7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi, lembap tanpa minyak

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi, lembap tanpa minyak

Brilio.net - Berbicara tentang kulit memang ada berbagai macam tipenya. Setiap orang pasti memiliki tipe atau jenis kulit yang berbeda-beda. Sedangkan, jenis kulit sendiri pada umumnya terbagi menjadi empat jenis yaitu kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi. Keempat jenis kulit tersebut memiliki ciri yang berbeda-beda pula.

Kulit kering yang sering mengalami pengelupasan dan rasa seperti di tarik setelah mencuci muka. Kulit berminyak dengan ciri mengilap akibat produksi kelenjar keringat yang berlebih. Kulit sensitif yang sering mengalami iritasi akibat kepekaan terhadap suatu zat tertentu, serta kulit kombinasi yang memiliki ciri area T zone yang berminyak dan area lain yang kering.

Kulit kombinasi adalah tipe kulit yang merupakan gabungan antara kulit berminyak dan kulit kering. Tipe kulit ini memang umum dimiliki kebanyakan orang. Untuk membuat kulit wajah tetap mulus dan sehat, perawatan menggunakan produk skincare adalah sebuah keharusan.

Perawatan kulit kombinasi pun tentu berbeda dengan jenis kulit kering, berminyak, maupun sensitif. Sebelum memilih produk skincare yang cocok untuk tipe kulit kamu, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri kulit kombinasi yang kamu miliki.

Beberapa ciri-cirinya adalah sebagian area kulit tampak berminyak dan sebagian lagi terasa kering setelah cuci muka, pelembap wajah jadi terasa berminyak di area T zone yaitu dahi, hidung, atas bibir dan dagu. Selain itu, pori-pori di area hidung tampak lebih besar, serta sebagian wajah terasa kering dan sebagian muncul jerawat secara bersamaan. Berikut rekomendasi skincare yang cocok untuk jenis kulit kombinasi, dikutip dari berbagai sumber, Minggu (20/2).

1. COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: cosrx.com

Gel cleanser dari COSRX ini cocok untuk jenis kulit kombinasi karena memiliki pH sekitar 5,0 hingga 6,0 yang mirip dengan pH alami pada kulit, mampu melembapkan area wajah yang kering dan mengontrol sebum di area berminyak. Produk ini mengandung tea tree oil yang berfungsi untuk mengontrol minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

Tak hanya itu, kandungan BHA nya juga berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit wajah sehingga terasa lebih halus. Selain untuk membersihkan minyak dan kotoran di wajah, gel cleanser dari COSRX ini juga mampu membersihkan sebum serta menghidrasi kulit wajah. Produk ini di banderol dengan harga Rp 130.000.

2. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: garnier.co.id

Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water adalah salah satu produk skincare yang cocok untuk jenis kulit kombinasi. Produk ini merupakan pembersih wajah yang memiliki kandungan minyak didalamnya. Kandungan minyak dan cleansing water pada produk ini efektif untuk mengangkat kotoran dan sisa makeup, tak terkecuali pada makeup waterproof sekalipun.

Selain itu, makeup remover dari Garnier ini juga memiliki teknologi micellar dan argan oil yang akan menutrisi kulit wajahmu. Setelah pemakaian pun kulit wajahmu tak akan merasa kering maupun berminyak. Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water ini dijual dengan harga Rp 39.000.

3. Clarins Cleansing Milk with Gentian.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: Instagram/@dbshop_db

Produk krim pembersih dari Clarins ini memiliki efek sooting dan cocok untuk kulit kombinasi dan bahkan berbagai jenis kulit. Produk ini diperkaya dengan ekstrak-ekstrak tumbuhan murni. Antara lain Gentian, Hawthorn, dan Sage yang dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak pada kulit. Selain itu produk ini juga dapat membuat kulit lebih bersinar, memberikan tampilan wajah yang lembut, dan elastis. Harga dari produk ini adalah Rp 340.000.

4. Nacific Fresh Herb Original Serum.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: en.nacific.com

Serum dari Nacific ini mengandung bahan alami yang akan memberi banyak manfaat pada kulit. Kandungan antioksidannya dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mencegah keriput. Selain itu, produk ini sangat cocok untuk jenis kulit kombinasi karena dapat menyeimbangkan produksi minyak di wajah dengan tetap memberikan kelembapan. Tak hanya antioksidan, serum ini juga mengandung aloe vera yang akan memberikan efek sooting pada kulit. Produk serum ini dibanderol dengan harga Rp 151.000.

5. The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: thebodyshop.co.id

Salah satu produk The Body Shop yang cocok untuk kulit kombinasi ini sangat bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit wajah. Tak hanya itu, produk ini juga dapat menyeimbangkan produksi minyak, terutama pada area T zone.

Produk ini memiliki formula yang berbentuk gel, sehingga mudah meresap pada kulit. The Body Shop Seaweed Oil-Control Gel Cream ini dapat di beli dengan harga Rp 210.000.

6. Wardah White Secret Pure Treatment Essence.

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: wardahbeauty.com

Emina Witch Power Face Toner merupakan skincare untuk kulit kombinasi yang bisa kamu gunakan setelah membersihkan wajah. Tak hanya itu, skincare ini juga bebas alkohol loh. Produk ini memiliki kandungan zinc gluconate yang berfungsi mengontrol produksi sebum / minyak berlebih.

Kemudian ada juga witch hazel sebagai antiinflamasi untuk kulit yang berjerawat. Namun, kamu nggak perlu khawatir kulit jadi kering kok karena toner ini pun formulanya bakalan melembapkan dan menyegarkan kulit. Produk ini dibanderol dengan harga Rp 27.500.

7. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

7 Rekomendasi skincare untuk kulit kombinasi Berbagai sumber

foto: Instagram/@bioremalaysia

Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ ini berupa produk sunscreen yang sangat penting untuk kamu gunakan sehari-hari agar kulit terlindung dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Tak hanya itu, roduk ini dilengkapi dengan aqua micro capsule yang bakalan memberi sensasi sejuk di kulit.

Selain itu, juga mampu melindungi wajah bahkan badan dari sinar UV. Teksturnya juga ringan dan mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama lho. Namun di area kulit yang berminyak, produk ini nggak akan terasa greasy. Dari segi kandungan, ada hyaluronic acid dan citrus essence untuk menjaga kulit tetap lembap dan segar. Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++ ini dijual dengan harga Rp 95.000.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES