Brilio.net - Setiap orang tentu pernah mengalami masalah di kulit, seperti timbulnya jerawat maupun komedo. Komedo biasanya paling banyak muncul di area sekitar hidung. Komedo pada dasarnya terbentuk akibat sumbatan pori-pori kulit.

Komedo berbentuk bintik kecil atau terkadang benjolan sangat kecil berwarna putih ataupun hitam. Pada dasarnya, bintik ini tidak berbahaya. Namun hal ini cukup mengganggu penampilan dan dapat menurunkan kepercayaan diri orang yang mengalaminya.

Komedo ini adalah salah satu pemicu tumbuhnya jerawat pada wajah. Komedo yang terinfeksi bakteri dapat berkembang menjadi jerawat. Bila tidak teratasi, jerawat dapat meluas atau tumbuh dengan ukuran cukup besar yang disebut nodus.

Komedo yang terbuka dan terpapar udara akan mengalami oksidasi sehingga berwarna hitam. Sedangkan komedo yang tertutup akan terlihat berwarna putih.

Loading...

Lalu bagaimana cara mencegah komedo muncul pada wajah? Berikut brilio.net lansir dari medicalnewstoday pada Senin (3/8), delapan cara cegah komedo pada wajah, ampuh banget!

1. Membersihkan wajah secara rutin.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Kotoran pada kulit tidak menyebabkan komedo, tetapi penting untuk membersihkan kulit dua kali sehari dengan pembersih lembut sebelum menggunakan pelembab. Jangan terlalu sering membersihkan karena dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan pada wajah.

Yang terbaik adalah menghindari produk yang berminyak atau berat, karena akan menyumbat pori-pori dan membuat komedo lebih buruk.

2. Coba gunakan pembersih dengan kandungan salicylic acid.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Salicylic acid atau asam salisilat adalah bahan dalam beberapa pembersih yang membantu memecah minyak pada pori-pori. Chemical peeling mungkin mengandungnya sebagai bahan untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Penggunaan sehari-hari pembersih yang mengandung asam salisilat dapat mengiritasi kulit, sehingga harus menggunakannya 2-3 kali seminggu.

3. Lakukan eksfoliasai seminggu sekali.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Gunakan masker yang dapat mengeksfoliasi wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

Kamu dapat menggunakan scrub lembut pada kulit seminggu sekali. Setelah dibilas bersih, gunakan pelembab wajah.

4. Gunakan topical retinoids.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Topical retinoids atau retinoid topikal adalah krim yang digunakan langsung pada kulit untuk membantu mengurangi jumlah minyak yang dihasilkan oleh wajah. Zat ini memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meningkatkan penampilan keseluruhan kulit.

5. Gunakan skin brush.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Skin brush atau sikat halus berfungsi untuk membantu pengelupasan kulit atau pengangkatan sel kulit mati pada wajah. Skin brush ini terdapat dua model yaitu manual dan model elektronik.

6. Gunakan masker yang mengandung mineral.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Menggunakan masker yang kaya mineral pada kulit dengan sedikit air hangat dapat membantu mengeluarkan kotoran dari kulit dan mengurangi produksi minyak wajah.

7. Lakukan diet dan konsumsi makanan sehat.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Makan makanan yang seimbang dapat memberi manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit. Makanan tertentu dapat memicu jerawat pada beberapa orang dan tidak pada orang lain.

8. Hindari asap rokok.

mencegah komedo © 2020 brilio.net

foto: freepik

Beberapa ahli telah menjelaskan bahwa ada hubungan antara bahan kimia dalam asap rokok dan komedo. Mengurangi atau berhenti merokok dapat membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit seperti mencegah munculnya komedo dan jerawat pada wajah.

Related News