7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaat untuk wajah

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaat untuk wajah

Brilio.net - Produk skincare semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Banyak brand skincare mulai dari brand lokal hingga internasional yang terus berinovasi untuk menciptakan formulasi skincare terbaik. Seperti yang kita tahu, dewasa ini banyak sekali produk skincare yang menjadi incaran berkat beberapa kandungan aktif yang terkandung di dalamnya, tak terkecuali dengan penggunaan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan.

Sebelumnya, Korea Selatan sudah lebih dulu menggunakan bahan-bahan alami di dalam skincare-nya seperti racun lebah, lendir siput, ekstrak daun teh hijau, kacang kedelai, dan ginseng. Kini, banyak brand skincare saat ini yang mulai berinovasi menggunakan bahan fermentasi probiotik untuk dijadikan bahan utama dalam produknya.

Fermentasi sendiri adalah proses pengawetan alami yang melibatkan mikroorganisme seperti ragi dan bakteri yang akan menghasilkan zat atau senyawa baru seperti alkohol atau asam. Lantas apa itu probiotik?

Probiotik adalah mikroorganisme yang hidup di sistem pencernaan manusia, biasanya berupa bakteri atau jamur. Namun probiotik bukanlah tipe bakteri atau jamur yang menyerang tubuh, justru probiotik membantu melindungi dan menjaga kesehatan pencernaan, itulah sebabnya probiotik kerap disebut sebagai 'bakteri baik'. Probiotik sendiri terdiri dari berbagai macam, salah satunya lactobacillus, yang bisa digunakan sebagai bahan kandungan skincare.

Probiotik bisa digunakan sebagai bahan kandungan skincare karena manfaatnya yang cukup beragam untuk perawatan kulit, di antaranya mampu menjaga kelembapan kulit, bersifat anti-aging, mampu menenangkan kulit meradang, dan bagus untuk mencerahkan kulit. Berkat beragam manfaat yang baik untuk perawatan kulit, kini banyak brand skincare yang telah menggunakan berbagai macam bahan fermentasi probiotik sebagai salah satu kandungannya.

Bagi kamu yang ingin mencoba menggunakan skincare yang mengandung bahan fermentasi probiotik pada skincare, brilio.net akan memberikan 7 daftar skincare yang mengandung bahan fermentasi probiotik di dalamnya beserta manfaatnya untuk wajah, yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/3).

1. Mamonde First Energy Serum

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: mamonde.com

Serum wajah dari Korea Selatan ini mengandung flower aged vinegar, yakni hasil fermentasi bunga yang kaya akan antioksidan, serta lactobacillus dari fermentasi bunga honeysuckle. Serum ini telah dirancang agar dapat menghidrasi kulit kering secara maksimal, dan bagus untuk mengencangkan kulit wajah, sehingga mengurangi adanya garis-garis halus dan keriput.

Tak hanya itu, serum dari Mamonde ini juga mampu melembapkan wajah dan menghindari paparan radikal bebas berkat kandungan antioksidan di dalamnya.

2. Natur Miracle Renew Skin Face Serum Ginseng & Probiotic

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: naturbringsbeauty.com

Sesuai dengan namanya, Natur Miracle Renew Skin Face Serum Ginseng & Probiotic mengandung ginseng yang kaya antioksidan dan diperkaya dengan kandungan probiotik alami. Kedua kandungan tersebut bermanfaat untuk membantu kulit tampak lebih kencang, kenyal, dan cerah.

Kandungan antioksidannya serta probiotik di dalamnya mampu mencegah munculnya garis-garis halus penyebab penuaan dini. Serum ini memiliki tekstur yang agak kental dan cepat meresap ke kulit.

3. SK-II Facial Treatment Mask

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: sk-ii.co.id

SK-II Facial Treatment Mask ini diperkaya dengan kandungan Pitera yang merupakan sebuah hasil fermentasi ragi yang kaya akan multivitamin, mineral, asam amino, dan protein. Facial Treatment Mask sendiri berfungsi untuk mencerahkan, melembapkan, dan menutrisi kulit wajah.

Face mask dari SK-II ini juga mampu membuat kulit lebih kenyal dan mencegah penuaan dini. Bahan lembaran sheet mask nya pun nyaman, cocok untuk sesi memanjakan diri di rumah.

4. Innisfree Derma Formula Green Tea Probiotics Cream

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: innisfree.com

Krim wajah dari Innisfree ini secara umum bermanfaat untuk melembapkan kulit, serta bagus untuk memperbaiki kondisi lapisan kulit yang terkena dampak buruk berbagai faktor, seperti polusi udara dan sinar matahari. Innisfree Derma Formula Green Tea Probiotics Cream mengandung probiotik tipe lactobacillus ferment lysate dari green tea untuk menenangkan kulit meradang.

Selain mengandung lactobacillus ferment lysate, krim wajah ini juga mengandung ceramide dan ekstrak green tea seed yang bagus untuk melembapkan kulit wajah. Kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu mencegah paparan radikal bebas yang akan menyebabkan masalah pada wajah.

5. The Bath Box Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: thebathbox.co.id

The Bath Box Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum mengandung dua jenis peptide yang bisa mengurangi penampakan kerutan pada wajah. Serum ini juga terdapat 30 persen galactomyces ferment filtrate dan lactococus ferment lysate yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk kulit. Mulai dari meningkatkan hidrasi, menjaga dan memperbaiki skin barrier, sampai dengan menstabilkan pH kulit dan microbiome.

Sesuai dengan namanya The Bath Box Peptide Probiotic Anti-Aging Facial Serum ini mampu membuat kulit menjadi lebih kenyal dan mencegah penuaan dini.

6. Joylab Skinotic Moisture Gel

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: joylabbeauty.com

Salah satu merek lokal yang mengandung bahan fermentasi probiotik adalah Joylab Skinotic Moisture Gel. Produk ini mengandung lactobacillus ferment lysate dan ekstrak buah bergamot yang bersifat anti-aging. Selain itu, produk ini juga mengandung kombinasi sodium hyaluronate dan hydrolyzed hyaluronic acid yang mampu mengunci kelembapan kulit.

Joylab Skinotic Moisture Gel akan membantu kulit akan tampak glowing, halus dan kenyal. Produk ini memiliki tekstur gel yang lembut, ringan, dan ramah pada kulit wajah, sehingga nyaman untuk digunakan sehari-hari.

7. Cosrx Galactomyces 95 Tone Balancing Essence

7 Skincare dengan bahan fermentasi probiotik dan manfaatnya untuk wajah Berbagai sumber

foto: cosrx.com

Cosrx Galactomyces 95 Tone Balancing Essence merupakan produk yang diformulasikan bagi yang memiliki masalah kerutan pada wajah, dalam arti lain produk ini mampu mengatasi berbagai masalah penyebab penuaan. Bisa ditebak dari namanya, bahwa essence ini mengandung galactomyces, yakni hasil dari fermentasi jamur. Bahan tersebut bermanfaat untuk meratakan warna kulit, mengurangi munculnya garis-garis halus, serta melembutkan dan mengencangkan kulit.

Essence ini juga mengandung niacinamide yang ramah pada pori-pori dan bisa mencerahkan kulit. Tak hanya itu, essence ini juga akan membuat kulit menjadi lebih kenyal dan halus.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES