Brilio.net - Madu adalah cairan kental yang dihasilkan dari lebah. Madu memiliki tekstur menyerupai sirup yang kental berwarna kuning kecokelatan. Madu memiliki rasa yang manis disebabkan adanya unsur monosakarida fruktosa dan glukosa yang memang merupakan perasa manis pada gula. Selain rasanya yang manis dan enak, madu juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.


Di dalam madu, terdapat campuran senyawa fruktosa (38,5 persen) dan glukosa (31,0 persen). Dalam madu ada pula kandungan karbohidrat seperti maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Tidak hanya itu, madu juga mengandung anti-oksidan meskipun hanya sedikit yakni dari senyawa chrysin, pinobanksin, vitamin C, katalase, dan pinocembrin.


Selain populer digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh, madu juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Sering kali kita dapat menemui kandungan madu dalam produk perawatan kulit seperti dalam serum, masker, sabun wajah dan lain sebagainya.


Jerawat begitu ditakuti oleh banyak orang. Bukan tanpa sebab, jerawat sangat mengganggu penampilan serta membuat seseorang menjadi tidak percaya diri.

Loading...

Jerawat yang sudah sembuh sering kali juga meninggalkan bekas pada kulit sehingga menjadikan wajah tidak terlihat bersih dan mulus. Dengan menggunakan madu, masalah jerawat pada wajah dapat diatasi dengan perpaduan madu dan bahan-bahan alami lainnya.


Cara mengobati jerawat dengan madu pun cukup mudah, tanpa menggunakan bahan kimia yang dapat membahayakan kulit wajah, jerawat akan segera menghilang dan menjadikan wajah terlihat sehat. Berikut 8 cara mengobati jerawat dengan madu, brilio.net lansir dari Stylecraze dan sumber lainnya pada Kamis (13/8).


1. Madu dan kunyit.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Perpaduan madu dengan kunyit akan menghasilkan formula yang bagus untuk mengatasi jerawat. Kunyit yang mengandung bahan bersifat antiseptik dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Caranya mudah, tambahkan sedikit bubuk kunyit pada 1 sdm madu kemudian aduk. Setelah tercampur rata, oleskan pada bagian kulit yang berjerawat dan biarkan sekitar 20 menit. Ketika sudah mengering, bilas wajah menggunakan air hangat lalu keringkan.


2. Madu dan kayu manis.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis merupakan komponen kunci yang bertanggung jawab sebagai obat yang memiliki sifat anti inflamasi dan antimikroba sehingga kayu manis dapat dicampurkan dengan madu untuk mengobati jerawat.


Caranya, campurkan 1 sdt kayu manis bubuk dengan 1-2 sdt madu. Campur keduanya hingga membentuk pasta kental. Kemudian oleskan pada jerawat dan diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air.


3. Madu dan cuka apel.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Saat ini banyak orang menggunakan cuka apel untuk toner wajah. Cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit karena sifatnya yang asam. Cuka apel juga mengandung zat antimikroba yang bagus untuk menyembuhkan kulit berjerawat. Cara mengobati jerawat menggunakan madu dan cuka apel yaitu dengan mengoleskan madu pada wajah.

Kemudian campurkan cuka apel dengan air menggunakan perbandingan 1:1, lalu celupkan kapas kedalam campuran cuka apel dan pijatkan pada wajah yang sudah diolesi dengan madu. Biarkan meresap pada kulit selama 30-40 menit, kemudian bilas dengan air hangat.


4. Madu dan gula pasir.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik


Gula pasir dapat dijadikan scrub alami untuk kulit karena bentuknya yang terdiri dari kristal-kristal halus. Scrub ini dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga jika dicampurkan dengan madu dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat sekaligus mengurangi kadar minyak pada wajah.

Caranya mudah, cukup dengan mencampurkan 1 sdt gula pasir dengan 1 sdm madu, kemudian oles dan pijatkan pada wajah. Diamkan masker tersebut selama 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air hangat.


5. Madu dan pala.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Selain untuk masak, pala juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat apabila dicampurkan dengan madu. Pala mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang disebut macelignan. Namun, sebelumnya kamu perlu melakukan tes sensitif kulit karena pala sering tidak cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif.

Untuk mengobati dan menghilangkan bekas jerawat, campurkan 1 sdt madu dengan 1 sdt bubuk pala. Campur hingga membentuk pasta, kemudian oleskan pada jerawat. Gunakan ramuan ini dengan rutin supaya bekas jerawat cepat menghilang.


6. Madu dan oatmeal.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Oatmeal memiliki sifat pembersihan karena mengandung saponin yang membantu menghilangkan semua kotoran dari kulit. Campuran madu dengan oatmeal dipercaya dapat menenangkan kulit dan mengurangi peradangan.

Caranya mudah, siapkan 1/2 cangkir oatmeal yang sudah matang kemudian campurkan 1 hingga 2 sdt madu kemudian aduk rata. Setelah itu oleskan pada area kulit yang berjerawat dan diamkan selama 20-30 menit lalu bilas dengan air hangat.


7. Madu dan teh hijau.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com


Madu dan teh hijau dikenal bagus untuk perawatan kulit. Beberapa produk kecantikan menggunanak madu dan teh hijau sebagai formula utamanya untuk mengatasi kulit berjerawat. Teh mengandung antioksidan, tokoferol, asam askorbat, karotenoid, dan mineral lainnya yang dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih.

Caranya, rendam kantong teh dalam air panas selama beberapa menit. Keluarkan kantong teh, biarkan dingin, dan kemudian buka dengan lembut. Campur daun teh ini dengan madu hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada kulit yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah mengering, bilas wajah dengan air hangat.


8. Madu dan lemon.

Madu untuk jerawat © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Bagi seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak, tentu akan sangat rentan terhadap jerawat. Gunakan masker alami dari campuran madu dan lemon untuk mengurangi minyak berlebih sekaligus dapat mengobati jerawat pada wajah.

Caranya, ambil mangkuk dan tambahkan ekstrak lemon dan madu ke dalamnya. Aduk keduanya hingga benar-benar tercampur dengan baik. Oleskan campuran ini pada wajah dan area yang rawan muncul jerawat. Lalu diamkan masker ini hingga benar-benar kering, selama 15 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Related News