7 Manfaat air mawar untuk wajah, kulit jadi sehat dan berseri

7 Manfaat air mawar untuk wajah, kulit jadi sehat dan berseri

Brilio.net - Penggunaan air mawar ternyata telah digunakan selama ribuan tahun yang lalu. Semenjak dulu, air mawar dipercaya sebagai bahan tradisional yang berkhasiat untuk kecantikan dan bisa digunakan untuk campuran makanan bahkan minuman.

Begitu banyak manfaat air mawar untuk kehidupan manusia. Bahkan sampai saat ini pun air mawar masih digunakan di kehidupan sehari-hari terutama untuk kecantikan. Dan saat ini sudah banyak brand-brand skincare yang mengombinasi produknya dengan air mawar.

Dilansir dari Byrdie.com pada Kamis (10/2) air mawar merupakan hasil penyulingan dari kelopak bunga mawar dengan uap air.

Air mawar cocok digunakan untuk kulit yang mulai memunculkan tanda-tanda penuaan dini. Salah satu tandanya seperti kulit kusam, elastisitas kulit yang mulai berkurang, munculnya bintik hitam dan keriput yang tidak diingankan.

Manfaat air mawar untuk wajah

Berbagai manfaat bisa kita dapatkan dari air mawar. Air mawar memiliki kemampuan untuk menghidarasi, menenangkan, memberikan kekuatan antiseptik, antiinflamasi, anitbakteri alami, dan antivirus. Berikut ini 7 manfaat air mawar untuk wajah yang telah brilio.net rangkum dari berbagai sumber (10/02).

1. Dapat digunakan sebagai toner

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels / Karolina Grabowska

Air mawar ternyata dapat digunakan sebagai toner dari bahan alami. Air mawar dapat digunakan sebagai toner karena memiliki sifat antibakteri dan sifat anti-inflamasi yang akan menenangkan kulit karena iritasi.

Dilansir dari Byrdie.com Dr.Ava Shamban pendiri Ava MD, menjelaskan bahwa air mawar bisa digunakan untuk mencegah produksi sebum yang berlebihan. Fungsi air mawar yang digunakan sebagai penjernih, berkhasiat untuk memperbaiki pori-pori wajah yang membesar. Toner dari air mawar ini cocok untuk digunakan berbagai macam jenis kulit.

Cara penggunaan toner dari air mawar ini cukup mudah. Hanya perlu menuangkan ke wajah atau bisa kamu semprotkan langsung ke wajah. Dan usap secara halus dengan menggunakan kapas.

2. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik.com / Whyhome_studio

Air mawar yang memiliki kandungan antiseptik bisa berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain memiliki kandungan antiseptik yang dapat membunuh bakteri. Adanya sifat antibakteri juga ikut andil dalam mengurangi jerawat di wajah.

Untuk mencegah munculnya jerawat di wajah, hal yang perlu kamu lakukan yaitu dengan membersihkan wajah menggunakan air mawar. Cara ini dilakukan setiap pagi, sebelum kamu menggunakan make up dan skincare. Lalu gunakan lagi pada malam hari dengan cara yang sama.

3. Mencegah penuanaan

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Cookie_studio

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa air mawar memiliki khasiat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Seperti munculnya kerutan di wajah.

Air mawar bisa berkhasiat untuk mencegah penuaan dini karena adanya zat di dalam air mawar yang bernama Rose Hip Seeds. Di dalam zat tersebut, ditemukan vitamin C. Nah vitamin C, ini lah yang akan berperan sebagai antioksidan.

Jika kamu mengoleskan air mawar ke wajah, vitamin C akan bekerja dan kulit akan menyerap semua nutrisi tersebut. Efek positif dari penggunaan air mawar ini yakni mencegah munculnya kerutan dan garis halus di wajah.

4. Bisa menyeimbangkan pH kulit

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Valuavitaly

Air mawar bisa digunakan untuk menyeimbangkan pH kulit. Dengan menyeimbangkan pH kulit, maka dari itu air mawar bisa digunakan untuk mencegah produksi minyak berlebih dan mengatasi munculnya kulit kering.

5. Dapat mengobati peradang kulit

Air mawar bisa berkhasiat untuk mengurangi kemerahan pada kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sifat anti-inflamasi di dalam air mawar. Sifat anti-inflamasi membantu untuk mengurangi kemerahan karena terjadinya iritasi pada kulit dan timbulnya jerawat.

6. Membuat kulit wajah cerah, sinar dan berseri

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Freepik / Cookie_atudio

Manfaat air mawar selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi cerah. Air mawar bisa membuat wajah menjadi cerah dan berseri karena adanya kandungan vitamin A dan vitamin E. Kedua vitamin ini sangat berguna untuk membantu eksfoliasi pada kulit wajah.

Tidak hanya vitamin A dan E saja yang membuat yang bisa membuat kulit wajah menjadi cerah. Sifat antioksidan juga membantu penyembuhan jaringan kulit yang rusak dan memperkuat sel-sel kulit.

7. Membuat kulit menjadi lembap

Apakah kamu memiliki kulit yang kering? sudah mencoba menggunakan body lotion tapi tidak mempan? Untuk mengatasi permasalahan kulit yang satu ini, solusinya kamu bisa menggunakan air mawar.

Kamu bisa menggunakan air mawar dengan cara menyemprotkan air mawar ke kulit yang dirasa kering. Setelah menyemprotkan air mawar, kamu harus padukan dengan penggunaan body lotion. Dengan begitu permasalahan kulit kering teratasi dan kulit menjadi lembap.

Cara membuat air mawar

Manfaat air mawar untuk wajah Berbagai sumber

foto: Pexels / Charlotte May

Berbicara mengenai air mawar, kamu sudah mengetahui apa itu air mawar beserta manfaatnya. Namun pasti kalian bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat air mawar?

Cara membuat air mawar cukup mudah Sobat Brilio, kamu bisa membuat racikan air mawar sendiri di rumah. Berikut ini cara membuat air mawar yang mudah.

1. Langkah pertama, campurkan kelopak mawar dengan air.
2. Rebus dengan api kecil dan tunggu hingga mendidih.
3. Setelah mendidih, tutup panci jangan dibuka secara langsung. Diamkan hingga beberapa saat hingga dingin.
4. Setelah dirasa air rebusan sudah mencapai suhu normal, buka tutup panci tersebut. Saring kelopak bunga. Dan langkah terakhir masukan air mawar ke dalam botol bersih dan simpan disuhu normal.


(brl/guf)

tags

Advertising
Advertising
STORIES