Brilio.net - Urutan memakai skincare malam memang harus sesuai dan tepat, bila salah hasilnya tidak akan maksimal. Tren skincare saat ini sangat beragam, hal itu juga diikuti dengan dengan kepedulian masyarakat terhadap kecantikan dan kesehatan kulit. Banyak brand kosmetik yang meluncurkan skincare sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Ternyata urutan memakai skincare malam dan pagi berbeda lho. Pada pagi hari, skincare melindungi kelembapan kulit dari paparan sinar matahari, sementara pada malam hari skincare berfungsi untuk memperbaiki kulit secara alami.

Sayangnya masih banyak masyarakat yang salah dalam urutan memakai skincare, hal itu membuat hasilnya tak maksimal. Kali ini brilio.net akan merangkum urutan memakai skincare malam yang benar agar hasil maksimal. Penasaran apa saja? berikut ulasannya seperti dirangkum dari Healthline, Rabu (29/12).

1. Makeup Remover

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Urutan memakai skincare malam yang pertama adalah makeup remover. Seharian beraktivitas dan bekerja, tentu wanita mengenakan makeup untuk menunjang penampilan. Penggunaan makeup remover untuk mengangkat kotoran makeup pada wajah. Makeup remover ada dua jenis, ada yang berbasis air, ada pula yang berbasis minyak. Kalau berbasis minyak, biasanya digunakan untuk si pemilik kulit kering, sementara bagi yang memiliki kulit berminyak bisa menggunakan yang berbasis air. Cara membersihkannya, kamu bisa menyiapkan kapas dan tuangkan makeup remover ke kapas, kemudian usapkan ke wajah secara merata.

2. Cleanser

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Setelah wajah bersih, dianjurkan untuk melakukan double cleansing atau pembersihan wajah dua kali untuk mengangkat makeup dan kotoran yang tersisa. Sama seperti makeup remover, cleanser juga memiliki dua jenis, ada yang berbasis air ada pula yang berbasis minyak. Kamu bisa memilih skincare yang disesuaikan dengan kulit kamu. Cara menggunakannya, tuangkan cleanser ke kapas kemudian usapkan ke wajah secara perlahan. Lakukan berulang untuk memastikan tak ada sisa kotoran dan makeup yang tersisa.

3. Mencuci wajah

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Selanjutnya, kamu harus mencuci wajah dengan menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Mencuci muka ini memiliki fungsi untuk mengangkat kotoran diwajah secara keseluruhan dengan maksimal. Saat mencuci muka, dianjurkan untuk melakukan pemijatan secara perlahan untuk mendapatkan sensasi relaksasi pada wajah.

4. Facial toner

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Setelah wajah bersih, urutan selanjutnya adalah menggunakan toner. Penggunaan toner ini untuk menghidrasi kulit setelah dibersihkan, selain itu juga untuk mengangkat sel-sel mati dan kotoran yang tertinggal setelah dibersihkan. Biasanya, toner ini mengandung alkohol, sehingga harus diperhatikan saat memilih skincare, sebab bila kandungan alkoholnya sangat tinggi bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Cara menggunakannya, tuangkan toner ke telapak tangan atau kapas, kemudian usapkan toner ke wajah.

5. Facial serum

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Setelah menggunakan toner, urutan memakai skincare malam berikutnya adalah facial serum. Serum sendiri memiliki banyak kandungan bahan aktif seperti vitamin C dan E serta antioksidan yang dapat membuat kulit lebih kencang. Selain itu, serum juga bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Cara menggunakannya, tuangkan serum ke telapak tangan kemudian aplikasikan ke wajah dengan cara di tepuk-tepuk secara perlahan hingga merata. Diamkan selama 10 menit agar lebih meresap.

6. Krim mata

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Area mata kerap jadi perhatian setiap orang, sebab ada saja masalah timbul di area mata, seperti timbulnya garis halus di area mata, bengkak, hingga warne gelap di area mata. Hal itu tentu membuat banyak orang tidak percaya diri. Penggunaan krim malam salah satu yang tepat untuk mengurangi permasalahan itu. Caranya sangat mudah, cukup oleskan krim mata ke area bawah mata secara perlahan sambil diberi sedikit pajatan. Gunakan krim mata rutin agar hasil maksimal.

7. Krim malam

Cara menggunakan skincare freepik

foto: freepik

Urutan memakai skincare malam yang terakhir adalah krim malam. Kandungan krim malam seperti gliserin, ceramide, antioksidan, dan peptida memiliki manfaat untuk melembapkan dan menutrisi wajah. Krim malam sendiri ada dua jenis, ada yang untuk kulit kering ada juga yang untuk kulit berminyak. Pemilihan krim malam bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Kamu bisa mengoleskan krim malam ke area wajah dan leher secara merata, beri sedikit pijatan agar semua bahan meresap. Setelah melakukan urutan skincare, pastikan kamu cukup tidur agar kulit bisa bekerja dengan optimal.


(brl/guf)

Related News

(brl/guf)