Brilio.net - Permasalahan wajah selain jerawat yang sering disepelekan adalah beruntusan yang muncul di wajah. beruntusan memiliki ukuran yang cenderung kecil dan tidak begitu terlihat jika dibandingkan dengan jerawat. Walaupun memiliki ukuran kecil, beruntusan tetap saja mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri.

Beruntusan biasanya muncul di wajah seperti di bagian dahi, dagu, dan pipi. Munculnya beruntusan di tiga titik spot wajah tersebut tentu sangat mengganggu pada saat kita bertemu dengan orang. Selain mengganggu penampilan, beruntusan membuat kamu tidak nyaman pada saat mengusap wajah karena kulit terasa kasar dan tidak halus.

Penyebab munculnya beruntusan di wajah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti faktor perubahan hormon, penggunaan produk skincare yang tidak cocok, kemudian kondisi stres, faktor kebersihan wajah yang tidak terjaga dengan baik.

Nah, untuk mengatasi beruntusan di wajah yang sulit untuk dihilangkan, kamu tidak perlu khawatir. Terdapat berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi beruntusan di wajah. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami atau dengan cara perawatan wajah sehari-hari.

Lantas perawatan apa saja yang bisa mengatasi beruntusan di wajah? berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (18/3).

1. Chemical peeling.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/kroshka__nastya

Perawatan pertama yang bisa kamu lakukan untuk atasi beruntusan di wajah yaitu dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan yakni chemical peeling. Chemical peeling merupakan perawatan wajah dengan menggunakan prosedur medis seperti pengangkatan sel-sel kulit mati pada lapisan terdalam. Prosedur ini memberikan hasil kulit baru yang lebih halus dan mulus.

Perawatan ini harus dilakukan di klinik kecantikan dan dengan pendampingan dokter kecantikan. Hal ini dikarenakan chemical peeling menggunakan bahan kimia yang bisa membantu proses pengelupasan kulit mati.

2. Terapi laser.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/kroshka__nastya

Perawatan atasi beruntusan di wajah selanjutnya yaitu dengan menggunakan terapi laser di klinik kecantikan. Terapi laser yang digunakan di klinik kecantikan ini diperuntukan bagi kamu yang memiliki permasalahan jerawat yang disebabkan oleh jerawat dan rosacea.

Terapi laser merupakan terapi yang bisa digunakan secara ampuh untuk mengatasi beruntusan di wajah dengan waktu cepat. Setelah melakukan perawatan ini, wajah menjadi halus tanpa beruntusan.

Cara kerja terapi laser yaitu dengan membantu menghilangkan lapisan kulit secara presisi sehingga menciptakan sel kulit baru. Sel kulit baru ini lah yang membuat kulit menjadi lebih halus, sehat, dan tampak cerah.

3. Ekstraksi.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Freepik/kroshka__nastya

Ekstraksi menjadi perawatan mengatasi beruntusan di wajah selanjutnya. Perawatan ini bisa kamu lakukan di klinik kecantikan dengan pendampingan dokter. Ekstraksi merupakan perawatan kecantikan untuk menghilangkan beruntusan dengan cara mengeluarkan cairan isi beruntusan menggunakan alat khusus.

Penggunaan perawatan ekstraksi di klinik kecantikan tidak biasanya digunakan untuk mengatasi beruntusan karena milia. Untuk mendapatkan hasil optimal kamu bisa melakukan perawatan ini di klinik kecantikan secara rutin.

4. Mengompres dengan air dingin.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/arinakrasnikova

Selain menggunakan perawatan dari klinik kecantikan, kamu bisa lho memanfaatkan air dingin untuk mengatasi beruntusan di wajah. Caranya yaitu dengan mengompres area beruntusan menggunakan air dingin atau es batu. Cara kerja es batu untuk mengatasi beruntusan yaitu dengan memperlambat peradangan dan mengecilkan pori-pori pada kulit sehingga produksi minyak berlebihan.

5. Rutin membersihkan wajah.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/sorashimazaki

Penyebab utama dari munculnya beruntusan di wajah karena kondisi wajah kotoran yang tidak dibersihkan. Untuk mengatasinya yaitu dengan rutin membersihkan wajah sebelum kamu tidur. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu. Kamu bisa menggunakan teknik double cleansing untuk hasil yang optimal.

6. Eksfoliasi wajah.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Pexels/koolShooters

Perawatan wajah beruntusan selanjutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi wajah adalah perawatan dengan cara menggosokkan scrub ke kulit wajah. Teknik ini bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati yang bisa menjadi penyebab utama beruntusan.

7. Menggunakan tabir surya.

Perawatan atasi bruntusan di wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay/sammysander

Penggunaan tabir surya sangat penting digunakan bagi kamu yang memiliki permasalahan wajah seperti beruntusan. Kamu bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30. Tabir surya ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit beruntusan dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit kamu.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)