Brilio.net - Memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing adalah dambaan bagi setiap orang. Kulit yang sehat tentunya perlu mendapatkan perawatan yang rutin. Perawatan kulit wajah bisa dilakukan dengan menggunakan skincare rutin. Salah satunya skincare yang memiliki kandungan collagen. Collagen memiliki peran penting dalam memelihara kesehatan tubuh, terutama kulit.

Dilansir dari Healthline, collagen merupakan protein yang paling melimpah di tubuh, terhitung sekitar sepertiga dari komposisi proteinnya. Collagen memiliki berbagai peran penting, termasuk memberikan struktur pada kulit kamu dan membantu pembekuan darah.

Nah, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, berikut 7 manfaat collagen untuk wajah, Minggu (6/2).

1. Meningkatkan kesehatan kulit.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Collagen merupakan komponen utama bagi kulit kamu, maka dari itu collagen sangat penting. Collagen juga memiliki peran yang banyak dalam memperkuat kulit serta dapat membuat kulit terasa elastis dan terhidrasi.

Seiring bertambahnya usia, collagen dalam tubuh akan lebih sedikit, sehingga dapat membuat kulit kering dan membentuk kerutan pada kulit. Namun ini semua dapat diatasi dengan suplemen atau skincare yang mengandung collagen agar dapat membantu memperlambat penuaan kulit.

2. Mengatasi bekas luka.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Bekas luka terkadang membuat tak nyaman dalam berpenampilan, bahkan dapat membuat kepercayaan diri berkurang. Misalnya saja luka akibat bekas jerawat. Nah, ternyata dengan mengandalkan collagen, bekas luka kamu bisa hilang, lo.

Caranya dengan menggunakan skincare atau menggunakan suplemen yang kaya akan kandungan collagen. Tidak hanya itu, collagen yang terdapat pada buah stroberi, tomat, blueberry dan juga sayuran hijau dapat membantu dan memperbaiki bekas luka secara alami. Bahkan collagen juga dapat membantu membentuk jaringan sehat yang baru, sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

3. Melembapkan kulit.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Kulit membutuhkan kelembapan, salah satunya untuk kulit wajah yang kering. Kandungan collagen biasanya terdapat pada pelembap wajah atau body lotion untuk kulit. Sebagian orang memiliki tipe kulit yang kering, maka dari itu perlu dirawat, salah satunya dengan menggunakan collagen. Collagen dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit, dengan cara mengonsumsi suplemen atau menggunakan skincare yang mengandung collagen.

4. Mencerahkan kulit.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat selanjutnya dari collagen adalah mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan kandungan collagen terdapat asam amino dan protein yang dapat mencerahkan kulit.

Asam amino sendiri sangat bagus untuk menjaga lapisan terluar kulit agar tetap halus dan sehat. Maka dari itu tetap pertahankan collagen dalam tubuh kamu supaya kandungan collagen dalam tubuh tetap terjaga dan seimbang. Sehingga kulit wajahmu akan tetap terlihat muda berseri.

5. Mencegah keriput.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat collagen selanjutnya adalah mencegah keriput atau penuaan dini. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan tanpa memperhatikan kondisi kulit, dan sering terbentur dengan polusi yang menyebabkan kulit cepat keriput. Collagen menjadi salah satu manfaat yang penting dalam hal ini. Dengan mengandalkan suplemen atau skincare yang memiliki kandungan collagen, bantu atasi permasalahan kulit keriput.

6. Meningkatkan kekuatan rambut dan kuku.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Tidak hanya kulit wajah saja, ternyata collagen juga bermanfaat baik untuk rambut dan kuku. Karena collagen mampu melawan radikal bebas yang dapat memengaruhi tekstur, pertumbuhan, dan ketebalan rambut. Collagen juga dapat mencegah kerapuhan kuku, serta dapat merangsang pertumbuhan kuku agar lebih panjang.

7. Melancarkan sirkulasi darah.

Manfaat Collagen untuk wajah  © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Manfaat collagen selanjutnya adalah melancarkan sirkulasi darah. Collagen dapat memperkuat struktur pembuluh darah dan dapat meningkatkan kelenturan. Jika pembuluh darah kuat, maka darah dari jantung yang mengalir dapat mengalir sempurna ke seluruh tubuh, termasuk bagian kulit.

Peredaran darah yang lancar dapat menampung banyak oksigen dan zat gizi yang dikirimkan menuju sel-sel kulit. Hal ini, tidak hanya membuat kulit kamu jadi sehat, tapi juga glowing.

(brl/lin)

Related News

(brl/lin)