1. HOME
  2. »
  3. Beauty
7 Cara mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab, alami & aman

Nggak cuma pakai sampo, pemillihan bahan hijab juga perlu diperhatikan.

 

Lola Lolita, 14 Februari 2019 03:01

Brilio.net - Permasalahan wanita berhijab salah satunya adalah rambut rontok. Meski mereka sudah melakukan perawatan rutin dan kerap keramas, namun permasalahan tersebut seringkali tak kunjung teratasi. Mungkin untuk sebagian orang ini bukan masalah besar karena mereka berhijab jadi tak perlu khawatir soal rambut rontok. Namun ada wanita yang begitu pusing memikirkannya. Terlebih saat mereka membuka hijab di rumah, rambut mereka kian hari kian menipis dan berserakan di mana-mana. Mulai lantai hingga bantal. Hal ini jelas sangat menyebalkan.

Lantas, apa sih sebenarnya yang menyebabkan rambut yang tertutup mudah mengalami kerontokan? Hal ini kemungkinan karena rambut selalu ditutup dan terasa panas. Penyebab lainnya juga perlu diperhatikan, mulai dari perawatan rambut yang belum sesuai dengan kebutuhan kulit kepala dan rambut, jenis hijab yang tak memenuhi standar kesehatan kulit dan lain sebagainya.

Wanita berhijab pastinya membutuhkan perawatan khusus untuk merawat rambutnya. Karena saat menggunakan hijab, kepala jadi lebih lembab, sehingga muncul ketombe yang akhirnya menyebabkan kerontokan. Nah bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (14/2).

1. Gunakan sampo sesuai masalah rambut.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: filmi-onlain.info

Kamu harus tahu terlebih dahulu permasalahan rambut apa yang sedang kamu hadapi, rambut rontok atau ketombe? Kedua permasalahan tersebut jelas membutuhkan perawatan yang berbeda. Jika kamu mengalami rambut rontok, maka kamu harus tahu apa penyebab rambut tersebut rontok. Apakah kulit kepala lembap? kulit kepala berminyak? kulit kepala kering hingga berketombe? Ketiga faktor tersebut adalah penyebab mengapa akar rambut rapuh dan rambut pun mundah rontok.

Dengan mengetahui jenis permasalahan rambutmu maka dengan mudah kamu mendapatkan solusi untuk mengatasinya. Kamu bisa menggunakan sampo berbahan natural, tanpa kandungan SLS, misalnya saja mengandung minyak zaitun, minyak kelapa dan aloe vera. Ketiga bahan tersebut sangat bagus untuk kesehatan kulit kepalamu.


2. Gunakan vitamin rambut.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: viviscal.ca

Tak hanya sekedar penggunaan sampo yang tepat untuk kulit kepala, sebagai wanita berhijab menggunakan vitamin rambut sangat dianjurkan untukmu. Pasalnya kulit kepala sangat membutuhkan asupan vitamin. Vitamin rambut akan sangat berguna memperkuat akar rambut, melindungi kulit kepala dari radikal bebas.

Dengan rutin menggunakan vitamin rambut, maka rambutmu akan lebih sehat dan kerontokan secara perlahan dapat teratasi. Rambut yang kerap diberikan vitamin akan terlindung dari kelembapan akibat kulit berkeringat yang dapat memicu munculnya bakteri di kulit kepala.


3. Kenakan hijab yang dapat menyerap keringat.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: thisisinsider.com

Salah satu menjaga rambut agar tetap sehat adalah dengan menggunakan hijab yang dapat menyerap keringat. Pasalnya rambut yang terus tertutup akan merasa sangat panas dan menyebabkan keringat menunpuk yang akhirnya dapat menyebabkan kerusakan rambut.

Bahan hijab dengan tekstur yang lembut, tidak panas, dan paling penting dapat menyerap keringat hingga tidak membuat kulit kepala dan rambut lembap dan beraroma tidak sedap.


4. Gunakan masker rambut.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: beautifullyalive.org

Dalam seminggu sekali ada baiknya kamu memanjakan kepalamu dengan deep-moisturise menggunakan minyak rambut bervitamin. Kamu bisa meraciknya sendiri dengan menggunakan dua sampai tiga jenis minyak alami, seperti minyak zaitun, minyak almond dan minyak biji bunga matahari. Gunakan minyak tersebut saat pagi hari dan duduk di bawah sinar matahari pagi tanpa menggunakan hijab dan pijat-pijat kepalamu sambil 20 menit.


5. Gerai rambut sesekali.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: healthline.com

Saat kamu menggunakan hijab, pasti rambut merasa tidak bebas. Nah jika kamu tidak sedang berada di luar rumah ada baiknya untuk menggerai rambut mu. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah. Meskipun kesempatan tersebut sedikit, namun itu cukup membantu kamu untuk mengatasi rambut rontok.


6. Makan makanan kaya asam amino dan protein.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: parenting.firstcry.com

Rambut rusak juga disebabkan karena jenis makanan yang kurang sehat. Pastikan kamu menjalami pola hidup yang sehat dengan cara memakan makanan yang seimbang dan sehat setiap harinya. Terutama makanan yang kaya protein dan zat besi, seperti salmon, kenari, telur, dan bayam. Dengan memakan makanan sehat, maka akan sangat membantu menjaga dan memelihara setiap helai rambutmu.


7. Jangan menggunakan hijab saat rambut basah.

mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab istimewa
foto: dermstore.com

Selesai keramas, pastikan rambut benar-benar kering. Jangan langsung diikat atau menggunakan hijab. Pasalnya, rambut basah lebih sensitif terhadap kerusakan. Jika kamu memaksakan diri untuk menggunakan hijab dalam kondisi rambut basah, maka kemungkinan untuk rambut berketombe sangat besar.

 

Related News

(brl/lin)
Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    25%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    75%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

Share This Article
  • Copied

To:

Cc:

Subject:

7 Cara mengatasi rambut rontok untuk cewek berhijab, alami & aman.
Nggak cuma pakai sampo, pemillihan bahan hijab juga perlu diperhatikan.
https://brilistyle.brilio.net/beauty/7-cara-mengatasi-rambut-rontok-untuk-cewek-berhijab-alami-aman-1902130.html
SEND


Loading...

What Do You Think

Up Next: 10 Cokelat dengan rasa nggak biasa, dari kecap hingga garam

Next
TOP