8 Manfaat daun sirih untuk wajah, atasi jerawat membandel

8 Manfaat daun sirih untuk wajah, atasi jerawat membandel

Brilio.net - Daun sirih merupakan tanaman merambat yang biasa ditemui di pekarangan rumah. Daun sirih dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C dan bahan alami lainnya dalam daun sirih dapat menurunkan kadar kolesterol, melawan infeksi akibat bakteri, menurunkan kadar glukosa dalam darah, dan masih banyak lagi.

Ternyata, daun sirih tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan saja lho, tapi juga untuk kecantikan. Kulit mulus, cerah, dan glowing pastinya impian setiap orang baik wanita maupun pria. Selain rutin menggunakan skincare kamu juga bisa menjaga kesehatan kulit wajah dengan rutin menggunakan daun sirih.

Daun sirih dikemas dengan beberapa vitamin yang bermanfaat bagi kulit dan tidak menyebabkan alergi. Daun ini membantu membersihkan dan mencerahkan kulit dengan mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori. Dengan demikian, kulit akan terasa halus, kenyal dan bercahaya. Sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri dari daun sirih juga efektif untuk mengobati jerawat, komedo, dan mencerahkan bintik-bintik gelap.

Manfaat rebusan daun sirih biasa digunakan dengan cara dikonsumsi ataupun dioleskan secara topikal. Meski sudah lama digunakan, penelitian tentang manfaat rebusan daun sirih masih belum banyak. Maka dari itu, penggunaan rebusan daun sirih juga tak boleh sembarangan.

Kali ini brilio.net akan merangkum manfaat daun sirih untuk wajah. Apa saja yah? Berikut seperti dirangkum dari Healthline.com dan Indianexpress, Selasa (25/1).

1. Menghidrasi kulit.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Manfaat daun sirih untuk wajah adalah dapat menghidrasi kulit. Kamu bisa siapkan beberapa lembar daun sirih, kemudian campurkan dengan satu sendok teh besar dan multani mitti. Setelah itu campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah secara merata, diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.

2. Mencerahkan wajah.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/diana.grytsku

Punya wajah cerah pasti dambaan setiap wanita. Dengan wajah cerah dapat menunjang penampilan. Kamu pun akan tampil percaya diri meski tanpa menggunakan makeup karena wajah kamu sudah terlihat sehat. Kamu bisa mendapatkan wajah putih dan cerah dengan daun sirih, sebab vitamin dalam daun sirih bisa menjadi eksfoliator alami yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

Untuk memiliki wajah cerah, kamu bisa menghaluskan beberapa lembar daun sirih hingga menjadi pasti, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air bersih.

Giling segenggam daun sirih menjadi pasta halus dan oleskan pada kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air biasa. Obat ini adalah cara yang pasti untuk mencerahkan kulit Anda. Vitamin yang ada dalam daun paan menggosok sel-sel kulit mati dan memperlihatkan kulit yang lebih cerah yang ada di bawahnya.

3. Untuk mencegah jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Jerawat jadi salah satu masalah yang membuat banyak orang tidak nyaman. Munculnya jerawat disebabkan oleh produksi sebum atau kelenjar minyak berlebih di wajah. Minyak menyumbat folikel rambut wajah sehingga menyebabkan jerawat. Kamu bisa mencegah jerawat dengan bahan alami, salah satunya menggunakan daun sirih. Daun sirih mampu menyeimbangkan pH kulit sehingga mampu mencegah munculnya jerawat.

Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih, kemudian haluskan dan campurkan dengan bubuk kunyit. Aplikasikan ke wajah secara merata. Ramuan ini dapat membantu mengontrol produksi sebum di wajah sehingga kulit lebih sehat dan terhindar dari munculnya jerawat.

4. Mengontrol produksi minyak.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/benzoix

Memiliki tipe kulit berminyak pastinya rentan mengalami masalah jerawat. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasi masalah itu dengan menggunakan daun sirih. Caranya siapkan tiga sendok makan jus daun sirih, dua sendok makan madu dan setengah sendok teh garam laut. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah secara merata. Daun sirih memiliki sifat yang dapat menyeimbangkan pH kulit dan mampu mengontrol produksi minyak di wajah.

5. Obat jerawat.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/master1305

Ada banyak faktor penyebab jerawat, seperti kulit berminyak, tersumbatnya folikel rambut yang menyebabkan jerawat, konsumsi makanan yang salah dan masih banyak lagi. Jerawat salah satu masalah kulit wajah yang sangat mengganggu penampilan. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri ketika jerawat muncul. Ketika kamu memiliki jerawat tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan daun sirih. Sifat antijamur dan antibakterinya sangat efektif untuk menhilangkan jerawat di wajah, dada, dan punggung.

Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih kemudian rendam dengan air panas. Setelah layu, tempelkan daun sirih ke wajah, diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air biasa.

6. Menyamarkan flek hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/jcomp

Kandungan senyawa pada daun sirih dapat membantu memudarkan warna kulit yang tidak merata karena sinar matahari. Selain itu, daun sirih juga dapat memudarkan bekas jerawat di wajah. Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus hingga mendidih. Air daun sirih tersebut basuhkan ke wajah dan diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air biasa.

7. Mengecilkan pori-pori.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/lookstudio

Kalau kamu memiliki masalah pada pori-pori wajah, kamu bisa menggunakan daun sirih. Senyawa antiseptik pada daun sirih dapat membantu mengecilkan pori-pori. Kamu bisa menggunakan air rebusan jeruk nipis kemudian basuhkan ke wajah. Setelah itu bilas dengan air biasa.

8. Cegah komedo.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

foto: Freepik/dianagrytsku

Khasiat daun sirih juga dapat menghilangkan dan mencegah komedo di wajah. Daun sirih merupakan solusi alami dalam mencegah munculnya komedo. Kamu bisa membuat bubur daun sirih kemudian aplikasikan ke wajah. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air biasa.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES