7 Manfaat charcoal untuk wajah, hilangkan komedo membandel

7 Manfaat charcoal untuk wajah, hilangkan komedo membandel

Brilio.net - Berbagai permasalahan kulit akibat seringnya terpapar debu, polusi udara dan sebum yang menumpuk pasti pernah di rasakan oleh semua orang. Aktivitas diluar ruangan akan sangat berpotensi menyebabkan radikal bebas, debu dan sebum akan menempel pada wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Membersihkan wajah yang kurang maksimal akan menyebabkan kotoran dan sebum yang menumpuk pada wajah tidak terangkat secara optimal. Hal itulah yang akan menyebabkan munculnya jerawat dan komedo pada wajah.

Komedo pada wajah umumnya terdapat pada bagian kulit yang memiliki produksi minyak berlebih. Oleh sebab itu, menggunakan produk skincare untuk menghilangkan komedo dan mencegah munculnya komedo pada kulit wajah bisa menjadi suatu pilihan. Produk skincare yang dipilih untuk menghilangkan komedo salah satunya adalah yang memiliki kandungan charcoal di dalamnya.

Charcoal atau arang merupakan salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk memaksimalkan perawatan kulit. Charcoal akhir-akhir ini juga menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan kulit yang digemari para beauty blogger.

Berbagai nutrisi yang terkandung di charcoal dipercaya efektif membuat kulit jadi makin halus, bersih serta terbebas dari masalah komedo membandel. Charcoal juga memiliki kandungan karbon aktif yang berguna untuk menyerap bakteri, racun, dan juga partikel yang menempel pada kulit.

Charcoal bisa ditemui dalam berbagai jenis skincare seperti krim gel, sheet mask, peel off mask dan produk lainnya. Untuk lebih lengkapnya, brilio.net akan merangkum 7 manfaat charcoal untuk wajah yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/2):

1. Menghilangkan komedo di wajah

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Penggunaan skincare yang menggunakan bahan utama charcoal adalah salah satu cara untuk menghilangkan komedo pada wajah. Komedo muncul akibat berbagai kotoran yang mengendap di pori-pori seperti sisa makeup, debu dan tumpukan sebum yang tidak di bersihkan secara optimal.

Produk yang dapat kamu gunakan adalah peel off mask charcoal. Kandungan karbon di dalamnya efektif untuk mengangkat komedo yang membandel sekalipun.

2. Antibakteri dan antijamur

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Charcoal telah terbukti efektif untuk mengusir bakteri dan jamur serta radikal bebas yang akan menyebabkan masalah pada kulit wajah. Hal ini karena charcoal mengandung zat anti jamur dan anti bakteri, sehingga kulit wajah akan terhindar dari masalah seperti jerawat dan iritasi.

Itu sebabnya, salah satu manfaat sabun charcoal yang bisa didapatkan adalah mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

3. Mengatasi kulit berminyak

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Minyak pada kulit memang diperlukan untuk menjaga keseimbangan kulit agar tidak terlalu kering. Namun, produksi minyak yang berlebih justru akan menyebabkan munculnya berbagai masalah pada kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

Oleh sebab itu, kulit yang sehat adalah yang memiliki kelembapan seimbang, tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Sabun yang mengandung charcoal bisa digunakan untuk mengatasi masalah minyak berlebih di kulit wajah.

4. Mencegah penuaan dini

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Memiliki wajah awet muda adalah keinginan semua orang. Penggunaan masker dan krim yang mengandung charcoal akan membantu menghindari munculnya garis halus pada kulit berkat zat aktif pada charcoal. Sehingga wajah akan nampak lebih halus dan awet muda.

5. Mengecilkan pori-pori

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Seringnya beraktifitas di luar ruangan membuat polusi akan menempel dan menumpuk pada wajah sehingga mengakibatkan pori-pori wajah akan membesar. Nah, untuk mengecilkan pori-pori serta membersihkan segala kotoran di wajah, kamu bisa gunakan masker charcoal di malam hari. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Mengatasi iritasi pada kulit wajah

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Adanya kandungan karbon aktif pada arang, membuatnya bermanfaat untuk kulit yang iritasi. Bahan alami yang ada pada arang bermanfaat untuk menyembuhkan kulit dari gigitan serangga, sengatan, goresan, luka, dan juga infeksi ringan.

Penggunaan skincare yang mengandung charcoal seperti krim, masker, dan fash wash akan membantu mengangkat racun dan bakteri pada kulit. Ditambah lagi, kandungan arang juga bisa meredakan nyeri luka, perih, dan juga bengkak.

7. Menghilangkan jerawat

7 Manfaat charcoal untuk wajah pexels.com

foto: pexels.com

Penggunaan produk skincare yang mengandung charcoal juga akan sangat bermanfaat bagi pemilik kulit berjerawat. Tak hanya itu, berkat formulasinya yang mampu mengangkat minyak berlebih dan komedo, jerawat pada kulit wajah tidak akan muncul.

Adanya kandungan antiinflasmasi pada arang membuat jerawat di wajah lebih cepat mengering. Sehingga kulit akan lebih halus dan bersih.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES