Brilio.net - Salah satu tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kecantikan yaitu tumbuhan binahong. Kandungan yang ada di dalamnya pun dipercaya mempunyai banyak khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat. Binahong biasanya tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi.

Di Indonesia, tanaman ini sangat mudah dijumpai dan binahong kerap dijadikan alternatif obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Tak hanya untuk kesehatan, daun binahong juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan. Bagi yang belum tahu, binahong merupakan tumbuhan rambat dengan daun berwarna hijau berbentuk hati.

Menurut hasil penelitian sejumlah ahli daun binahong kaya manfaat karena daun ini mengandung banyak nutrisi seperti Glucan c, Karoten, Asam Organik, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). Berkat kandungan inilah, daun binahong kerap digunakan untuk perawatan kecantikan.

Salah satu manfaat yang didapatkan dari daun binahong yaitu mampu menghilangkan komedo di wajah. Kamu bisa menjadikannya sebagai masker untuk membuat kulit terasa lebih cerah dan awet muda. Selain itu, cara lain yang bisa kamu coba adalah menjadikan air rebusan daun binahong untuk dijadikan sebagai air cuci muka.

Loading...

Nah, apa saja manfaat lain daun binahong untuk kecantikan? Berikut brilio.net rangkum 8 manfaat daun binahong untuk kecantikan, dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (6/7).

1. Mengobati jerawat.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat pertama daun binahong untuk kecantikan diyakini mampu mengobati jerawat. Bagi kaum hawa, munculnya jerawat menjadi momok yang sangat memengaruhi penampilan mereka. Tak sedikit dari mereka bahkan harus merogoh kocek yang fantastis untuk melakukan perawatan wajah agar jerawat dapat segera teratasi.

Padahal tanpa harus mengeluarkan biaya, secara alami jerawat bisa diobati dengan daun. Caranya cukup oleskan daun binahong yang sudah dihaluskan ke permukaan wajah. Agar dapat merasakan manfaat yang maksimal, kamu juga bisa minum rebusan daun binahong dengan ditambahkan sedikit madu.

2. Mengencangkan kulit wajah.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat daun binahong selanjutnya dapat membantu mengencangkan kulit. Kulit yang kencang dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu dibandingkan saat kulit wajah kusam atau kendur.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih kencang dan sehat alami, kamu bisa memanfaatkan daun binahong. Cara pemakaiannya sangat sederhana, hanya perlu merebus daun binahong dan meminumnya saat sudah dingin. Dengan meminum air rebusan daun binahong, otomatis kamu bisa mendapatkan manfaat berlipat ganda. Diantaranya untuk mengencangkan kulit dan menyehatkan tubuh.

3. Mampu hilangkan komedo.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Munculnya komedo di wajah terkadang membuat penampilan seseorang menjadi kurang percaya diri. Jika kamu sudah mencoba menggunakan beberapa produk tetapi tidak berhasil, kali ini coba gunakan daun binahong untuk menghilangkannya.

Cara memanfaatkannya cukup dengan merebus daun binahong terlebih dahulu, lalu menggunakannya untuk mencuci muka. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa mengaplikasikannya secara rutin tiga kali sehari.

4. Mencerahkan kulit wajah.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Memiliki kulit cerah dan sehat pasti menjadi impian semua orang. Untuk mendukung upaya agar mendapatkan kulit putih dan bersih, daun binahong bisa menjadi solusi yang tepat. Tentunya menggunakan daun binahong lebih aman, jika dibandingkan dengan produk berbahan kimia lainnya.

Cara menggunakannya relatif sederhana, kamu hanya perlu merebus daun binahong dan menggunakan air rebusan dingin untuk diminum. Selain membuat kulit putih, mengonsumsi air rebusan binahong juga bisa menyehatkan tubuh.

5. Menghaluskan kulit.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun binahong juga dipercaya mampu menghaluskan kulit. Caranya cukup dengan 20 lembar daun binahong, lalu rebus dengan sekitar 500 ml air. Diamkan beberapa saat hingga air rebusan dingin dan gunakan untuk mencuci muka. Oleskan ini secara teratur setiap dua kali sehari di pagi dan sore hari untuk hasil yang optimal.

6. Membersihkan wajah.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com


Jika sering beraktivitas di luar rumah pasti mudah terkena polusi dan debu. Belum lagi jika sehari-hari kamu selalu tampil dengan makeup. Polusi dan bekas makeup bisa menutupi pori-pori di wajah dan memicu timbulnya jerawat.

Untuk menghindarinya, kamu bisa membersihkan wajah menggunakan daun binahong. Rebus daun binahong dan gunakan untuk membersihkan wajah. Lakukan ini secara teratur dan kamu dapat merasakan hasilnya.

7. Mencegah penuaan dini.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Daun binahong diketahui mengandung antioksidan, vitamin A, C, lutein, zeaxanthin, serta beta-karoten yang berfungsi melindungi kulit dari paparan radikal bebas. Vitamin A dan C akan mendukung kulit agar lebih elastis, meremajakan kulit, dan tentunya mencegah penuaan dini.

Jika kamu ingin mempercantik wajah secara alami dan mudah, maka daun binahong bisa menjadi solusinya. Gunakan secara rutin dan rasakan khasiatnya.

8. Mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

daun binahong untuk kecantikan © berbagai sumber

foto: freepik.com

Terakhir, daun binahong kaya akan antioksidan dan antiseptik yang mampu menyembuhkan luka pada kulit. Antiseptik yang terkandung dalam binahong juga bisa mencegah infeksi pada luka, sehingga luka akan lebih cepat sembuh.

Untuk menyembuhkan luka, kamu bisa menumbuk daun binahong kemudian menempelkannya pada luka di kulit. Pastikan luka pada kulit sudah dibersihkan terlebih dahulu ya.

Related News