penggunaan ini harus lah menggunakan aturan yang pas. Sebab jeruk nipis tetap memiliki efek samping jika tidak cocok di wajah. Perlu diperhatikan bahwa terkadang beberapa orang memiliki sifat kulit yang berbeda.

Sehingga efek samping dari penggunaan jeruk nipis ini bisa juga mengakibatkan phytophotodermatitis. Yakni suatu istilah untuk kondisi kulit yang terbakar akibat kandungan kimia yang ada pada beberapa tumbuhan dan buah-buahan, seperti jeruk nipis apabila air perasan tersebut tersengat sinar matahari. Nah sebelum menggunakanya ada baiknya kamu perlu mencobanya dulu di kulit tangan, agar lebih aman dan maksimal.

Lalu apa saja manfaat jeruk nipis pada wajah? Berikut brilio.net lansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6), berikut 45 manfaat jeruk nipis untuk wajah, rambut, dan tubuh.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah.

manfaat jeruk nipis untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Menyamarkan flek hitam.

Paparan sinar matahari tak dapat dihindari setiap manusia. Tanpa disadari terkadang karena kerap terpapar sinar matahari membuat wajah menjadi timbul noda atau flek hitam. Nah tentunya flek hitam ini akan mengurangi kecantikan wajah.

Bagi kamu yang tengah merasakan problem ini, solusinya cukup mudah, yakni kamu dapat menggunakan masker jeruk nipis secara teratur. Cukup celupkan cotton bud steril ke air perasan jeruk nipis segar, kemudian usapkan pada bagian yang ternoda flek. Jika kulitmu termasuk sensitif, larutkan air jeruk nipis dengan sedikit air terlebih dahulu.

2. Menyamarkan kantung mata.

Masalah lain yang juga kerap mengganggu percaya diri seseorang ialah kantung mata. Dengan jeruk nipis kamu dapat memanfaatkan untuk menyamarkan kantung mata dan menyegarkan mata lelah.

Fungsikan sebagai kompres mata alami. Cara penggunaannya yakni dengan mencelupkan kapas ke air perasan jeruk nipis yang sudah diencerkan dengan air biasa. Kemudian tempelkan pada kantung mata.

3. Mengatasi jerawat.

Manfaat selanjutnya jeruk nipis pada wajah, yaitu mencegah dan juga mengobati jerawat. Kandungan vitamin C dan zat antibakteri yang ada dalam jeruk nipis ini mampu mencegah timbulnya serta mengobati jerawat loh.

Kamu juga bisa menggunakan air jeruk nipis dicampur dengan madu untuk mengatasi jerawat. Dengan menggunakannya secara rutin selama seminggu sekali, kamu bisa mendapatkan wajah bebas berjerawat.

4. Mencegah penuaan dini.

Berbagai faktor dapat menjadi penyebab wajah menjadi cepat menua, seperti karena polusi udara, makanan yang tak sehat hingga paparan sinar matahari. Terlebih gejala penuaan dini ini terlihat seperti kulit yang keriput, noda hitam dan banyak lainnya. Tentunya hal ini tak diinginkan terlihat di wajah.

Jeruk nipis ini dapat kamu gunakan sebagai antiaging alami dan tentunya murah loh. Dengan menggosokkan kulit jeruk nipis pada wajah, ataupun menggunakan masker yang terbuat dari jeruk nipis, kamu bisa mengatasi penuaan dini pada wajah.

5. Mencerahkan kulit wajah.

Jeruk nipis dapat kamu manfaatkan bagi kamu yang ingin mencerahkan kulit wajahmu karena kusam. Sebab sel-sel kulit mati yang masih tertinggal pada wajah sering kali kali membuat wajah menjadi kusam.

Jika sel-sel kulit mati ini semakin menumpuk maka wajah pun akan semakin kusam dan tidak berseri. Kandungan asam sitrat pada kulit jeruk nipis bisa mengelupaskan sel-sel kulit mati tersebut.

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Bagi kamu yang biasa beraktivitas di luar, terkena sinar matahari, debu, dan kotoran, jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Kemampuannya bisa mencerahkan kulit wajah serta dapat meregenerasi sel kulit. Caranya pun cukup dengan menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai masker seminggu dua kali, maka kamu sudah bisa mendapatkan wajah yang lebih cerah.

6. Mengecilkan pori-pori.

Kamu memiliki pori-pori besar di kulit wajah? Ya bagi sebagian orang yang memiliki pori-pori besar, kondisi ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah.

Pasalnya pori-pori yang terbuka akan menimbulkan kotoran serta minyak berlebih yang memicu timbulnya jerawat hingga mengakibatkan penuaan dini. Nah dengan menggunakan masker jeruk nipis dua hari sekali, mampu membantu mengecilkan pori-pori.

7. Menjaga kelembapan kulit.

Terdapat studi yang menunjukkan bahwa vitamin C dapat mencegah kulit kehilangan banyak air sehingga kelembapannya tetap terjaga. Selain itu, air jeruk nipis juga dapat menjadi nutrisi tambahan yang baik untuk membuat kulit wajah tetap lembap.

8. Membuat kulit wajah glowing.

Jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sehingga membuat kulit menjadi bersih. Kamu dapat memanfaatkan jeruk nipis ini dengan dua cara, yakni dengan diminum maupun dibuat masker wajah. Air jeruk nipis yang diminum dalam keadaan hangat dan ditambahkan dengan madu akan menimbulkan efek bercahaya pada kulit.

Sedangkan cara yang kedua yaitu campurkan 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh kunyit, dan 4 sendok makan air jeruk nipis segar. Terapkan pada wajah yang sudah dibersihkan dan diamkan selama 15-30 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

Campuran masker ini bisa memperbaiki tekstur kulit dan menghindari kekusaman. Lakukan perawatan minimal seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Mengangkat kotoran pada wajah.

Kulit wajah yang kotor dapat menimbulkan berbagai masalah kulit. Untuk itu, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin. Kamu bisa mencoba membersihkan wajah dengan jeruk nipis. Hal ini berkaitan dengan sifat antibiotik yang ada pada air jeruk nipis tersebut.

Dengan begitu berbagai bakteri yang menempel pada wajah akibat berbagai alasan bisa dikurangi dengan menggunakan jeruk nipis. Gunakan jeruk nipis sebagai toner, yang diteteskan pada kapas dan diusapkan ke wajah.

Apabila kamu membersihkan wajah dengan menggunakan air jeruk nipis maka pertumbuhan bakteri yang ada di wajah akan ditekan. Pertumbuhan bakteri menjadi terhambat dan wajah menjadi bersih dari berbagai kotoran dan bakteri.

10. Mengatasi kulit belang.

Paparan sinar matahari tentunya tidak bisa dihindari setiap manusia. Tanpa disadari, paparan sinar matahari membuat wajah menjadi berwarna cokelat atau belang. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah juga bisa menjadi solusi bagi masalah satu ini.

Air jeruk nipis bisa digunakan untuk menghilangkan masalah kulit belang akibat paparan sinar matahari. Manfaat jeruk nipis untuk kulit wajah yang satu ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan air jeruk nipis yang ditambah dengan tepung (besan) atau dadih. Sehingga berbentuk seperti pasta dan oleskan pada wajah seminggu sekali.

11. Menebalkan alis.

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut alis. Caranya, peras air jeruk dan gunakan cotton bud untuk mengoleskannya pada alis. Lakukan secara rutin setiap malam.

12. Mengusir kulit kusam.

Kulit kusam dapat disebabkan karena polusi udara, bersentuhan dengan sinar matahari begitu lama, kelelahan hingga kurang istirahat atau kurang tidur. Untuk mengatasi masalah ini selain rajin cuci muka kamu juga bisa menggunakan bahan jeruk nipis dan madu.

Manfaat jeruk nipis dan madu bisa dijadikan salah satu nutrisi kulit, agar kembali sehat dan cerah. Selain itu kandungan vitamin C pada jeruk nipis mampu dijadikan sebagai antioksidan alami, sehingga tidak mudah terkena radikal bebas.

Lakukan perawatan dengan bahan ini untuk masker. Cara menggunakan kedua bahan jeruk nipis dan madu yaitu, campur 1 sendok teh perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dengan lembut. Biarkan 10 menit, setelah melakukan treatment ini bilas dengan air bersih.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut.

manfaat jeruk nipis untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

13. Mengatasi kulit kepala berminyak.

Selain bermanfaat untuk kulit wajah, jeruk nipis juga bermanfaat untuk kulit kepala. Salah satu masalah rambut yang mudah lepek, yakni karena kulit kepala yang berminyak.

14. Mengatasi rambut rontok.

Selain kulit kepala yang berminyak, rambut rontok adalah permasalahan kepala yang sering dialami banyak orang. Ternyata, jeruk nipis juga bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini disebabkan karena nutrisi utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut, yaitu vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis.

Gunakan air perasan jeruk nipis sebagai tonik alami. Oleskan di kulit kepala dan lakukan pijatan lembut agar sirkulasi darah di kulit kepala lancar dan nutrisi jeruk nipis terserap sempurna. Kamu juga bisa mencampurkan air jeruk nipis dengan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk memijat kulit kepala.

Jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi hal ini. Tinggal aplikasikan air perasan jeruk ke kulit kepala dan akar rambut. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

15. Membuat rambut berkilau dan bersih.

Jika kamu ingin memiliki rambut yang berkilau dan bersih, maka jeruk nipis bisa menjadi solusi tepat. Kandungan asam yang tinggi dalam jeruk nipis maupun lemon dapat membuat rambut menjadi lebih bersih dan berkilau. Zat asam ini juga dapat membunuh kuman-kuman di kulit kepala.

Cara menggunakannya, cukup menggunakan air perasan jeruk nipis di rambut, lalu pijat kulit kepala dan rambut secara perlahan-lahan. Setelah itu bilas hingga bersih.

16. Mengatasi masalah ketombe.

Jeruk nipis juga dapat bekerja dengan baik untuk mengurangi masalah ketombe yang cukup mengganggu. Cara penggunaannya cukup mudah, peras jeruk nipis, lalu usapkan air perasan jeruk pada rambut dan kulit kepala.

17. Menyuburkan rambut.

Jeruk nipis dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya cukup sederhana. Pertama, peras jeruk nipis. Ambil hasil perasan air jeruk nipis, lalu teteskan ke kulit kepala. Pijat kulit kepala kamu secara perlahan. Setelah itu keramas menggunakan shampo.

18. Mencegah rambut bercabang.

Nutrisi yang terkandung di dalam jeruk nipis dapat memberikan asupan gizi yang cukup baik untuk rambut. Vitamin, asam amino dan kalsium dalam jeruk nipis mampu mengatasi ujung rambut agar tetap padat dan tidak mudah membelah diri.

Cara menggunakannya, peras jeruk nipis, lalu usapkan air perasan jeruk pada rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat dan bilas bersih.

Diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu mengulanginya dua sampai tiga kali, dan kamu bisa lihat sendiri hasilnya.

19. Mencegah munculnya kutu rambut.

Kutu rambut menjadi hawa yang cukup mengganggu jika sudah berada di kepala kita. Penularan kutu terbilang cukup cepat. Dengan rajin mengolesi air jeruk nipis pada rambut, kamu bisa mencegah penularan kutu. Efek rasa asamnya sangat tidak disukai kutu rambut karena bagi para kutu rasa asam pada jeruk nipis terasa panas.

20. Mencegah rambut kering dan kusam.

Rambut kering dan kusam merupakan indikasi dari rambut yang tidak sehat. Untuk mengembalikan kesehatan rambut, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Air jeruk nipis mampu memberikan nutrisi yang dibutuhkan rambut kusam dan kering. Jika dilakukan secara rutin, dengan cara mengolesi air jeruk nipis yang telah dicampur daging lidah buaya yang telah dihaluskan ke seluruh bagian batang rambut hingga ujungnya.

21. Menjadikan rambut mudah diatur.

Siapa sih yang tak ingin memiliki rambut yang indah dan mudah diatur? Cara gampang banget, kamu bisa menggunakan jeruk nipis. Nutrisi pada jeruk nipis dapat membuat kondisi rambut semakin berkilau, lurus, dan mudah untuk diatur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

22. Mencegah pertumbuhan uban pada usia dini.

Kandungan asam amino, vitamin, dan minyak atsiri pada jeruk nipis membuat pigmentasi rambut tidak mudah memudar. Sekarang ini sangat banyak dijumpai seseorang yang belum berusia 30 tahun sudah beruban. Jika kamu tidak mau mengalami hal itu, maka rutin menggunakan jeruk nipis akan membuat rambut tidak mudah memudar.

23. Mencerahkan warna rambut.

Jeruk nipis merupakan zat pencerah alami yang mampu mengubah warna rambut menjadi lebih cerah. Khasiat jeruk nipis untuk rambut ini berasal dari kandungan asam sitrat yang berperan sebagai zat pencerah alami atau zat pengoksidasi.

Air jeruk nipis dapat mencerahkan warna rambut dengan cara mengurangi pigmen warna rambut atau melanin. Ketika rambut terpapar sinar matahari, asam sitrat mampu mempercepat proses perubahan warna tersebut.

Akan tetapi, manfaat jeruk nipis buat rambut ini akan terasa maksimal pada warna rambut yang lebih terang, seperti warna rambut pirang dan cokelat muda. Sedangkan, warna rambut lebih gelap mungkin tidak terlalu merasakan manfaat ini secara maksimal.

24. Menutrisi batang rambut.

Air jeruk nipis juga baik untuk dijadikan sebagai air bilasan rambut, sebab kandungan vitamin C di dalamnya bisa menutrisi dan menguatkan batang rambut. Plus menjadikan rambut lebih berkilau.

Manfaat jeruk nipis untuk tubuh.

manfaat jeruk nipis untuk wajah © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

25. Memudarkan bekas luka.

Jeruk nipis ternyata juga bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka yang sudah mengering. Jangan sekali-sekali mencoba memberikan jeruk nipis pada luka yang masih basah karena dapat menimbulkan rasa perih yang luar biasa.

26. Mengangkat kulit mati pada kaki.

Telapak kaki yang biasanya terasa kasar dan tebal bisa dikarenakan sel kulit mati yang menumpuk pada kaki. Untuk mengangkat sel kulit mati ini, kamu bisa melakukan eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah proses pengangkatan sel kulit mati. Jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan kulit mati dari kaki dan membersihkan kotoran dengan mudah. Ambil seiris jeruk nipis dan oleskan pada kakimu.

Untuk menghilangkan bekas luka, usap kulit dengan jeruk nipis matang yang sudah dibelah secara teratur. Langkah ini akan merangsang sel kulit untuk memperbarui diri, sehingga bekas luka pun memudar secara perlahan.

27. Mencegah bau kaki.

Selain telapak kaki yang terasa kasar, masalah lain yang mengganggu kecantikan kaki, yakni munculnya bau tidak sedap pada kaki yang lembap atau berkeringat. Kandungan asam dan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antibakterial yang ampuh dan efektif.

Kamu hanya perlu mengusapkan jeruk nipis yang telah dibelah ke kakimu secara merata. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas.

28. Mencegah bau badan.

Memiliki wajah yang cantik dan postur tubuh menarik akan terasa sia-sia jika memiliki aroma tubuh yang tidak sedap. Bau badan ini tentu tak hanya mengurangi kepercayaan diri, namun juga dapat mengganggu kenyamanan orang yang sedang berada di dekatmu.

Kamu bisa mengurangi dan mencegah bau badan dengan jeruk nipis. Cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis sama dengan ketika kamu mengaplikasikan deodoran pada ketiak. Gunakan sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

29. Menambah kekebalan tubuh.

Menambah kekebalan tubuh atau imunitas, vitamin C dalam jeruk nipis punya peran penting pada masalah itu. Jika sistem kekebalan tubuh menurun, kamu bisa dengan mudah terserang penyakit. Flu atau demam misalnya. Nah, jeruk nipis menunjukkan manfaatnya untuk penyembuhan flu ringan hingga influenza. Jadikan jeruk nipis jadi minuman hangat saat tubuh merasa nggak enak badan.

30. Menurunkan berat badan.

Siapa yang tidak ingin mempertahankan berat badan yang sehat dan ideal? Sayangnya menurunkan berat badan lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Manfaat hebat itu bisa didapatkan dari air jeruk nipis.

Asam sitrat pada jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme, membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak. Minumlah segelas air jeruk nipis di pagi hari, atau mengisap irisan jeruk nipis sebelum makan.

31. Menurunkan kolesterol.

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Jeruk nipis juga kaya akan kandungan pektin, yang dapat bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol pada tubuh.

Cara menggunakan jeruk nipis ini belah 1 buah jeruk nipis dan peras airnya, tuangkan 1 gelas air hangat. Minum saat pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolesterol jahat pada tubuh segera berkurang.

32. Menghilangkan kutil.

Kutil termasuk sebagai tumor jinak yang disebabkan oleh HPV (Human Papilloma Virus), yang menginfeksi lapisan atas kulit. Virus ini biasanya menyebar akibat sentuhan atau penggunaan barang pribadi secara bersamaan.

Nah, kehadiran asam sitrat di dalam jeruk nipis mampu mengikis kutil dengan efektif. Oleskan air perasan tersebut setiap hari hingga kutil mengecil dan hilang.

33. Mengobati panu.

Manfaat pertama yang ada pada jeruk nipis yakni menghilangkan panu. Seperti kita tahu jeruk nipis mengandung senyawa flavonoid atau antioksidan yang kuat, dan dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Asam sitrat yang terkandung juga menjadikan jeruk nipis sebagai antibakteri dan antijamur yang andal.

Senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis adalah vitamin C. Nah, untuk menghilangkan panu, kamu bisa mencampur jeruk nipis dengan belerang. Perpaduan jeruk dan belerang akan lebih ampuh untuk membunuh kuman penyebab jamur atau jerawat.

Caranya yakni mencampurkan 1 sdm perasan jeruk nipis dengan 1 sdm belerang ditumbuk halus. Setelah menjadi adonan seperti pasta, oleskan pada panu. Diamkan sampai mengering dan bilas dengan air hangat.

34. Memutihkan gigi.

Manfaat berikutnya yakni untuk memutihkan gigi. Asam dalam jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk nipis juga dapat berperan sebagai antibakteri yang efektif membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sdm air perasan jeruk nipis dengan 1 sdm air perasan lemon. Kemudian, tambahkan sedikit garam dan aduk hingga tercampur rata. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi. Setelah itu, kumur dengan menggunakan air hingga bersih. Kamu bisa melakukan cara di atas sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

35. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak.

Selain memutihkan gigi, jeruk nipis juga mampu mengatasi berbagai masalah pada mulut, yakni mengobati sakit gigi dan gusi bengkak. Sebab jeruk nipis juga mampu untuk membasmi bakteri dalam mulut.

Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan jeruk nipis yakni siapkan 2 buah jeruk nipis. Potong dan peras 2 buah jeruk nipis tersebut lalu campurkan dengan segelas air hangat. Lalu gunakan untuk berkumur.

36. Meredakan radang tenggorokan.

Mengalami radang tenggorokan memang tidak mengenakkan. Nah, salah satu resep herbal alami yang bisa kamu coba yakni dengan menggunakan jeruk nipis.

Untuk mengobatinya sediakanlah setengah potong jeruk nipis, air hangat, dan madu. Campurkan perasan jeruk nipis dan air hangat serta masukkan 2 sendok makan madu.

Minumlah dalam keadaan hangat untuk mendapatkan manfaatnya bagi tenggorokan. Sebaiknya untuk penyembuhan lebih cepat minumlah 2 kali sehari.

37. Menurunkan risiko kanker.

Kandungan d-limonene ditemukan dalam buah jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan dan salah satunya adalah pencegahan kanker. Jeruk nipis juga mengandung flavonoid yang disebut naringenin, yang memiliki sifat-sifat pencegah kanker yang kuat.

Buatlah jeruk nipis jadi jus, dan konsumsi setiap harinya. Jus jeruk mengandung beta-cryptoxanthin dan hesperidin dalam jumlah tinggi, senyawa tanaman yang ditemukan untuk mencegah tumor ganas terbentuk pada hewan pengerat.

38. Mengobati batu ginjal.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi yang dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Penderita batu ginjal disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan asam sitrat.

Sebab itulah jeruk nipis mampu jadi obat alami untuk batu ginjal. Jadikan jeruk nipis menjadi jus yang menyegarkan.

39. Mencegah anemia.

Anemia adalah kelainan darah yang sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Jeruk nipis tidak mengandung banyak zat besi, tetapi karena kandungan vitamin C yang tinggi, jeruk nipis dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi yang dapat diserap baik tubuhmu. Jadikan jeruk nipis sebagai minuman hangat setiap pagi hari setelah kamu bangun tidur.

40. Meringankan gejala asma.

Vitamin C dalam jeruk nipis lagi-lagi punya peran penting untuk tubuh. Kamu yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang lebih tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena asma. Serangan asma yang dipicu karena infeksi pernapasan, mampu dikurangi dengan rutin mengkonsumsi satu gram vitamin C setiap harinya. Buatlah dan minum olahan minuman jeruk nipis jadi jus atau hangat.

41. Menurunkan gula darah.

Vitamin C dapat pada jeruk nipis membantu menurunkan kadar gula darah di pagi hari dan setelah makan. Vitamin C menawarkan potensi yang sangat baik untuk meningkatkan kadar gula seseorang. Konsumsi buah jeruk nipis setiap pagi hari setelah makan, diolah jadi minuman hangat atau bisa juga jadi jus jeruk.

42. Menyembuhkan amandel.

Jeruk nipis tak hanya bisa menyembuhkan flu dan asma, tapi juga menjaga kesehatan tenggorokan. Salah satunya adalah bermanfaat untuk mengatakan amandel. Caranya, potong 3 buah jeruk nipis, kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu hingga air rebusan tersisa 3/4. Saring air rebusan dan gunakan untuk berkumur. Lakukan 3-4 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang efektif.

43. Merawat kesehatan kuku.

Kuku adalah salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan seseorang, terutama kaum hawa. Terbukti kaum hawa lebih suka mewarnai kukunya agar terlihat menarik sekaligus menutupi tampilan warna kuku yang pucat. Supaya kuku terlihat sehat, tidak berwarna pucat dan tidak mudah patah, kamu bisa menggunakan jeruk nipis sebagai perawatan alami untuk kuku. Caranya, gosok jeruk nipis pada kuku jari dan kaki, biarkan meresap. Lakukan secara rutin setiap hari.

44. Melembutkan tangan.

Buat masker tangan dengan bahan alami. Campurkan madu, garam, dan perasan jeruk nipis. Kemudian gosokkan ramuan tersebut ke tangan dengan lembut. Perawatan yang teratur memberikan hasil yang maksimal.

45. Memberikan proteksi bagi kulit dari dalam.

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dari sel-sel tubuh.

Related News