Brilio.net - Lemon dikenal sebagai bahan alami yang kaya akan vitamin C, asam sitrat, dan efek detoksifikasinya. Kandungan tersebut membuat lemon memiliki banyak manfaat. Manfaat lemon yang banyak diketahui salah satunya adalah untuk perawatan wajah.

Bagi kamu yang ingin melakukan perawatan wajah namun dengan cara alami, lemon bisa menjadi pilihan utama karena bahan alami satu ini aman untuk digunakan. Bahkan jika kamu melihat beberapa produk kecantikan masa kini, ada yang menggunakan lemon sebagai bahan utamanya.

Lemon mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, kalium, asam solfat, vitamin B5, B3, B1, dan B2, fosfor. Berbagai kandungan tersebut memberikan beragam manfaat untuk kecantikan wajah.

Penggunaan lemon sebagai bahan kecantikan wajah menjadi bahan favorit bagi masyarakat karena mudah didapat. Penggunaannya juga cenderung tidak terlalu sulit dan lebih praktis.

Perawatan wajah dengan menggunakan lemon bisa kamu praktikkan di rumah. Namun ada satu poin yang perlu kamu ingat. Dilansir dari healthline (09/02), menyebutkan bahwa tidak semua bahan alami tak memberikan dampak negatif atau efek samping. Penggunaan lemon di wajah yang salah dapat menyebabkan kerusakan kulit wajah. Hal ini tergantung dengan cara mengaplikasikan lemon ke wajah.

Jika ingin menggunakan lemon untuk perawatan wajah, kamu harus mengetahui tentang cara penggunaan lemon yang benar. Pastikan juga jenis kulit kamu sensitif atau tidak. Hal itu dilakukan agar kamu terhindar dari dampak negatif serta efek samping dari penggunaan lemon yang salah.

Nah, lantas apa saja sih manfaat lemon untuk kecantikan wajah? Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (09/02), berikut 7 manfaat lemon untuk wajah, bisa bikin kulit tetap kencang.

1. Mengatasi jerawat.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Whyhomestudio

Dilansir dari healthline, lemon memiliki kualitas astringent dikarenakan tingkat keasamannya. Kandungan tingkat pH yang rendah membuat lemon bermanfaat untuk mengurangi tingkat peradangan serta dapat menghambat produksi minyak yang akan menimbulkan munculnya jerawat.

Kandungan asam sitrat pada lemon seperti asam alfa hidroksa (AHA) membuat lemon dapat memecahkan sel-sel kulit mati. Sel-sel kulit mati inilah yang menjadi penyebab utama munculnya jerawat non-inflamasi atau biasa disebut dengan komedo.

Cara menggunakan lemon untuk mengobati jerawat terbilang mudah. Cukup sediakan setidaknya satu buah lemon. Kemudian peras lemon tersebut. Perasan air lemon dicampurkan ke dalam air.

Langkah selanjutnya kamu hanya perlu mengoleskan air lemon tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Kamu pun dapat menggunakan kapas atau cotton bud untuk mengoleskannya. Langkah terakhir, diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih.

Terdapat cara lain untuk pengobatan jerawat menggunakan lemon. Cara ini berbeda dengan cara sebelumnya. Caranya cukup dengan memeras lemon sebanyak satu buah yang dicampur dengan tiga gelas air putih. Simpan campuran perasan lemon dan air putih tersebut di sebuah botol. Kamu harus rutin mengonsumsi perasan air lemon setidaknya sehari sekali.

2. Menyamarkan bekas jerawat.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pixabay / Kjerstin_Micahela

Selain dapat mengatasi jerawat di wajah, lemon juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas jerawat. Kandungan alpha hydrocy acid (AHA) yang ada di dalam lemon bisa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Kandungan asam sitrat yang memiliki eksfolian dapat melepaskan sisa-sisa sel kulit mati. Maka dari itu luka bekas jerawat yang merupakan sel kulit rusak bisa segera tergantikan dengan sel kulit baru.

Cara menyamarkan bekas jerawat dengan menggunakan lemon sangat mudah. Kamu bisa langsung mengusapkan potongan buah lemon pada muka yang berjerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Untuk hasil yang maksimal kamu harus rutin melakukannya setiap hari.

3. Mencerahkan kulit wajah.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Dianagrytsu

Ternyata lemon juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit wajah. Hal ini bisa terjadi karena kandungan vitamin C dan asam sitrat yang dapat bekerja dengan baik untuk mencerahkan bintik-bintik hitam akibat penuaan dini atau bahkan bintik hitam karena bekas jerawat. Tidak hanya itu, vitamin C yang ada di dalam buah lemon juga bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

Cara penggunaan lemon untuk mencerahkan wajah yaitu dengan membuat buah ini menjadi masker alami dan mengonsumsi jus lemon secara rutin. Caranya untuk membuat lemon menjadi masker pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyediakan satu buah lemon dan air. Campurkan air lemon dengan air, kemudian oleskan pada wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air bersih.

Kamu juga bisa mencampurkan air lemon dan madu untuk dijadikan masker. Cukup gunakan satu sendok madu dan oleskan pada wajah. Kemudian diamkan 10 hingga 20 menit. Bilas dengan menggunakan air hangat dan lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Meningkatkan kolagen dan membuat kulit wajah menjadi kencang.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels / Sarah Chai

Dilansir dari healtline.com, buah lemon dapat meningkatkan kolagen pada kulit. Kolagen merupakan protein yang akan rusak secara alami pada saat pertambahan usia seseorang. Kerusakan kolagen inilah yang menjadi penyebab munculnya garis-garis halus atau kerutan pada wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada lemonlah yang dapat memberikan manfaat untuk mencegah radikal bebas penyebab kerusakan kolagen. Melalui penggunaan lemon secara rutin, kulit wajah kamu akan menjadi lebih halus dan kencang.

Cara menggunakan lemon untuk meningkatkan kolagen tidak jauh berbeda dengan cara memanfaatkan lemon guna mencerahkan kulit wajah. Kamu hanya perlu membuat masker dari air lemon yang ditambah dengan satu sendok madu.

5. Membersihkan wajah secara alami.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Dashu83 mba

Lemon juga bermanfaat untuk membersihkan wajah secara alami. Kamu bisa menggunakan lemon untuk membuat toner.

Cara membuat toner dari lemon sangat mudah. Sediakan satu buah lemon, minyak esensial (bisa menggunakan lavender atau chamomile). Caranya hanya dengan mencampurkan kedua bahan tersebut. Jika toner sudah jadi, cukup oleskan ke wajah dengan menggunakan kapas.

Selain dijadikan sebagai toner. Terdapat cara lain untuk membersihkan wajah secara lami, yaitu dengan membuat masker lemon dan yogurt. Caranya, cukup campurkan perasan air lemon dan campur dengan 1/2 cangkir yogurt. Masker ini akan memberikan manfaat seperti membuat wajah lebih bersih dan melembapkan wajah.

6. Mengobati bibir pecah-pecah.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels / Mart Production

Kaya akan kandungan vitamin C membuat buah lemon bisa digunakan untuk mengobati bibir pecah-pecah. Bibir pecah-pecah tentunya membuat tidak nyaman karena bibir terasa kering.
Maka dari itu, kamu bisa menggunakan lemon untuk mengobati bibir yang pecah-pecah.

Caranya cukup mudah. Gosokkan potongan buah lemon pada bibir. Lakukan cara ini menjelang tidur malam. Keesokan harinya, jangan lupa untuk membilas bibirmu. Rutin melakukan cara tersebut dapat membuat bibir kamu terasa lebih halus.

7. Mengatasi wajah berminyak.

Manfaat lemon untuk wajah Berbagai sumber

foto: freepik / Katemangostar

Wajah yang berminyak membuat kulit terlihat lebih kusam dari kulit normal pada umumnya. Salah satu manfaat lemon adalah bisa mengatasi wajah yang berminyak. Lemon dapat menghambat produksi minyak berlebih pada wajah. Alasannya karena adanya kandungan asam sitrat pada lemon. Asam sitrat ini bekerja sebagai astringen (mengatasi terjadinya kerutan pada jaringan wajah yang menjadi penyebab kurangnya sekresi).

Cara menggunakan lemon untuk mengatasi wajah berminyak sangat sederhana. Kamu hanya perlu meneteskan air lemon ke kapas kemudian usapkan ke wajah secara rutin dan lakukan cara ini setelah selesai mandi.

(brl/red)

Related News

(brl/red)