Brilio.net - Sebelum mengolahnya menjadi nasi, seseorang biasanya mencuci beras terlebih dahulu dengan air bersih. Setelah bersih, beras baru bisa ditanak sampai jadi nasi. Namun, tak banyak orang yang mengetahui, bahwa air bekas cucian beras memiliki sejumlah manfaat. Setelah mencuci beras, biasanya air bekas cuciannya dibuang begitu saja. Padahal, endapan air cucian beras ataupun air dari beras yang dimasak pun mengandung banyak nutrisi.

Air cucian beras telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. Air cucian beras mengandung vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh.

Meski terlihat sepele, air beras ini mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan, seperti seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Dalam air cucian beras juga terdapat asam amino, gammaoryzanol, dan sifat antioksidan.

Seperti dikutip health.com, Kamis (17/6), seorang profesor dermatologi di Yale School of Medicine, Dr Mona Gohara, mengatakan air beras mengandung vitamin B dan vitamin E yang berkaitan dengan pertumbuhan dan vitalitas rambut.

Loading...

Mengutip ulasan pada 2019 di Dermatology and Therapy, kekurangan vitamin B12 memiliki keterkaitan dengan rambut rontok. Membilas rambut dengan air beras menawarkan perbaikan sementara bagi sebagian orang.

Nah, penasaran bagaimana cara mengolah air beras supaya dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut? Berikut tujuh manfaat air beras untuk rambut dan cara penggunaannya, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (17/6).

1. Mengatasi ketombe.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Kulit kepala dengan pH yang tidak seimbang merupakan salah satu penyebab utama munculnya ketombe. Membilas kulit kepala dengan air beras cukup efektif untuk menyeimbangkan pH kulit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut caranya sangat mudah. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Masalah rambut sering dialami oleh banyak orang, terutama wanita. Air beras dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Hal ini dikarenakan asam amino yang ada dalam air beras, dapat membantu regenerasi rambut dan membantu pertumbuhan rambut jadi lebih cepat. Selain itu, air beras juga mengandung vitamin B, C, dan E, yang selanjutnya membantu pertumbuhan rambut.

Agar rambut dapat tumbuh dengan maksimal, gunakan air beras untuk membilas rambut setelah keramas. Lakukan setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Mengatasi rambut bercabang.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rambut bercabang membuat tampilan jadi tidak indah dan terlihat kusut. Hal ini dikarenakan rambut membutuhkan protein. Air beras dapat digunakan sebagai solusi mengatasi rambut bercabang secara alami karena mengandung banyak protein.

Caranya, rendam ujung rambut bercabangmu dalam air beras selama 15 hingga 20 menit, lalu cuci rambut dengan air bersih. Secara bertahap, rambut akan melihat peningkatan dengan kondisi membaik.

4. Memperkuat akar rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya, akar rambut yang rapuh, atau tidak kuat. Kandungan asam amino dalam air cucian beras dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut.

Tak hanya itu, rambut juga akan lebih halus dan berkilau jika kamu menggunakan air beras sebagai kondisioner alami. Caranya, setelah keramas, basuh rambut dengan air beras. Diamkan sampai 5 menit, lalu bilas.

5. Menyuburkan rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain air bekas mencuci beras, air yang tersisa setelah menanak nasi juga dapat meningkatkan kesuburan rambut. Setelah mencuci rambut dengan shampo, gunakan air cucian beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut dengan air beras. Lakukan perawatan ini minimal dua kali seminggu.

6. Menjaga warna alami rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari dapat membuat warna rambut jadi memerah dan tidak sehat. Para wanita dari sebuah desa di China (Huanglo) menggunakan ramuan air beras untuk merawat rambutnya. Bahkan para wanita yang sudah berusia senja pun tidak memiliki uban di rambutnya. Sederhananya, air beras dapat membantu menyuburkan rambut sekaligus menjaga warna alami rambut hitam.

Kalau kamu ingin rambut tetap terjaga keindahannya sekaligus terlihat lebat, kamu bisa mencuci rambut dengan air beras. Secara rutin cuci rambut dengan beras dan diamkan hingga setengah mengering, lalu bilas dengan air bersih.

7. Membasmi kutu rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Sari pati pada beras ternyata mampu membunuh kutu rambut berikut larvanya. Gunakan air beras untuk membilas rambut. Setelah itu tutup kepala dengan topi mandi. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas rambut.

Adapun untuk mendapatkan air saringan air beras yang berkualitas cara dengan menakar dua sendok makan beras untuk dua gelas air. Rendam beras dan diamkan selama 2 jam. Saat air mulai keruh, saring beras dan pindahkan air beras tersebut dalam botol atau wadah bersih.

Cara pemakaian air beras untuk semua jenis rambut.

Manfaat air beras untuk rambut © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Bahan:
- 1 cangkir beras
- 1 gelas air

Cara membuat:
1. Bilas dan saring beras untuk menghilangkan kotoran.
2. Campur beras yang sudah disaring dalam mangkuk dengan air. Kamu harus mencampurnya sampai air menjadi cukup keruh.
3. Saring nasi, kali ini sisakan airnya. Simpan nasi untuk nanti, atau dimasak.
4. Masukkan air beras ke dalam wadah plastik dan tutup. Biarkan air beras pada suhu kamar selama 12-24 jam. Ini memungkinkannya untuk memfermentasi sampai semua vitamin dan mineral yang bagus dapat keluar.
5. Dinginkan air beras hingga siap digunakan.
6. Isi wadah kecil, seperti botol shampo dengan air beras untuk memudahkan mengaplikasikannya ke rambut. Simpan sisanya di lemari es dan gunakan setiap saat dibutuhkan.

Related News