Brilio.net - Beberapa bahan kecantikan dunia berasal dari bahan alami, mulai dari tumbuhan, sayur, hingga buah-buahan. Bahan alami juga memiliki khasiat penyembuhan dan manfaat untuk kesehatan. Bahan alami lebih disukai karena tidak terlalu menimbulkan efek samping berlebih.


Meski demikian, bukan berarti bahan alami lantas tidak dapat menimbulkan iritasi atau efek samping lain. Namun, efek samping tersebut masih bisa diatasi dan dihindari dengan mudah. Misalnya dengan kandungan penetral seperti susu, minyak esensial, madu, dan lainnya.


Nah, buat kamu yang sedang mencari bahan alami kecantikan, bisa menggunakan lemon dan madu. Lemon kaya akan vitamin C, asam buah alami. Kandungan ini dapat membersihkan antioksidan dan mampu mengurangi kerusakan kulit. Tapi asam yang terkandung di dalam lemon itu sangat menyengat. Jadi lemon bisa sangat mudah membakar kulit dan menyebabkan iritasi, terutama bagian wajah yang sensitif.


Untuk itu kamu perlu mencampur sari lemon dengan madu. Madu sendiri sudah dikenal di seluruh dunia yang bisa meremajakan kulit. Madu memiliki kandungan alami antibakteri. Madu dapat membunuh bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Loading...


Nah, apa saja nih manfaat lemon dan madu untuk kecantikan wajah alami? Simak deretan khasiatnya seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (6/8).


1. Mencegah dan menghilangkan jerawat.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Jus lemon mengandung antioksidan. Kandungan ini dapat membantu mengurangi kerusakan kulit dan penuaan dini. Kerusakan kulit terutama akibat jerawat. Ditambah dengan bantuan madu yang juga tinggi antioksidan dan antiinflamasi, aman untuk wajah. Dua campuran bahan ini dapat mencegah dan merawat wajah dari jerawat.


2. Mengurangi iritasi kulit.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Lemon mengandung tingkat pH yang tinggi. Sebab itu lemon dapat mengurangi minyak pada kulit dan mengurangi peradangan.

Sedangkan madu mengandung senyawa flavonoid dan polifenol. Senyawa ini dapat bertindak sebagai antioksidan. Ketika diterapkan pada kulit, madu bisa mengurangi aktivitas senyawa inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi kulit.


3. Anti jamur.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Selain di punggung atau tangan, jamur juga bisa muncul di area wajah. Salah satu obat alami yang didapatkan dari lemon adalah kandungan antijamur. Dilansir brilio.net dari healthline, jus lemon memiliki sifat antijamur, termasuk kemampuan untuk membunuh strain jamur Candida pada kulit.

Supaya wajah tidak terbakar, kamu bisa menambahkan dengan madu alami. Khasiat madu dipercaya sebagai metode hebat pelembab wajah.


4. Mencerahkan kulit.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Lemon mengandung asam yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit secara alami, termasuk bintik-bintik penuaan dan bekas jerawat. Sama halnya dengan madu, bahan ini mengandung enzim alami yang dapat membantu menghilangkan sel-sel mati pada kulit. Inilah salah satu alasan mengapa madu menjadi pilihan tepat sebagai exfoliator alami untuk kulit.


5. Mencerahkan bibir.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu dapat mencerahkan bibir. Nggak heran jika beberapa orang memakai madu untuk scrub bibir. Ditambah dengan ekstrak lemon, campuran ini dapat menghilangkan noda pada bibir. Lemon dan madu juga bisa membuat bibir lebih cerah dan lembut.


6. Mengurangi kerutan wajah.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Air lemon juga dapat menghilangkan kerutan dini. Dibantu dengan madu sebagai pelembab alami. Aplikasikan campuran dua bahan ini pada wajah, terutama di bawah mata. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan minyak almond secukupnya. Jadikan lemon dan madu sebagai masker dan lakukan setidaknya dua kali dalam seminggu.


7. Membuat kulit lebih lembut.

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, madu adalah bahan pelembab alami. Sifat lembab yang ada pada madu, mampu membantu kulit lebih lentur, lembut, dan kenyal.

Efek positif ini akan lebih bekerja dengan campuran sari lemon. Campurkan kedua bahan masing-masing dua sendok makan. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.


Cara menggunakan lemon dan madu pada wajah. 

lemon dan madu cantik freepik

foto: freepik.com

Kamu yang ingin merawat kulit wajah dengan baik, facial dari bahan alami bisa jadi pilihan terbaik. Facial alami lebih murah dan tidak menimbulkan efek samping berlebih. Kamu bisa memanfaatkan lemon dan madu. Dua bahan ini tak hanya dapat dikonsumsi, tapi bisa jadi masker wajah.


Lemon penuh dengan kandungan AHA dan BHA yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati, membersihkan komedo, jerawat, dan mencerahkan. Sedangkan madu adalah antioksidan alami dan antibakteri. Berikut cara mudah memakai lemon dan madu, seperti brilio.net kutip dari Style Craze.


Bahan:
- 2 sendok madu asli
- satu buah lemon


Cara membuat:

Campurkan dua bahan tersebut. Aduk sampai rata. Cuci tangan terlebih dulu, lalu celupkan jari telunjuk ke adonan. Oleskan bahan ke seluruh wajah atau bibir (scrub) hingga rata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Related News