Brilio.net - Beruntusan adalah masalah kulit yang ditemui dengan jerawat-jerawat kecil kemerahan. Beruntusan akan menimbulkan sensasi gatal dan perih saat berkeringat. Oleh karena itu, kulit yang beruntusan berpotensi mengalami iritasi.

Beruntusan bisa muncul di bagian kulit mana saja, tapi paling sering muncul di bagian kening. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya beruntusan. Mulai dari asupan nutrisi sehari-hari yang kurang terkontrol, pola hidup yang kurang sehat, kondisi cuaca dan lingkungan, serta perawatan kulit yang kurang sesuai dengan kondisi kulit kamu sendiri.

Selain itu, beruntusan terjadi karena adanya penyumbatan pada kelenjar wajah. Selain itu, jerawat kecil ini juga bisa terjadi akibat kedinginan atau iritasi kulit. Ukurannya lebih kecil dari jerawat, bahkan hampir tidak tampak. Namun, jika disentuh, beruntusan akan terasa kasar.

Ahli dermatologi, dr. Richard Lee, MARS dalam Channel YouTube-nya mengungkapkan beruntusan yang memiliki nama ilmiah papula pada dasarnya terjadi akibat adanya sumbatan pada kelenjar sebum. Beruntusan ini juga juga terbagi dalam tiga jenis, ringan, sedang dan berat. Kalau ringan dan sedang bisa diatasi dengan menggunakan bahan alami atau pengobatan biasa. Tapi kalau beruntusan berat kamu harus mengatasinya dengan eksfoliasi.

Umumnya, beruntusan bisa terjadi akibat alergi, cuaca, polusi udara, infeksi, gigitan serangga, terpapar bahan kimia, tidak cocok dengan kandungan di kosmetik atau skincare atau karena sedang melakukan pengobatan tertentu. Selain menyebabkan gatal, kemerahan dan iritasi, bekas beruntusan juga terkadang tidak mudah hilang.

Beruntusan di wajah dapat dihilangkan dengan berbagai cara, Salah satunya adalah dengan memanfaat bahan-bahan alami sebagai masker. Dengan begitu, kemunculan beruntusan bisa berkurang dan teratasi.

Berikut tujuh cara menghilangkan beruntusan di wajah pakai masker alami seperti brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/4)

1. Masker madu dan putih telur.

Cara menghilangkan beruntusan di wajah pakai masker alami freepik.com

foto: freepik.com

Madu merupakan bahan alami yang memiliki nutrisi lengkap seperti halnya vitamin, mineral, antioksidan dan lain sebagainya. Kandungan-kandungan nutrisi tersebut bisa membantu mempercepat proses regenerasi serta mengangkat sel kulit mati. Sedangkan putih telur, mengandung protein dan mineral yang dapat mengencangkan kulit.

Selain itu, nutrisi dalam telur juga mampu merangsang pembentukan kolagen dan meningkatkan regenerasi sel baru. Kedua bahan ini apabila dikombinasikan menjadi masker, dapat mengatasi beruntusan pada wajah dan menghilangkannya seiring dengan pemakaian yang rutin.

Cara membuat masker ini adalah dengan mencampurkan satu buah putih telur dan dua sendok makan madu murni. Aduk kedua bahan hingga merata. Jika sudah tercampur rata, oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit hingga meresap dan kaku. Bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

(brl/lea)

Related News