8 Cara membuat masker kopi untuk wajah dan cara mengaplikasikan

8 Cara membuat masker kopi untuk wajah dan cara mengaplikasikan

Brilio.net - Bagi wanita maupun pria, penampilan jadi salah satu hal yang penting. Mereka akan percaya diri ketika bertemu orang lain dengan gaya yang keren. Tak hanya outfit, penampilan wajah juga jadi hal yang penting.

Untuk mempercantik penampilan, banyak dari mereka yang rela mengeluarkan biaya besar untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan. Selain itu, mereka juga banyak menggunakan skincare untuk mengurangi berbagai permasalahan kulit di wajah.

Skincare banyak jenisnya, ada skincare harian dan skincare mingguan. Skincare mingguan ini biasanya masker wajah untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati secara menyeluruh. Banyak jenis masker yang dijual di pasaran. Namun kamu bisa lho membuat masker wajah sendiri di rumah.

Misalnya saja membuat masker kopi untuk wajah. Ya, kopi tak hanya dikenal sebagai minuman untuk menemani aktivitasmu sehari-sehari. Tapi kopi juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, lho.

Antioksidan yang terkandung dalam kopi memiliki sifat pengelupasan yang dapat mencegah penuaan. Kandungan asam caffeic pada kopi juga dapat menyehatkan dan menutrisi kulit.

Penggunaan kopi dalam perawatan wajah dapat dilakukan dengan membuat masker kopi. Ada banyak varian masker kopi. Bahan pelengkapnya juga dapat menambah manfaat masker kopi.

Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Analytical Methods menjelaskan, kopi mengandung asam kafeat atau caffeic acid yang membantu meningkatkan kesehatan kulit. Zat tersebut kaya akan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kadar kolagen dan mengurangi penuaan dini. Dengan menggunakan masker kopi, asam kafeat tersebut dapat meresap dalam kulit dan membantu merawatnya.

Nah, penasaran cara membuat masker kopi untuk wajah sendiri di rumah? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (18/2).

1. Kopi dan madu.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Cara membuat masker kopi untuk wajah yang pertama dengan tambahan madu. Kedua bahan ini dapat bekerja menghilangkan sel-sel kulit mati dan mencerahkan kulit di wajah. Kandungan humektan di dalamnya membuat kulit lebih terhidrasi, lembap, glowing, dan lembut.

Cara membuatnya, ambil satu sendok makan bubuk kopi, tambahkan satu sendok makan madu. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air biasa.

2. Kopi dan labu.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Kopi dan labu dianggap sebagai bahan alami yang efektif untuk pengelupasan sehingga mampu meremajakan kulit, meningkatkan kolagen, dan membuat kulit lebih kencang dan glowing.

Caranya campurkan dua sendok makan bubuk kopi, setengah sendok labu, dan air mawar secukupnya. Setelah tercampur menjadi pasta, terapkan ke wajah dan diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air bersih. Gunakan perawatan ini dua kali dalam seminggu agar hasil maksimal.

3. Kopi dan susu.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Campuran membuat masker kopi untuk wajah menggunakan susu dapat membuat wajah lebih cerah dan kencang. Masker ini juga dapat mengatasi bengkak di area mata.

Caranya, ambil satu sendok makan bubuk kopi, tambahkan dengan satu setengah sendok susu tanpa rasa, aduk kedua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah sambil diberi pijatan halus. Diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

4. Kopi dan lemon.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Masker ini cocok untuk kamu yang memiliki masalah kulit berminyak. Kandungan lemon yang kaya akan vitamin C dapat menyerap minyak di wajah. Selain itu, kopi sendiri memiliki sifat pembersih dan pemurnian yang alami.

Kamu bisa tambahkan satu sendok makan bubuk kopi dan satu sendok makan jus lemon. Aduk kedua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu bilas dengan air biasa.

5. Kopi dan minyak kelapa.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/user18526052

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit kering, bisa mengatasi dengan menggunakan masker kopi dan minyak kelapa. Kedua bahan tersebut merupakan scrub yang ampuh untuk menghidrasi kulit wajah. Selain itu, kopi dan minyak kelapa juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan menyamarkan tanda-tanda penuaan.

Caranya, ambil dua sendok makan bubuk kopi. Kemudian tambahkan dengan satu sendok makan minyak kelapa, aduk kedua bahan tersebut. Setelah tercampur, oleskan ke wajah dan tunggu selama 15 menit. Bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

6. Kopi, kunyit, dan yoghurt.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik.com

Campuran masker kopi, kunyit, dan yogurt ini membantu mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Sebab pada kunyit mengandung antioksidan dan antibakteri yang dapat melawan jerawat dan mengurangi bekas jerawat. Selain itu, manfaat yogurt dapat menghilangkan minyak berlebih di wajah. Sementara kopi mampu membuka pori-pori dan mengatasi peradangan.

Caranya, campurkan dua sendok makan bubuk kopi, dua sendok makan yogurt, dan satu setengah sendok teh kunyit. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit dan bilas sambil diberi pijatan lembut.

7. Kopi dan lidah buaya.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Membuat masker kopi untuk wajah juga bisa ditambahkan dengan lidah buaya. Lidah buaya ini mengandung antibakteri yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat.

Caranya, siapkan tiga sendok teh bubuk kopi, satu sendok teh tepung, tiga sendok teh madu, minyak esensial secukupnya, dua sendok teh gel lidah buaya. Campurkan semua bahan hingga menjadi pasta. Lalu oleskan ke wajah dan leher secara merata, diamkan 15 menit dan bilas dengan air hangat.

8. Kopi dan bubuk kakao.

Cara membuat masker kopi

foto: Freepik/wayhomestudio

Cara membuat masker kopi untuk wajah yang terakhir dengan menambahkan bubuk kakao ke dalam bahan tersebut. Keduanya memiliki sifat eksfoliator yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan flek hitam sehingga wajah lebih cerah, bersih, dan dapat membasmi jerawat.

Kamu perlu menyiapkan setengah cangkir kopi bubuk, setengah cangkir bubuk cocoa, satu cangkir susu murni, dan satu sendok makan jus lemon. Campur semua bahan menjadi satu, lalu oleskan ke wajah secara merata. Setelah 20 menit, bilas dengan air biasa. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali dalam seminggu.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES