Brilio.net - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bahan utama pada olahan makanan. Beberapa orang menyukai olahan makanan dari bawang putih. Namun, tahukah kamu jika bawang putih juga bisa memberikan manfaat untuk kecantikan wajah?

Mungkin hal ini terdengar aneh dan asing, nyatanya bawang putih menjadi salah satu bumbu dapur yang bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan terutama wajah.

Bawang putih memiliki kandungan seperti sifat antibakteri, antijamur, antipenuaan, dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membersihkan kulit, mengatasi jerawat, dan bahkan bisa menghaluskan kulit. Nah, manfaat dari bawang putih untuk kecantikan wajah sebenarnya tidak hanya itu saja. Masih banyak manfaat bawang putih yang harus kamu ketahui.

Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (10/3), delapan manfaat bawang putih untuk wajah, bantu hempas jerawat.

1. Membantu menghilangkan komedo hitam dan putih.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diana.grtysku

Dilansir brilio.net dari India.com, Kamis (10/3), manfaat pertama dari bawang putih yaitu bisa membantu mengatasi komedo hitam dan putih. Penyebab munculnya komedo hitam dan putih karena produksi minyak pada kulit yang berlebih. Produksi minyak yang berlebih bisa diatasi dengan menggunakan bawang putih.

Caranya dengan menggunakan 2 sampai 3 siung bawang putih. Haluskan bawang putih dan tambahkan 1 sdt gandum dengan 2 tetes tea tree oil. Jika sudah, campurkan dengan madu dan perasan lemon. Campur semua bahan hingga merata dan oleskan pada wajah yang terdapat komedo. Diamkan hingga beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

2. Mengatasi jerawat.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diana.grtysku

Selain bisa mengatasi komedo dengan baik, bawang putih pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat yang membandel pada wajah. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki sifat antijamur dan anti-inflamasi.

Caranya dengan memotong bawang putih dan oleskan secara langsung ke area jerawat dengan cara agak diperas. Setelah itu diamkan kurang lebih 5 menit dan bilas dengan air dingin.

3. Mengecikan pori-pori.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diana.grtysku

Pori-pori yang membesar pada wajah terkadang mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Pori-pori yang membesar bisa dengan mudah diatasi menggunakan bawang putih.

Caranya dengan membuat masker wajah dari bawang putih. Sediakan 4 siung bawang putih dan setengah buah tomat. Haluskan kedua bahan tersebut. Jika sudah halus, oleskan tomat dan bawang putih yang sudah menjadi satu ke wajah dengan rata. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Jika sudah mengering bilas dengan air hangat dan bilas lagi menggunakan air dingin.

4. Menunda penuaan.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/diana.grtysku

Siapa sangka ternyata bawang putih bisa untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Caranya dengan mengonsumsi bawang putih bersama madu dan lemon setiap pagi hari.

Cara membuat minuman ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan bawang putih dengan air lemon dan madu. Setelah itu minumlah di pagi hari setelah bangun tidur.

5. Menghilangkan bekas jerawat.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Selain bisa mencegah munculnya jerawat, bawang putih ternyata dapat digunakan untuk memudarkan bekas jerawat di wajah. Hal ini dikarenakan adanya sifat anti-inflamasi dan sifat antibakteri.

Cara mengaplikasikannya pun mudah. Cukup oleskan secara langsung potongan bawang putih ke wajah yang terdapat luka bekas jerawat.

6. Menghilangkan kutil.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Kutil bisa terdapat di berbagai bagian tubuh, salah satunya wajah. Untuk mengatasi kutil yang tumbuh di wajah, kamu bisa menggunakan bawang putih.

Caranya dengan menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian campurkan dengan air. Selanjutnya oleskan air tersebut ke bagian kutil yang ada di wajah. Jika sudah, tutup olesan tersebut dengan menggunakan kain kasa. Cara ini harus dilakukan setidaknya tiga sampai empat kali minggu.

7. Meremajakan kulit.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu dapat meremajakan kulit wajah dan tubuh. Bawang putih bisa bermanfaat untuk meremajakan kulit dengan cara meregenerasi kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mencampurkan bawang putih dengan yogurt.

Caranya, sediakan empat siung bawang putih dan 2 sdm yogurt. Haluskan terlebih dahulu 4 siung bawang putih. Jika sudah, campurkan dengan 2 sdm yogurt. Oleskan secara merata ke seluruh wajah yang sudah dibersihkan. Pada saat pengaplikasian ke wajah, jangan lupa untuk memijat wajah denan gerakan melingkar dan lakukan selama beberapa menit. Jika sudah bilas dengan air bersih.

8. Mencerahkan kulit.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Manfaat bawang putih berikutnya yaitu bisa membuat kulit menjadi cerah. Adanya kandungan antioksidan membuat bawang putih bisa mengangkat sel kulit mati sehingga membuat wajah menjadi cerah secara alami. Tidak hanya cerah saja, namun dengan menggunakan masker dari bawang putih wajah pun akan terlihat lebih segar.

Caranya dengan membuat masker dari bawang putih yang dicampurkan dengan susu kental serta tepung. Gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

9. Mengatasi peradangan kulit.

 Manfaat bawang putih untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com

Bawang putih bisa membantu mengatasi peradangan kulit di wajah karena memiliki kandungan zat antiradang. Peradangan kulit di wajah biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik merah dan rasa gatal.

Cara untuk mengatasinya bisa menggunakan bawang putih. Kamu cukup mengoleskan bawang putih secara langsung ke wajah.

(brl/red)

Related News

(brl/red)